Dunia Inspirasi Penuh Warna by Indra Pradya

Minggu, 09 April 2017

BERMALAM MEWAH DI RAINBOW CRUISE - MENIKMATI BACKWATERS KERALA



Salah satu alasan yang membuat saya ngebet banget untuk bisa jadi bagian dalam Kerala Blog Express itu adalah karena ingin merasakan secara langsung pengalaman bermalam di houseboat Kerala nan khas. Dan keinginan itu terwujud.


 

Siang itu, bis yang kami tumpangi berhenti di pinggir jalan. Karena akses jalan menuju dermaga kapal sempit dan  tak memadai untuk dilalui bis, kami pun harus menaiki Oto Riksa (Tuk Tuk khas India) ke bagian dalam dari perkampungan dimana dermaga kapal berada,. Kami dipecah dalam tiga kelompok. Saya dan Dipanshu ada dalam kelompok satu. Jadiah saya masuk dalam rombongan pertama yang harus meninggalkan bis dan menaiki Tuk Tuk.



Perjalanan bersama Tuk Tuk tak berlangsung lama. Kami tiba di sebuah tanah lapang yang merupakan dermaga dimana telah tersedia 3 buah kapal berukuran besar dengan penataan interior kapal yang mengagumkan. Satu kapal disisi oleh 6 orang karena setiap kapal terdiri dari 3 kamar. Soal pemilihan kapal, saya sepakat dengan Dipanshu memilih kapal bernama Rainbow Cruise - karena memiliki ruang santai dibagian atas yang terlihat nyaman. Bersama kami juga bergabung Britney – Diana blogger Italy, Katty Perry – Giana blogger dari Gilbaltar, lalu juga ada mba Claire dari Philippines  – as Celine Dion dan si Seksi Jennifer Lopez – Claudia  blogger asal Spanyol. Nah, soal komposisi partner yang super kece dan rame tentu saya dan Dipanshu seneng – secara kan mereka blogger kece plus tampilan personal yang juga kece – oopss!! hehehehe. “kita gak salah pilih tim”, bisik saya pada Dipanshu. “juga tak salah pilih kapal”, balas Dipanshu pada saya. Toss!!

Britney Spears and Ketty Perry
Begitu memasuki kapal Rainbow Cruise kami langsung menuju kamar tidur sesuai pilihan. Saya dan Dipanshu memilih kamar yang paling belakang – dekat dengan dapur, dengan pertimbangan bila butuh makan minum bisa dekat, atau bahkan bisa ambil langsung di kulkas, hehehe. 

kamar saya dan Dipanshu
toilet dalam kamar tidur

 Seusai meletakkan barang bawaan dikamar masing masing, kami berkumpul di ruang santai yang terletak dibagian atas dari kapal Rainbow Cruise. Ada kejadian lucu ketika kami berkumpul di balkon atas, pasalnya, panitia berharap salah satu dari kami berenam  berkenan pindah kekapal lain dikarenakan salah satu panitia – terutama peliputan videographer ataupun photographer harus ada yang ikut serta dalam satu kapal. Karena kami tak ingin dipisahkan, jadilah tarik ulur rundingan antar panitia dan kami pun tetap tak mau mengikuti saran panitia. Dan akhirnya, panitia yang mengalah, Gikku sang videographer bersama kami untuk pengambilan gambar meski ia tak mendapat kamar di kapal yang kami tumpangi.   

Gikku - sang videographer  (kemeja biru) bergabung bersama kami


PELAYARAN MEWAH DAN PENUH KISAH.

Sungguh beruntung berlayar dengan kapal Rainbow Cruise – salah satu dari jenis Houseboat yang mewah dengan fasilitas lengkap.  Kerala terkenal dengan banyaknya aliran sungai atau danau yang dijadikan sebagai daya tarik wisata. Adalah kawasan Apaluzha atau kerap disebut Venesia dari Timur yang kini juga familiar dengan sebutan Alleppey yang merupakan lokasi kapal yang saya dan rekan rekan tumpangi berlayar.

ruang tamu

kursi santai di teras atas

kursi sudut tempat bersantai

spot favorite - banyak photo dan video 'ulala' yang terjadi di spot ini

Kawasan air atau the backwaters Kerala merupakan jaringan interkoneksi kanal, sungai, danau yang dibentuk oleh lebih dari 900 kilometer saluran air. Kawasan wisata air yang juga dilengkapi dengan ekosistem air tawar dari sungai sungai juga dari air laut Arabian. Kebayang aja kalo sungai sungai  di ‘rumah saya’  dibuat jadi daya tarik wisata.

hidangan makan siang

Kapal  yang kami naiki – Rainbow Cruise,  terbilang mewah dengan fasilitas 3 kamar tidur dengan jenis kamar yang nyaman dan kamar mandi dibagian dalam dari kamar tidur. Ruang tamu terletak dibagian depan hingga dapat menghadap santai ke perairan. Juga ada ruang makan dengan juru masak yang siap sedia menghidangkan beragam sajian lezat langsung dari dapur dibagian belakang kapal. 

awak dapur yang selalu siap sedia


Berdasarkan percakapan yang saya lakukan dengan awak kapal, mulanya, kapal yang berlayar di kawasan Kettuvallom hanyalah beberapa kapal saja. Tapi kini jumlah kapal yang melakukan pelayaran semakin banyak dengan penawaran fasilitas pendukung yang juga memadai.  Sebagai pilihan konsumen, jenis houseboat pun kini semakin beragam.  Mulai dari yang standard hingga kategori super mewah. Mulai dari kapal dengan kamar tidur satu – yang biasa dipakai untuk mereka yang sedang berbulan-madu hingga kapal besar dengan lima kamar tidur yang cocok untuk liburan keluarga atau bersama kolega.
 

 
Hari semakin beranjak siang. Saya beserta 5 rekan blogger masih asik bercengkrama di balkon atas kapal dengan beragam tema obrolan seru. Makan siang yang kami dapati di kapal Rainbow Cruise sungguh lezat. Dan suasana siang semakin menyenangkan ketika para awak kapal menghidangkan kopi panas dan pisang goreng sebagai camilan disela obrolan kami yang sedang berlangsung. Bayangkan, temen ngobrol seru, suasana sekitar yang tenang trus ada kopi dan pisang goreng, haduuuhhh komplet dah!!. Nyaman banged leyeh – leyeh di Houseboat Rainbow Cruise.



Dalam suasana keakraban dan photo photo, sesekali Gikku – sang videographer mengarahkan gaya kami setiap personal untuk keperluan dokumentasi. Emang ada untungnya satu group dengan cewek cewek kece. Jadi banyak masuk kamera juga, hehehehe.

laddies tanning
Dalam pelayaran, Houseboat yang menyusuri kawasan  Alleppey dan Kumarakom itu juga menghadirkan pemandangan aktivitas warga sekitar yang menarik untuk disimak. Saat jelang senja, kapal berhenti disalah satu spot yang dekat dengan kawasan perkebunan. Tak hanya kapal kami, tapi juga dua  kapal yang ditumpangi oleh rekan rekan blogger ; Brent dari South Africa, Bernard dari Singapore dan 2 Vlogger kece dengan follower ratusan ribu – Jordan dari England dan Dan dari Canada, selain itu ada juga beberapa panitia. Jadilah sore itu kami mengisi waktu dengan menikmati suasana pinggir perkebunan sembari menunggu matahari terbenam. Tak ketinggalan, untuk keperluan video kami melakukan pengambilan gambar menari bersama dipinggir sungai hingga  saya  sempat mengajak Claudia bergaya ala Jack dan Ross dalam film Titanic – lengkap dengan soundtrack ‘My Heart Will Go On’ !!. hahahah. Kelakuan gila!!.



Hingga malam datang, suasana kebersamaan masih berlangsung. Tema obrolan pun silih berganti. Mulai dari hal hal ringan hingga bicara soal tata kelola kepariwisataan. Yang menarik, setiap personal diminta untuk memberikan pandangan personal. Yang lucu adalah ketika saya diminta memberi opini berkenaan soal pajak!. Lha pembendaharaan kata bahasa inggris aja masih standard, udah ditodong untuk bicara soal pajak!. Tapi saya tak mau nyerah, meski terbata soal kosakata tetap bisa mengemukakan pendapat.


 
breakfast moment


 Bermalam di Houseboat Rainbow Cruises sungguh sebuah pengalaman yang menyenangkan. Fasilitas mewah yang diberikan merupakan bagian dari pengalaman yang berkesan. Tak terasa bahwa suasana berganti pagi dengan kesejukan nan khas. Mengabadikan moment sekitar kawasan yang dilalui dalam pelayaran adalah salah satu hal yang sangat berharga. Sama berharganya dengan menjadi bagian dalam Kerala Blog Express. Yes!, its Trip of a Life Time.

Rainbow Cruises,
Unni's Building,
Mamood Junction, Avalookunnu P.O
Alleppey, Kerala – 688006
Mobile: +91 9447444077, 9447444066
Tel: +91-477-2231110/ 22311111
E - Mail : reservations@rainbowcruises.in

2 komentar :

  1. Asik banget nginap sekaligus berlayar ya oom Indra. Ngebayanginnya aja sudah seru. Apalagi ngerasain langsung.
    Itu foto ala-ala di ujung kapalnya ok deh :p

    BalasHapus
  2. Ya ampuuun kapalnya kayak kecil, di dalam luas yaaa..Palembang bisa niih mestinya di musi hihi kece banaaa baang..

    BalasHapus

Scroll To Top