Dunia Inspirasi Penuh Warna by Indra Pradya

Sabtu, 15 November 2014

KUPAT KANDANGAN, SENSASI MAKAN KETUPAT KUAH PAKAI TANGAN

Ketupat yang matang dan siap di potong sebelum di hidangkan


Sekali waktu berkunjung ke Banjarmasin, perkenan kiranya merasakan sensasi hidangan masyarakat asli Banjar nan lezat, Namanya - KUPAT KANDANGAN.

KUPAT KANDANGAN begitu warga menyebutnya, atau Ketupat Kandangan adalah sejenis Ketupat yang telah familiar di masyarakat se-Nusantara.   Beras yang di masukkan kedalam  helaian daun kelapa muda yang di anyam sedemikianrupa hingga menyerupai bentuk belah ketupat  dalam pelajaran matematika. Di beberapa daerah yang saya temui Ketupat merupakan menu masyarakat yang sangat khas. Olahan Ketupat di beragam Daerah tentulah bermacam macam. Seperti Ketupat Tahu, Ketupat Sayur, Ketupat Gulai Rendang dan sebagainya. Nah, ketupat kandangan sebenarnya  berasal dari daerah Kandangan. Kandangan adalah nama Ibu Kota untuk Kabupaten Hulu Sungai Selatan - Salah satu Kabupaten di Kalimantan Selatan. Di Kandangan sendiri, sajian Ketupat Kandangan telah jadi salah satu kuliner andalan bahkan setiap acara acara pernikahan, keagamaan atau hari raya kerap dihadirkan. Bahkan untuk tetamu yang hadir di Kandangan diwajibkan mencoba menu khas nan lezat tersebut. Dulu ketika pertama Saya berkunjung ke Kandangan, selepas acara Saya di ajak oleh team panitia menikmati Ketupat Kandangan di Lokasi yang terbaik. Dan hasilnya, Saya nambah.! Hahahahahaha.

Sebenarnya bukan pertama kali Saya menikmati Ketupat Kandangan. Dulu Saat ke Binuang - Tapin - Banjarmasin Saya juga sudah beberapa kali menikmati Ketupat Kandangan. Dan baru tahu bahwa asal muasal makanan tersebut ternyata dari Kandangan - kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS). Kini, hampir semua bagian di Kaliamantan Selatan mudah menjumpai penjaja Ketupat Kandangan.


Ketupat dengan kuah cukup kental nan khas

Lauk Ikan haruan khas Kalimantan Selatan

Menikmati Ketupat Kuah dengan Tangan, aduk ketupat dengan tangan hingga kuah dan ketupat bercampur


Nah, yang menarik dari Ketupat Kandangan di banding Ketupat Ketupat sejenis di Indonesia ialah, menikmati hidangan ini tidak diperkenankan memakai sendok. Mengapa.? Warga setempat pun tidak bisa spesifik menjawab karena menurut mereka telah jadi tradisi menikmati Ketupat Kandangan dengan memakai tangan.!. Terbayang kan betapa  sulitnya makan Ketupat yang merupakan hidangan berkuah dengan tangan..?. Jangan khawatir, tekstur Ketupat Kandangan tidak seperti Ketupat pada umumnya di pulau Jawa. Ukuran bentuk Ketupat Kandangan lebih kecil di banding ketupat daerah lain dengan tekstur nasi yang cukup kuat tidak selembut Lontong atau ketupat di daerah lain, karena memang jenis beras di Kalimantan Selatan berbeda dengan jenis berasa pada umumnya kita temui di bagian pulau lain di Indonesia. Jadi Ketika kita menyentuh ketupatnya dengan jemari maka Ketupat akan segera buyar dari bentuk Asli dan kemudian menjelma layaknya nasi yang sering kita makan dengan tangan. Nah yang seru adalah lauk nya, Jika kita kerap menjumpai Ketupat Kuah dengan padanan sayuran, labu siam, nangka muda dengan irisan tahu  tempe, Ketupat Kandangan di sajikan dengan kuah santan yang cukup kental plus Ikan Haruan yang telah di masak panggang sebelumnya. Ikan Haruan adalah sebutan untuk Ikan sejenis ikan Gabus, dengan daging ikan yang tebal dan kenyal, Ikan Haruan adalah jenis ikan sungai yang banyak di jumpai Kalimantan Selatan karena Kalimantan Selatan memiliki banyak sungai yang sudah tentu ada banyak populasi Ikan Gabus/ Ikan Haruan. Bagi yang tak suka Ikan?, jangan khawatir, para penjaja Ketupat Kandangan juga menyediakan Intalu - sebutan Telur (dalam bahasa Banjar). Tak hanya itu, Ketupat Kandangan juga akan lebih komplit bila  di bubuhi Sambal khas masyarakat Banua, berupa olahan cabe  hasil blender/giling halus dan di goreng dengan citarasa asam pedas yang khas. Cita rasa? Jangan ragukan, Saya yang sejak 5 tahun belakangan menolak men-konsumsi makanan yang mengandung santan, Ternyata tergoda untuk mencoba cita rasa Ketupat Kandangan dari Kandangan ibukota kabupaten Hulu Sungai Selatan yang memiliki simbol logo berupa Ketupat, Bahkan ornamen Tugu Selamat Datang di Kandangan pun berbentuk Ketupat.


Ibu Ibu penjaja Kupat Kandangan banyak di jumpai di beberapa bagian dari Kalimantan Selatan

Pasar Binuang - salah satu Lokasi yang menjual Kupat Kandangan

Tugu Selamat Datang di Kabupaten Hulu Sungai Selatan - asal muasal kuliner Khas Kupat Kandangan

4 komentar :

  1. Ah seru kaleee makan ketupat pakai tangan. Konon tambah seru kalau pakai semur jengkol ya

    BalasHapus
  2. Hahahaahaha aku suka tuh semur jengkol semoga panitia bisa buatkanr

    BalasHapus
  3. komen gue ternyata gak muncul ya. Pake hp sinyal ilang timbul. Cuma mau bilang sudah gak sabar ngerasain sensasi makan makanan berkuah pake tangan. Gimana coba hahaha

    BalasHapus
  4. Makan ketupat pakai tangan itu memang maknyos, ada sensasi gimana gitu., hehehe

    BalasHapus

Scroll To Top