Dunia Inspirasi Penuh Warna by Indra Pradya

Selasa, 02 Desember 2014

SYUKURAN 64 TAHUN HULU SUNGAI SELATAN



PANGGUNG UTAMA ACARA CEREMONIAL


Pada 2 Desember lalu, salah satu Kabupaten di Provinsi Kalimantan Selatan ; Kabupaten Hulu Sungai Selatan merayakan hari jadi yang 64 tahun.  Kabupaten yang memiliki luas 1.703 kilometer persegi dengan penduduk 212.485 jiwa.  Secara geografis daerah ini terdiri dari pegunungan yang memanjang dari arah timur ke selatan. Jika dari arah barat ke utara merupakan dataran rendah alluvial yang kadang kadang berawa.  Kondisi topografi ini yang menyebabkan udara di wilayah ini terasa dingin agak lembab.
Pada hari jadi yang ke 64 tahun di gelarlah sebuah syukuran peringatan hari jadi di lapangan Lumbung Mangkurat .  Sejak pagi masyarakat telah berkumpul untuk bersama sama memperingati hari jadi tersebut, tampak beberapa tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, para pemimpin dan pejuang pejuang veteran juga hadir dalam jajaran tamu undangan.  Termasuk bapak Gubernur Kalimantan Selatan beserta jajaran FORKOPIMDA, DPD dan DPRD juga hadir.   Hari jadi kabupaten Hulu Sungai Selatan tahun ini mengusung tema ; Ibadat di Junjung Begawi Manuntung Banua Bauntung, yang jika diartikan kedalam bahasa Indonesia ialah ; Taat dan teguh memegang syariah agama, bekerja dengan sungguh sungguh dan bersama sama demi menjadikan kabupaten Hulu Sungai Selatan lebih baik lagi di kemudian hari. 

Kabupaten Hulu Sungai Selatan dengan ibu kota Kandangan tergolong kabupaten yang sangat menjunjung tinggi nilai nilai religi. Ketika memasuki kawasan kota Kandangan kita akan di ingatkan oleh rangkaian kata kata mutiara dari ayat ayat suci Al Quran, sementara di sepanjang jalan protokol pusat kota Kandangan di pasang Asmaulhusna – nama nama baik yang hany dimiliki oleh Allah SWT.  Nuansa agamis yang terpancar dari tata kota kabupaten Hulu Sungai Selatan memang sejalan dengan Visi yang di usung yakni ; Terwujudnya Kabupaten Hulu Sungai Selatan yang Sejahtera, Agamis dan Produktif  yang kemudian di singkat menjadi ; SEHATI. Tentu saja berkenaan denngan Visi tersebut kabupaten Hulu Sungai Selatan memberikan perhatian penuh pada peningkatan kehidupan agama, peningkatan dan pengembangann potensi daerah, peningkatan perekonommian masyarakat dan pendapatan daerah serta peningkatan pemanfaatan teknologi dan informatika.

Dalam rangka peringatan hari jadi kabupaten Hulu Sungai Selatan pun di gelar beragam acara. Sehari sebelum peringatan hari jadi berlangung telah di laksanakan acara syukuran dengan kegiatan akbar jajaran pemerintah daerah kabupaten Hulu Sungai Selatan dengan masyarakat, anak yatim dan alim ulama berupa makan Ketupat Balamak berjumlah 36.150 buah secara bersama sama.  Ketupat memang jadi simbol kabupaten hulu Sungai Selatan.  Selain itu juga di gelar penanaman pohon sebagai bagian dari hari menanam pohon tingkat nasional dimana kabupaten Hulu Sungai Selatan di tunjuk  sebagai tempat pelaksanaan oleh yang Gubernur  Provinsi Kalimantan Selatan.


Sambutan Gubernur Kalimantan Selatan

Pintu masuk utama Kandangan Expo


Acara ceremonial peringatan hari jadi Kabupaten hulu Sungai Selatan ke 64 dibuka dengan Tari Kolosal berdujul ‘Rajaku Pahlawanku’ yang menggambarkan kemakmuran sebuah negeri dengan kepemimpinan yang adil dan berpihak pada kesejahteraan masyarakatnya. Sebuah garapan tari kolosal yang sangat tradisional. Selanjutnya nuansa agamis hadir membalut acara dengan pembacaan ayat suci  Al Quran dan doa bersama. Yang menarik selanjutnya adalah pembacaan sejarah singkat kabupaten Hulu Sungai Selatan oleh Ketua DPRD Kabupaten hulu Sungai Selatan – bapak Syamsuri Harsyad. Seluruh undangan sangat antusias menyimak sejarah tahap demi tahap terbentuknya kabupaten Hulu Sungai Selatan dengan cara penyampaian yang sistematis tetapi esensi dari sejarahnya mudah di pahami. Setelah itu secara berturut turut penyampaian sambutan oleh Bupati Hulu Sungai Selatan dan Gubernur Kalimantan Selatan dan di diselipkan pula  penyerahan gelar kehormatan dari Bupati Kabupaten Hulu Sungai Selatan kepada Gubernur Kalimantan Selatan dengan tajuk ; Batuah Nang Di Tuhaakan – Yang di pertuan agung. Dalam gelaran ceremonial itu pula di lakukan sejumlah penandatangan kerjasama dan juga peresmian kabupaten Hulu Sungai Selatan sebagai Kabupaten Layak Anak – yang artinya kabupaten tersebut memberi kekuatan perlindungan penuh terhadap anak anak mengingat  zaman modern kini kekerasan dan perlindungan terhadap anak di rasa kurang maksimal.

Melalui sambutan Bupati, diharapkan Kabupaten Hulu Sungai Selatan terus menerus melakukan peningkatan tata keloka pemerintahan yang baik, peningkatan kesehatan dan kesejarhteraan serta ekonomi rakyat termasuk peningkatan pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan agar bersinergi dengan Visi dan misi kabupaten Hulu Sungai Selatan.



0 comments :

Posting Komentar

Scroll To Top