Dunia Inspirasi Penuh Warna by Indra Pradya

Senin, 19 Januari 2015

NUSANTARA BERDENDANG ; SEBUAH CD MUSIK BERGIZI.





Sejak lama saya mengharap ada sebuah CD lagu yang tak hanya memberi hiburan tetapi juga sebuah kebanggaan akan keragaman nusantara. Sebelumnya saya mengkoleksi CD Addi MS Parague Simphony Orchestra yang membuat saya terlena. Hingga akhirnya Mba Donna – travel blogger soul mates membawakan sebuah CD yang menurutnya ia dapat dari saudaranya ketika kami melakukan eksplorasi Banjarmasin kala itu. Jadilah CD itu selalu di ulang ulang sepanjang perjalanan berlangsung.

Nusantara Berdendang – demikian nama CD lagu itu. Berisi 10 lagu lagu abadi yang berasal dari 10 Provinsi di Pulau Sumatera – Indonesia, yang di persembahkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  Republik Indonesia. 10 Lagu Abadi dari seluruh Provinsi di Sumatera dengan intepretasi apik dari musisi musisi  dan penyanyi terbaik Indonesia.  Menurut rekan saya yang juga memiliki CD lagu itu  – CD Nusantara Berdendang ia dapat ketika menghadiri acara puncak Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka – Jakarta pada Agustus 2012. CD itu dijadikan souvenir untuk undangan yang hadir.


Tak sungkan saya meminta pada mba Donna untuk memiliki CD terebut. Beruntung mba Donna berkenan memberikannya pada saya.

2 bujang bernyanyi, si Gadis memainkan musik nya.

Bujang Pertama kerap bernyanyi dalam kendaraan.


Tiba di Lampung, saya langsung ‘mencekoki’ ketiga anak saya dengan CD Nusantara Berdendang. Ajaib.! Mereka langsung menyukainya, bahkan bernyanyi bersama hingga akhirnya ketiga anak saya hafal seluruh lagu dalam 1 CD tersebut dalam waktu singkat.


Kini, setiap membawa serta anak anak dalam berkendara , CD Nusantara Berdendang WAJIB di putar. Dan mereka pun bernyanyi bersama. Pernah suatu ketika dalam perjalanan Bandar Lampung – Yogyakarta, CD Lagu itu setia menemani sepanjang hari dalam perjalanan bahkan pernah ada moment ketiga anak ku bernyanyi dan menari sesuka hati dengan lagu Bungo Jempa – Aceh, yang mereka hafal lengkap dengan gerakan tari saman ala kadarnya khas anak anak.


Sebagai personal sekaligus orang tua tiga anak saya berharap pihak kementerian Pariwisata berkenan membuat lanjutan Nusantara Berdendang dengan lagu lagu edisi Pulau Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara dan Bali hingga Maluku dan Papua. Jenis  musik yang berdasar dari lagu lagu daerah merupakan ramuan musik berkelas. Selain merupakan identitas bangsa, musik dan lagu daerah adalah warisan seni budaya yang wajib kita lestarikan. CD Nusantara Berdendang seolah jadi asupan musik bergizi yang masuk dalam sisi sanubari anak anak saya di tengah gempuran musik musik pop masa kini yang tidak semuanya baik untuk perkembangan anak anak termasuk orang dewasa seperti saya.

Terima Kasih Banyak Mba Donna atas kesediaannya memberi CD Nusantara Berdendang tersebut.

Foto dari
http://news.indonesiakreatif.net/album-nusantara-berdendang/

 

5 komentar :

  1. ketiga anak ku bernyanyi dan menari sesuka hati dengan lagu Bungo Jempa – Aceh, yang mereka hafal lengkap dengan gerakan tari saman ala kadarnya khas anak anak.
    #inih #worth

    Mendukung banget untuk menerbitkan karya seperti ini untuk publik. Ijin share tulisannya, Ndra.
    Keep writing, ndra. The rockstar yeaaaay

    BalasHapus
  2. terima kasih Mba Donna. terima kasih atas pemberian CD itu mba.... sungguh itu barang favorite anak anak saat ini.... gak di rumah gak di mobil di setel mulu hahahahaha..... aku juga berharap Kementerian produksi lagi lagu lagu di Provinsi lain se Indonesia....

    BalasHapus
  3. Lama ga denger lagu bungong jeumpa.
    kalo kita2 naik mobilmu puterin dong :D

    BalasHapus
  4. Serius saya baru saja donlot lagu ini dan baru tahu dari youtube barusan. Duh kenapa telat begini. Benar saya juga merindukan lagu yang membuat kita bangga akan Indonesia.

    BalasHapus

Scroll To Top