Dunia Inspirasi Penuh Warna by Indra Pradya

Minggu, 07 Juni 2015

BBL2015 ; LAMPUNG BANGET.!!!

promo Event BBL2015


Semburat kembang api ke udara menyemarakkan suasana malam pembukaan Begawi Bandar Lampung (BBL) ke 15 dan Bandar Lampung Expo tahun 2015 yang berlangsung pada Sabtu malam Minggu, 6 Juni 2015. Malam yang benar benar meriah setelah peresmian acara di tandai dengan pemukulan gong oleh Kementerian Pariwisata Republik Indonesia yang di wakili oleh Asisten Deputi Analisa Data Pasar Pariwisata Nusantara di dampingi oleh Walikota Bandar Lampung, Ketua DPRD Kota Bandar Lampung, jajaran Muspida Kota Bandar Lampung, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Bandar Lampung dan  Sekretaris Daerah Kota Bandar Lampung serta Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandar Lampung selaku Ketua Pelaksana dari gelaran Begawi Bandar Lampung dan Bandar Lampung Expo 2015.

Begawi Bandar Lampung adalah gelaran tahunan Pemerintah Kota Bandar Lampung dimana Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandar Lampung bertindak sebagai pelaksana dari kegiatan tahunan tersebut. Sebagai Event tahunan tentu Begawi Bandar Lampung (BBL) diharap dapat menjadi icon event yang mengetengahkan Seni, Budaya dan Pariwisata di Bandar Lampung. Sedangkan Bandar Lampung Expo 2015 yang di ikuti oleh seluruh Kecamatan, jajaran SKPD, BUMD, BUMD dan jajaran usaha besar, menengah dan kecil se Bandar Lampung diharap mampu mengetengahkan keunggulan usaha kreatif baik berskala besar maupun skala menengah ataupun kecil. 

Event Begawi Bandar Lampung selain merupakan kalender event tahunan Pemerintah Kota Bandar Lampung juga sebagai tanda dari perayaan hari jadi kota Bandar Lampung yang tahun 2015 ini memasuki usia ke 333 tahun. Dengan mengusung tag Line ; "KEMILAU Bandar Lampung" diharapkan mampu mengetengahkan ragam pesona Bandar Lampung hingga mampu memberi cahaya dan daya tarik bagai kemilau yang mengagumkan. Sejalan dengan hal itu, gelaran Begawi Bandar Lampung tahun 2015 yang merupakan perayaan ke 15 kalinya ini sarat akan sajian dan sentuhan budaya lampung. Tengok saja tata panggung yang menyerupai rumah panggung lengkap dengan hiasan siger berwarna emas di bagian atap serta kiri dan kanan panggung. Selain itu, sajian pengisi acara benar benar kental akan unsur seni dan budaya khas Lampung yang kini sangat jarang dijumpai dalam lingkungan masyarakat saat ini. Tengok saja kepiawaian gabungan ibu ibu PKK dan Dharma Wanita persatuan se Bandar Lampung yang dengan lincah memainkan alat musik tradisional khas lampung mulai dari Taboh Talo Balak, bertutur ringget (sastra lisan khas Lampung) hingga menari Bedana kreasi yang semuanya tertata apik.! Untuk ukuran ibu ibu, sajian mereka malam itu  patut di apresiasi tinggi. 


Atraksi Ngigel yang khas 

Yang juga tak kalah menarik dari kemasan pembukaan Begawi Bandar Lampung dan Bandar Lampung Expo 2015 selain sajian tari Kolosal yang menyajikan keanekaragaman seni dan budaya seluruh suku di Indonesia yang berada di Bandar Lampung juga tampilnya Parade Tabuh Talo Balak bersama Cangget lengkap dengan Ngigel yang sangat khas dari Provinsi Lampung yang dalam pelaksanaan sebenarnya bisa menghabiskan waktu 7 hari 7 malam untuk pelaksanaannya!. Tak salah, jika Bandar Lampung yang merupakan pusat Kota Bandar Lampung juga sebagai etalase segala kesenian khas provinsi Lampung. Dalam naungan Majelis Penyimbang Adat Lampung (MPAL) Kota Bandar Lampung, jajaran seniman asli Lampung mempertunjukkan Cangget Lampung dan gerakan tari Ngigel yang khas yang kerap dilakukan dalam prosesi adat atau acara acara Begawi di lingkungan suku Lampung. Mengesankan, kala Walikota Bandar Lampung beserta jajaran Muspida di lingkungan Pemerintah Kota Bandar Lampung berkenan di daulat melakukan gerakan Ngigel bersama diatas panggung malam itu.

Untuk segala sajian yang dikemas dengan sentuhan seni dan budaya asli Lampung, tepat jika suasana Begawi Bandar Lampung 2015 kali ini dapat di sebut ; "Lampung Banged.!" Karena belum pernah terjadi pada pelaksanaan Begawi Bandar Lampung di tahun tahun sebelumnya. Nuansa Lampung yang khas dengan sajian seni dan budaya yang total asli Lampung tanpa ada seni atau budaya barat dan kebarat-barat-an menghiasi rangkaian acara sejak awal hingga akhir. Dan semoga ini terus di pertahankan. Meski Bandar Lampung bergelar Kota dan merupakan ibukota Provinsi Lampung tapi tetap mampu menjunjung tinggi dan meng-implementasikan nilai nilai luhur seni dan budaya asli Lampung dalam acara acara resmi pemerintahan. 

0 comments :

Posting Komentar

Scroll To Top