Dunia Inspirasi Penuh Warna by Indra Pradya

Rabu, 12 Agustus 2015

IMKOBAL, BUKANLAH SEGALANYA.



..." Jadi, IMKOBAL oke juga ya?..." ujar rekan kerja mengomentari tulisan saya berjudul "Jangan Mau Jadi Muli Mekhanai Bandar Lampung". Sebuah judul yang menurut rekan saya itu cukup provokatif. 
..."Oke?, Nggak Juga!!." jawab saya pada rekan kerja.
..."Kalau sudah oke, tentulah saya tidak menulis hal itu, hahaha." ucap saya melanjutkan.



IMKOBAL resmi sebagai organisasi kepemudaan berbadan hukum dalam lingkungan Pemerintah kota Bandar Lampung sejak mendapat tandatangan pengesahan Walikota Bandar Lampung - kala itu bapak Edi Sutrisno, melalui Surat Keputusan tertanggal 28 Oktober 2008. Meski kemudian pada perjalanannya mendapat pembenahan dalam tata struktur organisasi dengan penambahan beberapa bagian dan personil di tahun 2009. Pada 2010 IMKOBAL kembali terjadi revisi secara besar besaran termasuk perombakan pada bagian inti organisasi dan pembenahan dalam draft AD/ART. Jadilah sejak 2010 kepengurusan periode dua beroperasional hingga November 2015 kelak.

Dalam Kepengurusannya, IMKOBAL di komandoi oleh Billy Faturahman sebagai Ketua Umum, dan  saya - Indra Pradya sebagai Sekretaris Umum. Lengkap dengan dukungan dari jajaran sosok handal yang terbagi dalam empat bidang organisasi.  Meski saya sebagai Founder dan konseptor terbentuknya IMKOBAL, tetapi untuk menahkodai organisasi IMKOBAL saya harus sadar diri akan kemampuan leadership yang saya punya. Untuk itulah saya sendiri lebih suka di posisi sekretaris dengan urusan belakang layar dan mengatur aktivitas kelembagaan dalam tubuh IMKOBAL.

Beruntung, sejak 2010 - IMKOBAL dipercaya penuh oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandar Lampung mengelola sistem pemilihan dengan mandat agar sistem yang di buat dapat mencetak SDM calon Muli Mekhanai terbaik di Bandar Lampung, itulah sebabnya standar penerimaan Muli Mekhanai dilakukan dengan sistem Audisi, agar semaksimal mungkin dapat menjaring sosok sosok remaja terbaik di Bandar Lampung. Meski dalam pelaksanaannya tak sedikit di temui sosok sosok yang harus terus menerus ditempa dan di poles pasca acara pemilihan. Mengingat setiap personal terdapat sisi yang masih terpendam baik secara mental, personal maupun bakat yang mereka punya. Tak semua sosok yang terlibat dalam ajang Pemilihan Muli Mekhanai Kota Bandar Lampung adalah sosok yang benar benar sesuai dengan Standard penilaian yang di tetapkan. Terkadang kekurangan pada tampilan, kemampuan bahkan pembawaan personal yang masih dirasa belum maksimal. Itulah salah satu bagian tugas dari IMKOBAL. Termasuk dalam hal mempersiapkan sosok yang dianggap pantas mewakili Kota Bandar Lampung di ajang pemilihan Muli Mekhanai Provinsi Lampung. Penunjukan perwakilan Bandar Lampung tidak hanya didasari atas kesiapan fisik semata, tetapi juga kematangan kemampuan dan pembawaan personal yang dirasa telah siap. Meski pada dasarnya setiap personal dapat mengajukan diri menuju ajang tingkat provinsi tetapi si personal juga harus siap mengikuti serangkaian pembekalan dan persiapan. Jika dirasa kurang maksimal, IMKOBAL akan menunda pengiriman si personal di tahun mendatang. 


PRAKTEK LANGSUNG.

IMKOBAL selanjutnya bertindak sebagai bagian dari pemberdayaan dan pembenahan setiap personal pasca malam final. IMKOBAL memberi arahan dan bekal agar si personal yang belum maksimal dapat lebih baik lagi. Tak jarang IMKOBAL memberi wadah tempaan bagi sosok sosok terbaik seperti panggung bagi mereka yang berbakat dan memiliki 'passion' di dunia menyanyi, ngMC, Fashion show dan bidang bidang lainnya yang butuh praktik langsung. Termasuk terlibat dalam Event Event baik yang di buat oleh IMKOBAL maupun event pihak lain yang bersinergi dengan IMKOBAL, baik berperan sebagai pengisi acara maupun sebagai kru atau panitia acara.  Keterlibatan tersebut bertujuan untuk membiasakan pribadi Muli Mekhanai bersosialisasi dengan ragam sosok berlainan latar belakang, sehingga di hasilkan pribadi Muli Mekhanai yang pandai bergaul dan paham tata krama pergaulan secara langsung.
Tak sedikit sosok sosok yang terkena tempaan IMKOBAL sejak dulu, kini telah berprofesi sesuai bakat mereka dan menjalani profesi tersebut dengan sangat baik dan profesional. Beberapa diantara asahan IMKOBAL telah dengan luwesnya memandu acara, menjadi penyanyi kawinan atau Event Event besar lainnya meski kemudian mereka lupa jika IMKOBAL punya andil terhadap pembentukan personal dan kematangan bakat mereka. Bahkan  pernah ada yang menyebut kemampuan yang mereka miliki saat ini adalah hasil usaha mereka sendiri.!! Hahahahahha mungkin yang ucap begitu lupa jika dia adalah manusia biasa - Mahluk sosial yang tak mungkin bisa melakukan sesuatu dan menghasilkan apapun tanpa sokongan pihak lain.

MENEGAKKAN ATURAN.

Memang tak dapat di pungkiri bahwa IMKOBAL cukup "tegas" dalam hal aturan organisasi. Siapapun yang terlibat dalam ajang pemilihan Muli Mekhanai Bandar Lampung tentu secara otomatis berkenan mengindahkan hal hal yang tertuang dalam aturan organisasi karena IMKOBAL berbentuk organisasi bukan ajang perkumpulan muda mudi apalagi model agency. Selain itu, peran aktif setiap personal sangat terlihat justru pasca acara, bukan akting antusias ketika acara berlangsung saja.
Salah besar jika saya - Indra Pradya, dianggap memegang banyak peran dalam tubuh IMKOBAL. Justru yang membuat IMKOBAL "bernyawa" adalah peran aktif seluruh anggota. Saya hanya mengingatkan aturan aturan yang memang ada dalam tubuh organisasi. Apalah artinya sebuah organisasi jika  aturan yang telah di tetapkan tidak di indahkan.  Itulah pula mengapa IMKOBAL lebih terbuka bagi mereka yang memang memiliki latar belakang mahasiswa atau pelajar murni dalam hal audisi sosok Muli Mekhanai ketimbang sosok sosok yang telah malang-melintang di dunia Entertain atau terlibat dalam Agency model. Karena IMKOBAL mencari SDM yang berkenan "dibentuk"  dalam IMKOBAL nantinya, bukan SDM yang telah terbentuk.

Jadi, jika rekan kerja saya mengatakan IMKOBAL sudah oke, tidak menurut saya. 
Justru pada kenyataannya, IMKOBAL terus melakukan perbaikan atau pembenahan untuk mendapatkan porsi yang pas. Pembenahan dalam tahapan audisi dan sistem pemilihan. Terutama peningkatan grade Standard bagi sosok sosok yang masuk dalam jajaran finalis setiap tahunnya. Selain itu IMKOBAL juga berperan melakukan pengawasan dalam setiap gelaran event atau program rintisan yang di helat setiap angkatan tahun pemilihan. Dan yang tidak kalah penting adalah keharusan jajaran Muli Mekhanai Bandar Lampung untuk berkarya nyata. Memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan juga pada almamater - IMKOBAL.

IMKOBAL bukanlah yang terbaik karena IMKOBAL terus berbenah untuk menjadi salah satu organisasi Duta Wisata yang terbaik.

IMKOBAL bukanlah segalanya, tapi segalanya bermula dari IMKOBAL. 
Seperti motto IMKOBAL ; Budaya Remaja, Remaja Berbudaya.

Share:

0 comments :

Posting Komentar

Scroll To Top