Dunia Inspirasi Penuh Warna by Indra Pradya

Senin, 17 Agustus 2015

KOTA METRO ; LEBIH DARI SEKEDAR KOTA.

View Kota Metro


Metro adalah sebuah kota di provinsi Lampung selain Bandar Lampung. Layaknya sebuah Kota, menurut saya - Metro memiliki konsep Kota yang berbeda. Jika sebagian besar orang beranggapan Kota adalah sebuah kawasan padat penduduk dengan derap kehidupan yang serba modern, tidak begitu persis dengan yang terjadi di kota Metro. Dalam kondisi sebenarnya, Kota Metro yang dahulunya merupakan bagian dari kawasan kabupaten Lampung Tengah ini juga merupakan kawasan huni pada kolonial Belanda. Itulah sebabnya ada banyak bangunan yang merupakan peninggalan jajahan Belanda.

Dari segi kehidupan bermasyarakat, kota Metro memiliki suasana yang khas. Dengan julukan Kota Pendidikan dan bercampurnya ragam budaya dalam kehidupan yang damai. Saya pribadi tak pernah bosan berkunjung ke Metro karena suasananya yang asri. Terasa ketika memasuki gerbang selamat datang di bagian terdepan kota Metro. Hamparan persawahan lengkap dengan aktivitas petani bersanding indah dengan pepohonan rimbun dan sejuknya udara. Selain itu kondisi tata kota yang memadai dengan landscape kota yang asri namun tetap modern. Sebagai sebuah Kota, tentu Metro memiliki fasilitas perkotaan sebagai penunjang aktivitas kehidupan warganya, mulai dari pasar tradisional maupun modern hingga penggunaan teknologi yang tak kalah dengan masyarakat di bagian lain di Provinsi Lampung. Dan yang selalu membuat saya antusias bermain di Kota Metro adalah masyarakatnya yang ramah dan sangat menghargai pendatang yang berkunjung. Bisa jadi karena dahulunya Metro adalah salah satu wilayah yang menerima banyak transmigran dari luar provinsi Lampung, tak heran jika masyarakat Metro begitu terbuka terhadap pendatang.

Sebagai Kota yang berdekatan dengan Bandar Lampung, tak salah rasanya jika Kota Metro dapat jadi bagian dari kawasan penyangga Bandar Lampung yang merupakan pusat pemerintahan provinsi Lampung. Karena itulah, Metro menjadi kota layak huni dengan segudang keunikan yang layak di eksplorasi termasuk didalamnya peninggalan peninggalan bersejarah dari jaman Belanda dan jaman perjuangan yang masuk dalam potensi kunjungan wisata di Kota Metro. 
Meski saya pribadi menyayangkan pemugaran secara total bangunan Masjid dan Gereja dekat Taman Kota. Karena moderenisasi bangunan Masjid Agung dan Gereja tersebut adalah upaya Pemerintah menghilangkan bentuk asli dari bagian sejarah dua bangunan tersebut. Bisa jadi anggapan Moderninsasi bagi sebagian orang adalah dengan membangun gedung gedung bergaya arsitektur kekinian, tapi sesungguhnya menjaga keaslian gedung dengan tetap menghargai sejarah yang terkandung di dalamnya adalah perilaku masa modern yang sulit terjadi.

0 comments :

Posting Komentar

Scroll To Top