Dunia Inspirasi Penuh Warna by Indra Pradya

Rabu, 30 September 2015

SERBAT KUWENI - KESEGARAN KHAS TRADISI LAMPUNG

Sajian minuman segar khas Lampung - SERBAT KUWENI


Pesona kuliner nusantara tak sebatas pada hidangan jenis makanan, kue-kue atau menu utama saja. Tetapi meluas pada kreasi hidangan penutup dan jenis minuman. Dan setiap provinsi di nusantara memiliki ke-khas-an dalam jenis sajian minuman. Mulai dari es dawet, es doger hingga racikan es buah segar yang memikat. 

Di Lampung, ada sajian minuman segar, bercitarasa unik khas tradisi masyarakat Lampung. Serbat namanya.
Serbat adalah jenis sajian minuman yang biasanya disantap masyarakat Lampung sehabis  makan bersama. 
Serbat adalah minuman segar hasil racikan yang khas. Berbahan dasar Kuweni - jenis keluarga mangga dengan berdaging dan berserat lebih tebal dari jenis mangga lainnya. Pemilihan jenis mangga Kuweni bukan tanpa alasan. Rasa manis cenderung asamlah yang membuat sajian minuman bernama Serbat menjadi khas.


Mangga Kuweni  yang di cacah sebagai bahan dasar sajian Serbat

Racikan minuman Serbat dimulai dari pemilihan Kuweni yang belum terlalu matang. Hal ini guna menghadirkan citarasa manis asam khas Kuweni. Lalu Kuweni dicacah kasar setelah pengupasan kulit luar dan di cuci bersih. Sajikan irisan Kuweni pada gelas lalu bubuhkan gula merah aren yang telah dicairkan sebelumnya. Pemilihan gula merah aren bertujuan untuk memberikan citarasa manis pekat nikmat tiada duanya. Setelah irisan Kuweni dan gula merah tercampur beri sedikit air dan bongkahan es untuk menyegarkan sajian. Jangan lupa tambahkan butiran selasih dibagian permukaan sajian Serbat.

Serbat Kuweni Khas Lampung

Rasa asam manis segar dengan nuansa manis gula merah aren yang khas menambah istimewa  Serbat kala di minum. Minuman Serbat tak begitu mudah didapat dipasaran kuliner. Tapi bagi kamu yang sedang berkunjung ke Bandar Lampung bisa menikmati sajian Serbat Kuweni dengan citarasa yang khas di Cik Wo Resto - jalan Skala Brak/jalan Nusa Indah - Pahoman Bandar Lampung. Cukup merogoh kocek Rp.12.000 segelas besar Serbat Kuweni dengan citarasa segar istimewa dapat kamu nikmati.

0 comments :

Posting Komentar

Scroll To Top