Dunia Inspirasi Penuh Warna by Indra Pradya

Senin, 03 Oktober 2016

SANTAP DURIAN BANGKOK SEPUASNYA DI SUPHATTRALAND

durian bangkok.


Siapa yang tak kenal Durian Bangkok?.
Bahkan beberapa nama buah dan hewan yang berukuran tak biasa pun kerap di sertai kata ‘Bangkok’ –  Jambu Bangkok, Pisang Bangkok sampai Ayam Bangkok.

Bagi penyuka buah Durian, tentu tak asing dengan sebutan Durian Bangkok. Bukan sekedar gelar, tetapi citarasa durian Bangkok memang berbeda lho!. Mau coba makan durian Bangkok sepuasnya?. Yes, sepuasnya !!.

durian yang lezat

 Kamu yang suka  durian diperkenankan  menyantap durian sepuas hati di kawasan  Suphatraland – Rayong – Thailand.  Lagipula seberapa banyak sih kuatnya satu orang makan duren??, heheheh.  Awalnya, ketika tiba di tempat, saya berfikiran bisa habis 2 sampai 3 buah durian. Ternyata cuma fikiran nafsu saja. Setelah mencoba, tak lebih dari 1 buah durian sudah begah!. Hahaha.
Soal rasa, durian Bangkok memang berbeda. Tekstur daging yang tebal dengan serat yang tidak terlalu basah.  Pandangan sekilas, kala melihat rupa, seperti durian belum matang. Tetapi mengandung rasa manis yang tidak membosankan.

durian bangkok ; daging durian yang tebal dengan  ukuran biji yang kecil


SANTAP SAJIAN BUAH SEPUASNYA!

Suphattraland merupakan kawasan agro wisata yang terletak di Rayong – salah satu kabupaten di Thailand. Mendatangi  kawasan ini, tak ubahnya seperti Kebun Buah Mekarsari di Indonesia. Kawasan yang menjadi lahan bagi beragam jenis buah – buahan. Lebih dari 200 jenis buah – buahan ada dalam kawasan Suphattraland ini. Mulai dari Jambu, Mangga, Rambutan, Lengkeng, Duku, Nanas, Salak, Manggis, Pisang, hingga Durian Bangkok yang termahsyur itu.

jajaran pohon durian dalam kawasan Suphattraland

Pohon Mangga bangkok ??. maaf - itu buah palsu!!

Siang itu, dalam perjalanan menuju Pattaya, saya dan rombongan diajak singgah di Suphattraland – Rayong. Memasuki area bagian depan, kami di beri minuman selamat datang berupa es kelapa muda yang telah di blender. Cukup melegakan dahaga.  Kemudian pengunjung diajak menaiki  mobil trem untuk menyaksikan beberapa bagian perkebunan yang rindang oleh pepohonan buah beragam jenis. Beberapa pepohonan tampak berbuah ranum dan siap panen. Beberapa rekan ada yang sempat memetik buah duku langsung dipepohonan dalam perjalanan menaiki mobil trem.

Loket masuk area Suphattraland

gerai kafetaria

pengunjung mendapat welcome drink

es dugan segar

mobil trem yang mengajak pengunjung bersafari mengitari perkebunan

buah duku ranum yang dapat dipetik pengunjung

Setelah mengitari kawasan perkebunan, kami  tiba di sebuah area display buah-buahan. Dimana para pengunjung diberi  kebebasan menikmati buah-buahan yang tersedia disana. Tak hanya Durian, tetapi jenis buah lainnya, mulai dari buah naga, manggis, pisang, nanas, jambu bangkok hingga durian!.
Sebagian besar dari rombongan langsung menyerbu buah durian yang terlihat menggoda dengan bentuk dan aromanya. Saya sendiri lebih memilih mencicipi buah buahan yang tidak saya temui di tanah air terlebih dahulu, yang tersaji di sebuah meja  dengan beberapa ibu ibu yang siap membantu mengupas buah buahan yang pengunjung ingin coba.  

sajian beragam jenis buah yang boleh disantap sepuasnya!

petugas yang cekatan membuka buah durian.


Diantara buah-buahan yang tersaji di meja, saya tertarik mencoba   buah salak  yang secara  bentuk terlihat berbeda dengan buah salak yang kerap saya temui di Indonesia. Bentuk salak yang saya temui di Suphattraland lebih runcing dengan kulit bersisik dan berduri halus lebih rapat. Tapi soal rasa, Salak yang temui di Suphattraland terasa lebih kecut dan lebih asam. Tak ada satupun buah salak yang manis layaknya salak pondoh di Indonesia.

salak asam!!

buah durian bangkok 

 Puas menyantap beragam jenis buah-buahan yang tersaji dimeja, saya kemudian beralih pada kerumunan rekan yang masih berkutat dengan buah durian.  Beberapa pria yang bertugas membelah durian tampak sigap meladeni permintaan pengunjung. Beberapa rekan tampak bersemangat memilih buah durian yang ingin disantap. Bahkan ada beberapa rekan saya yang sampai habis 3 buah durian utuh!. Konsep makan buah sepuasnya yang benar benar sepuasnya!!. Jika masih kurang, petugas Suphattraland dengan sigap meladeni keinginan pengunjung. Bahkan, jika berkenan, pengujung dapat memetik buah-buahan langsung dari pohonnya.  Meski konsep makan buah sepuasnya, pengunjung tidak diperkenankan membawa  pulang  buah-buahan yang  ada dalam kawasan Suphattraland. Jika ketahuan membawa pulang, pengunjung diharuskan membayar denda sebesar 1.000 bath (sekitar 400 ribu rupiah).

iconic Suphattraland

Buat penikmat buah-buahan, kawasan Suphattraland di Rayong layak kamu kunjungi jika berkunjung ke Thailand. Selain buah-buahan, kawasaan agro wisata – Suphattraland ini juga memiliki kebun teh, kebun anggrek, usaha pengolahan madu selain fasilitas restaurant, kafetaria, taman bermain, snack corner dan gerai cinderamata .

tampak muka kawasan Suphattraland
Suphattra land Webside, klick ....    Suphattraland

SUPHATTRALAND
Alamat : 70 Moo 10, Lalok Rd., Nong Lalok, Ban Khai, Rayong 21120 Thailand
Telephone :+663889 2048-9

Jam Operasional : Setiap hari,  dengan waktu pelayanan: 06:30 s/d 18:00

4 komentar :

  1. Nyamnyam durian, tapi lebih naksir salaknya yang asam itu haha. Dibikin manisan enak kali :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. salak nya gak enak banged broh.!. asam. sempet cicip manisannya jugaa asam keterlaluan...tapi bikin mata melek!!. ahhahahah.

      Hapus
  2. beuuuuh durian bangkok atau durian thailand ya bang?
    pernah sih ngerasain gimana lembutnya daging durian bangkok ini, tapi yang paling enak adalah, kombinasi durian bangkok dengan durian aceh bang. durian aceh terkenal manis dan legit. dan, bayangkan buah durian yang dagingnya tebal, biji kecil, tapi rasanya manis dan legit? beuuuuh awesome!

    kebetulan di aceh ada kawan yang melakukan kawin silang antara durian aceh dengan durian bangkok.. makanya saya bisa share rasanya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah info keren tuh mas Yudi... terima kasih sudah mengabari soal Durian Aceh bangkok yaaa...kelak akans aya coba juga..hehehe.... terima kasih atas informasinya.

      Hapus

Scroll To Top