Dunia Inspirasi Penuh Warna by Indra Pradya

Kamis, 22 Desember 2016

KRAKATAU DIGITAL MOVEMENT - MEMBANGUN LAMPUNG MELALUI DUNIA DIGITAL




Ketertarikan saya dengan dunia digital telah ada sejak keputusan saya memilih masuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) ketimbang Sekolah Menengah Atas (SMA).  Selain itu saya juga semangat mempelajari bagaimana membuat database melalui tehnik komputerisasi dengan mengambil kursus disela aktivitas kuliah saya kala itu.

Semangat menelisik dunia digital terus saya pelihara, meski sebenarnya kemampuan komputerisasi saya  masih sangat standar. Setidaknya bermanfaat dalam aktivitas bekerja dan kemudian berkembang kearah aktivitas ngeBlog dan kegiatan dunia maya yang pada akhirnya mengarahkan saya untuk terus men-upgrade diri, belajar dan belajar tanpa henti.

bang Dawus (pegang Microphone) dan bang David (berkacamata) 'otak' dari #krakatauDigitalMovement

Sang pencipta menggiring saya pada semangat dan impian impian tersebut. Pada media 2014, saya bertemu dengan bang David – suami dari mba Susi, seorang Make Up Artis ternama di Lampung yang kerap bertemu dan menjadi partner dalam beberapa event entertainment di Lampung. Bang David, yang memang sejak lama telah menceburkan dirinya dalam dunia digital tersebutlah yang kemudian menjadi lawan diskusi saya di bidang teknologi digital. Pembicaraan demi pembicaraan berlangsung intens, hingga menghasilkan banyak ide ide dan kemudian di eksekusi dalam sebuah bentuk nyata bernama Krakatau Digital Movement.

logo Krakatau Digital Movement

KrakatauDigital Movement adalah suatu gerakan kesadaran sosial anak muda Lampung yang peduli pada perubahan digital di Propinsi Lampung untuk mendorong dan mewujudkan berbagai Potensi Lampung menjadi salah satu kekuatan Ekonomi Kreatif Digital di Indonesia. Fokus gerakan ini adalah melahirkan Creative Digital, Startup Digital dan tumbuhnya Ecosystem Digital di Lampung yang ditandai dengan banyak munculnya penggiat, pelaku usaha digital, serta tumbuhnya perusahaan-perusahan digital yang menjadi solusi atas berbagai masalah di Provinsi Lampung dengan memanfaatkan Teknologi Digital.  Dan gerakan Peduli Perubahan Digital #KrakatauDigitalMovement ini di inisiasi oleh DJCorp  - yang telah beberapa kali melakukan pertemuan baik dengan bang David secara personal maupun melibatkan saya secara pribadi.

Tercetusnya gerakan Krakatau Digital Movement ini bukanlah tanpa alasan. Potensi Digital Indonesia yang begitu besar (93,4 juta pengguna internet, 71 pengguna smartphone), salah satu yang tertinggi di dunia, Propinsi Lampung dengan 15 Kabupaten/Kota, 2400 Desa dan 8.1 Juta Penduduknya masih sedikit sekali yang memanfaatkan ini untuk menciptakan solusi atas berbagai masalah disekitarnya. Dengan Teknologi Digital dan melalui Krakatau Digital Movement diharapkan mampu mendorong tumbuhnya ecosystem digital yang melahirkan startup-startup digital di Provinsi Lampung dan memberikan solusi atas berbagai masalah yang berkembang dengan lebih cepat dan menjangkau lebih banyak orang.

Digital Creative Entrepreneur/Startup Digital yang ingin diciptakan dalam gerakan ini adalah lahirnya Startup Digital yang fokus menciptakan solusi dari suatu permasalahan dengan memanfaatkan Teknologi Digital seperti Website, Aplikasi Mobile, Aplikasi Desktop, IoT atau lainnya. Mengapa nama gerakannya Krakatau Digital Movement ?, selain nama Krakatau telah mendunia, provinsi Lampung pun terwakili oleh kata ‘Krakatau’. Berharap kelak kehidupan dunia digital dalam gerakan Krakatau Digital Movement akan sama terkenalnya di tingkat nasional hingga internasional selain kata ‘Begal’.

pertemuan inisiasi tercetusnya gerakan Krakatau Digital Movement
TUJUAN DAN TAHAPAN KRAKATAU DIGITAL MOVEMENT

Gerakan Krakatau Digital Movement sendiri memiliki tujuan utama yakni mewujudkan berbagai potensi di Propinsi Lampung menjadi salah satu kekuatan ekonomi kreatif digital di Indonesia.
Selain itu juga mendorong dan mengoptimalkan sektor ekonomi kreatif lokal : Wisata, Kuliner, Produk Kerajinan Lokal yang dikolaborasikan dengan Teknologi Digital. Serta melahirkan Digital Creative Entrepreneur dan StartUp Digital di Propinsi Lampung yang ikut berperan aktif dalam memecahkan berbagai masalah di sekitar serta memberikan solusi dengan memanfaatkan Teknologi Digital.


A photo posted by Krakatau Digital Movement (@krakataudigitalmovement) on

Sedangkan tahapan tahapan dalam gerakan Krakatau Digital Movement  dimulai dari  Inisiasi awal yang mendapat dukungan oleh yayasan Alfian Husin yang menaungi kampus IBI Darmajaya yang memang konsen dengan pengembangan teknologi digital melalui mata kuliah yang diterapkan.  Setelah gerakan mendapat ‘suntikan’ semangat, proses seleksi pihak pihak yang bergerak di bidang digital pun dilakukan hingga menemukan beragam penggiat hingga pelaku dunia usaha yang berbasis pada pemanfaatan teknologi digital. 
Pertemuan demi pertemuan menjadi langkah kegiatan selanjutnya untuk menyamakan visi misi dan juga aksi nyata hingga terlaksanalah kegiatan campign yang didalamnya berisikan pernyataan kesepakatan untuk bersama-sama menjadi perubahan dunia digital di provinsi Lampung.


Beruntungnya, meski persiapan yang terbilang singkat, Campign yang dilaksanakan di Cikwo Resto & Coffee tersebut  terbilang sukses. Dengan ramainya kehadiran pihak pihak yang bukan hanya pelaku di dunia digital tetapi juga pelaku usaha dunia digital di provinsi Lampung. Untuk gelaran sekelas pertemuan bidang informasi teknologi, kegiatan campign yang berlangsung pada malam hari itu termasuk ramai dan menghasilkan sesuatu yang sesuai dengan harapan.  

suasana basecamp Krakatau Digital Movement (KDM)

Sebagai bagian dari tim Krakatau Digital Movement dan bertindak sebagai pemandu acara pada malam itu sangat terkesan dengan antusias pengunjung yang memadati kursi kursi yang disediakan di pelataran Cikwo Resto & Coffee malam itu di tengah gelaran acara nonton bareng sepak bola antara Indonesia vs Thailand.
 
suasana di halaman depan CIKWO Resto & Cafee yang di setting romantic

Seusai campign, runutan aktivitas Krakatau Digital Movement masih berlanjut, diantaranya aktif melakukan pertemuan  demi pertemuan dengan pihak pemerintah selaku pemangku kebijakan dan juga regulasi dalam menopang pergerakan dunia digital nantinya. Setelah itu aktivitas mendatangi sekolah dan kampus juga menjadi jadwal kegiatan dari Krakatau Digital Movement. Mengingat sekolah dan kampus merupakan penyedia bibit unggul generasi muda yang tentu memiliki ketertarikan dengan dunia digital serta kelak diharapkan dapat bersinergi dengan gerakan Krakatau Digital Movement.  Setelah itu barulah Launching Krakatau Digital Movement dilaksanakan dengan jadwal opening ceremony pada Maret 2017, selanjutnya akan dilaksanakan brief, workspace, HackIT Run, Codelabs, hingga Digital Movement pada Agustus 2017. Sebuah skema kegiatan yang panjang. Ya memang panjang, karena proses tahapan demi tahapan butuh intensitas dan ketekunan pihak pihak yang terlibat didalamnya. 



suasana acara Campign yang ramai

Dibalik proses yang terjadwal tersebut saya melihat ada peluang saya secara pribadi untuk belajar dan juga menjadi bagian dari sebuah gerakan perubahan dunia digital di Lampung. Bila selama ini, aktivitas saya dalam dunia digital hanya terpaku sebagai pengguna media sosial dan sebatas pemanfaatan program jaringan semata, kelak saya akan menjadi penggiat. Bukankah menjadi penggerak  lebih menyenangkan ketimbang hanya jadi penonton?. Nah buat kamu yang tertarik dengan dunia digital dan ingin menjadi bagian dari perubahan dunia digital di Lampung silakan bergabung dapat ke alamat ini    www.krakataudigitalmovement.id - untuk informasi lengkap ,  kelak  kamu bisa ikutserta dalam pertemuan yang jadwalnya akan di publish di portal Krakatau Digital Movement.  Tak perlu menunggu jadi  ahli bidang teknologi, ketertarikan kamu dengan dunia digital sudah merupakan salah satu alasan untuk bergabung dengan gerakan Krakatau Digital Movement. Seperti saya, tak begitu pintar soal teknologi digital tapi mau belajar. Bukankah belajar sesuatu yang positif itu baik?, lagipula sudah jadi kewajiban manusia untuk selalu belajar kan?. Sampai kapan? Sampai nyawa tak lagi di badan.

0 comments :

Posting Komentar

Scroll To Top