Dunia Inspirasi Penuh Warna by Indra Pradya

Selasa, 24 Januari 2017

INTERAKSI SATWA DALAM TAMAN WISATA LEMBAH HIJAU BANDAR LAMPUNG.

 
Pernahkah membayangkan berdekatan akrab dengan gajah? Atau mungkin ada yang pingin banget bisa menyentuh langsung tubuh gajah ?.
Hewan bertubuh besar itu memang punya daya pikat yang memesona.  Beruntungnya, tinggal di Bandar Lampung tidak membuat saya sulit untuk melihat lebih dekat hewan bertubuh tambun tersebut.  Cukup berkendara 40 menit dari rumah,  saya dan keluarga langsung bisa berinteraksi dengan gajah bahkan beragam jenis satwa menarik lainnya di Taman Satwa Lembah Hijau.


Sebagai kawasan yang baru saja dibuka dan merupakan bagian dalam Taman Wisata Lembah Hijau, Taman Satwa Lembah Hijau seolah menjadi kawasan yang dapat menjawab penasaran warga perkotaan akan aneka satwa.   Dengan menghadirkan 365 ekor satwa dari 36 jenis satwa yang ada, menjadikan Taman Satwa Lembah Hijau sebagai satu satunya Taman Satwa terbesar di Sumatera dengan konsep yang ramah lingkungan dan juga menjadi kawasan penunjang keasrian alam.

kawasan Lembah Hijau nan Asri - photo by Sigit Nugroho

Tengok saja beragam jenis pepohonan yang masih dijaga keasriannya didalam Taman Wisata Lembah Hijau. Sejak memasuki bagian pintu utama, pengujung akan disuguhi pepohonan tinggi nan rindang diantara beragam fasilitas hiburan penunjang lainnya. Pada bagian dalam,  Taman Wisata Lembah Hijau mengetengahkan Taman Satwa yang dapat digunakan oleh pengunjung untuk melihat  langsung beragam satwa yang ada, mulai dari beragam jenis burung dalam area bird park, beberapa jenis rusa, buaya, orang utan, burung pelikan Australia, oak jawa hingga beruang madu.

Burung pelican Australia

ketiga anak saya menunggangi Gajah

salah satu burung yang photogenic
Pengelola Taman Satwa Lembah Hijau pun cukup bijak memperlakukan hewan hewan dalam area taman. Hingga tidak ada hewan yang tinggal dalam kandang kerangkeng besi tinggi seperti di kebun binatang pada umumnya. Beragam jenis satwa di beri pembatas sesuai dengan kelemahan mereka sebagai hewan. Misal, area Orang Utan diberi jurang karena mereka tidak akan melompati jurang. Atau area monyet dan oak jawa yang dikitari air , hingga beruang madu yang di beri pembatas jurang sehingga tidak akan keluar dari area meski tidak diberi sekat besi baja.

Bersama" si ganteng Aris " gajah sumatra koleksi Taman Satwa Lembah Hijau Lampung, foto : Yudi cessi

A photo posted by Irwan Nasution (@irwan_nasution) on


Bagi yang ingin merasakan interaksi langsung dengan satwa, Taman Satwa Lembah Hijau juga menyediakan beberapa sarana. Misal, sensasi menunggang gajah. Pengunjung  akan merasakan duduk pada pundak gajah yang telah diberi kursi kayu berukiran khas Lampung dan dibawa mengitari lahan hijau nan asri dalam area Taman Satwa.


Bukan hanya itu, dalam kawasan Taman Satwa juga berdiri Amphitheater terbesar se-Sumatera yang digunakan sebagai tempat pertunjukan dan atraksi akrobatik aneka satwa.  Melihat tingkah polah hewan hewan melakukan hal hal lucu dan cerdik dapat membuat rileksasi diri lho. Patut di coba!.

lingkungan yang asri

selfie bareng Gajah
TAMAN WISATA RAMAH LINGKUNGAN

Dengan menempati tanah seluas 30 hektar di jalan Raden Imba Kesumaratu kelurahan Sukadanaham, Taman Wisata Lembah Hijau hadir dengan konsep wisata alam untuk keluarga yang letaknya di kota Bandar Lampung. Sejak pertama hadir, lahan seluas 15 hektar diperuntukkan pada ragam fasilitas penunjang dari destinasi wisata. Mulai dari sarana outobound yang luas lengkap. Hadirnya Outbound Training center dapat menjembatani kebutuhan outbound pengunjung dari beragam jenis usia. Begitupula dengan lahan campign ground yang luas dan bersinggungan langsung dengan bentangan alam nan asri. Yang menarik, dalam kawasan Taman Wisata Lembah Hijau terdapat pula fasilitas paint ball and air soft gun dan wahana air terbesar di Lampung.




Tak sebatas itu, Lembah Hijau juga tersedia beragam jenis cottage yang dapat dimanfaatkan untuk sarana bermalam keluarga dengan suasana taman dan pepohonan rindang disekitar cottage. Soal wahana permainan, pengunjung tak perlu khawatir, karena di lahan yang luas dalam kawasan Lembah Hijau juga terdapat mini train, carousel, boom boom car  hingga wahana rumah hantu. Yang juga seru untuk di coba adanya cinema 4 dimensi – dengan luas ruangan 5 x 3 meter ini dapat menampung 6 orang yang akan menikmati suguhan film petualangan menggunakan kacamata khusus menonton film 4 dimensi plus pengalaman seolah naik roller coaster dalam nuansa petualangan.


A photo posted by Taman Wisata Lembah Hijau (@tamanwisatalembahhijaulampung) on

Sebagai Taman Wisata, Lembah Hijau tak hanya menjadi sarana rekreasi berbasis alam semata, tetapi juga menjadi kawasan yang ramah lingkungan. Terlihat dari upaya pengelola untuk tetap mempertahankan pepohonan dalam kawasan Lembah Hijau dan juga terus menerus melakukan penanaman pohon sebagai bagian dari perkuatan kontur tanah. Selain itu, Lembah Hijau juga menjadi kawasan konservasi beragam tumbuhan dengan tetap memperlakukan hewan hewan dalam Taman Satwa dengan layak.   Tak jarang Lembah Hijau juga terbuka sebagai sarana edukasi  langsung bagi pelajar terhadap pelestarian lingkungan hingga perawatan satwa.


Kunjungi :
TAMAN WISATA DAN TAMAN SATWA LEMBAH HIJAU BANDAR LAMPUNG
JI. Radin Imba Kesuma Ratu No. 21, Kel. Sukadana Ham,, Tanjung Karang Barat, Sukadana Ham, Tj. Karang Bar., Kota Bandar Lampung, Lampung 35156
Jam Operasional pukul 08.00 – 18.00 WIB
Info Lebih Lanjut ;
Email ;  info@lembahhijaulampung.com

8 komentar :

  1. Taman Wisata Lembah Hijau, dengan gajahnya, ciri khas Lampungnya keluar banget Bang. Kalau hari libur tempat ini ramai sekali ya..

    BalasHapus
  2. Wuah Lampung memang keren. Jadi teringat teman Lampung yang sering bawa kopi kalau balik kampus. Seohga satwanya makin terlindungi

    Salam dari Rembang

    BalasHapus
  3. Lampung kurang taman-taman hiburan seperti ini ya kak.
    Kalau banyak pilihan taman wisata, anak-anak kita pasti bakal senang.

    BalasHapus
  4. Lampung makin berjaya yaaa, wisata nya makin di kelola dengan baik

    BalasHapus
  5. @mba Evi..... banged mbbaaa... kalo weekend yaa jadi saasaran kunjungan karena jarak tempuh yang tidak terlalu jauh ...

    BalasHapus
  6. @Whizisme.... ayooo berkunjung lagi ke Lampung ...kabari aku yaaa....
    Mas...@Cumilebay juga kalo ke Lampung kudu kabari aku yaaaa....pengen photo bareng sama trabel blogger hits sejagad hiburan.

    BalasHapus
  7. @KelilingLampung....yok keliling Lampung ajaa..hehehehe...jika tengah kota banyak public space pasti lebih rame ruang kratif nya..semoga.

    BalasHapus
  8. aku belum puas loh main kesini. Hiks

    BalasHapus

Scroll To Top