Dunia Inspirasi Penuh Warna by Indra Pradya

Jumat, 04 Agustus 2017

FESTIVAL SEKALA BRAK - BUKTI LUHURNYA BUDAYA SAIBATIN LAMPUNG BARAT




Ada yang tahu apa itu Sekala Brak ?.
Belumlah saya mampu menjelaskan dengan runut apa itu Sekala Brak, bila pertanyaan itu ditujukan pada saya.  Jika  harus mengurai kisah sejarah, tentulah saya butuh penggalian lebih dalam menggunakan puluhan juta kata agar didapat gambaran lengkap dibalik kata Sekala Brak.
Tetapi saya beruntung, menjadi bagian dari acara yang bertajuk Festival Sekala Brak, bagai sebuah pengalaman melihat langsung kekayaan budaya  Saibatin di Lampung Barat. 



Lembah Batu Brak - wajib dikunjungi para Photographer dan Videographer
 
SekalaBrak – atau Skala Bghak, merupakan kerajaan yang saat ini masih dapat ditemui di Lampung Barat dengan empat kepaksian Saibatin yang rukun bersanding dengan kehidupan bermasyarakat bahkan bersinergi dengan pemerintah daerah. Keempat kepaksian Saibatin tersebut, adalah ; Paksi Buay Bejalan Diway,  Paksi Buay Belunguh,  Paksi Buay Nyerupa dan Paksi Buay Pernong.

Bila ingin mengetahui keluhuran dan kekayaan budaya Lampung Saibatin, tandang ke Lampung Barat adalah jawaban tepat dari keingintahuan tersebut. Wajah masyarakat yang ramah dan masih memegang teguh nilai nilai adat istiadat akan langsung terlihat ketika pertama kali menjejakkan kaki di kabupaten bagian barat provinsi Lampung yang kaya akan hasil bumi dan pesona alam yang memukau tersebut.

Bawang Bakung - Bukit Geredai  - hasil Jepretan saya yang ala kadarnya....


 
[3 Syawal | 27 Juni 2017] akan digelar Perhelatan Agung "Tayuhan Agung" dari Kerajaan Adat Paksi Pak Sekala Brak Paksi Bejalan Di Way dalam rangka BEDIOM dan KHITANAN PUTRA MAHKOTA dilanjutkan dengan Pesta Budaya Sekura Cakak Buah, Insha Allah akan dihadiri langsung oleh Saibatin Paksi Pak Sekala Brak, al : 1). Sultan Junjungan Sakti dari Kepaksian Belunguh; 2). Sultan Piekulun Jayadiningrat dari Kepaksian Nyerupa; 3). Sultan Jaya Kusuma IV dari Paksi Bejalan Di Way dan 4). Sultan Sekala Brak Yang Di Pertuan Ke-23 dari Kepaksian Pernong serta 5). Suntan Pangeran Indrapati Cakranegara dari Marga Liwa . . Tentu akan menjadi catatan sejarah yang berjalan, atas kehadiran Para YM Sultan dan Suntan dengan perangkat keagungan adat masing-masing akan menjadi moment yang langka kita saksikan dalam kurun waktu puluhan tahun . . Mari hadiri, saksikan dan apresiasi ! . . #infoliwa #infojakliwa #paksipaksekalabrak #sekalabrak #kepaksian #lampungbarat #lampung #pariwisatalampungbarat #pariwisata_lampungbarat
A post shared by Pemotret Gadungan (@endangguntorocanggu_) on


Festival Sekala Brak 2017 merupakan gelaran ke IV yang dilaksanakan dalam rangka ulang tahun kabupaten Lampung Barat setelah beberapa tahun sebelumnya bertajuk Festival Teluk Stabas. Gelaran Festival Sekala Brak 2017 dikemas dalam ragam acara penunjang  dengan sarat nilai nilai budaya luhur Sai Batin.  Sebagaimana pelaksanaan gelaran ulang tahun sebuah kawasan, Festival Sekala Brak juga menghadirkan kemajuan pembangunan Lampung Barat dalam sajian Liwa Fair 2017, lalu ada pula kegiatan penunjang yang menarik dalam rangkaian Festival Sekala Brak 2017, diantaranya ; Lomba Lagu Lampung, Lomba Tari Kreasi, Lomba Renang Marathon di Lumbok Danau Ranau, Pameran Foto ‘Eksotisme Sepotong Surga’,  Hippun Adat Saibatin Paksi Pak hingga Karnaval Kemilau Budaya Bumi Sekala Brak. 


salah satu sudut dalam kediaman Raja Sekala Brak

PESONA SENI DAN BUDAYA SAIBATIN LAMPUNG BARAT

Pada awal Agustus lalu, saya dan beberapa rekan travel blogger, photographer dan videographer beruntung diundang menyaksikan langsung gelaran sarat nilai budaya khas Saibatin dalam Festival Sekala Brak 2017. Dimulai dari suguhan Hippun Adat yang merupakan musyawarah adat yang tak hanya membicarakan hal hal yang berhubungan dengan pelestarian adat istiadat Saibatin saja tetapi juga  memusyawarahkan suatu kebijakan yang berkaitan dengan kehidupan bermasyarakat ataupun usulan pada pemerintah daerah.



Selain itu, sentuhan kreativitas penggiat di Lampung Barat semakin terasa dalam gelaran Festival Sekala Brak 2017. Hal ini terlihat dari gelaran pameran photo yang diberi tajuk ‘Eksotisme Sepotong Surga’ yang digagas oleh jajaran nama nama photographer keren yang merupakan putra asli Lampung Barat. Saya dan rekan rekan Blogger dan Photographer yang hadir berdecak kagum ketika melihat langsung hasil jepretan jajaran photographer handal yang mengetengahkan keindahan Lampung Barat melalui mata lensa mereka dalam stand pameran di Liwa Fair 2017 yang berlangsung di depan Islamic Center – Sekuting Terpadu – Liwa – Lampung Barat. 

saya dan teman teman yang hadir dalam Festival Sekala Brak 2017

salah satu sajian yang membuat saya berdecak kagum - tampilan dan permainan musik yang menggetarkan hati
Keagungan Budaya dan pesona seni Lampung Saibatin juga nampak dari gelaran karnaval yang bertajuk ‘Kemilau Budaya Bumi Sekala Brak’ yang menghadirkan beragam seni budaya khas bumi Lampung Barat tanpa ada unsur ke-Jember-Jember-an atau ke-barat-barat-an. Meski ada pula sajian etnis pendatang dari luar Lampung yang tersaji sebagai wujud terbukanya masyarakat Lampung Saibatin Lampung Barat pada para pendatang. Selama arak arakan berlangsung, berkali kali saya berdecak kagum akan beragam suguhan seni budaya Lampung Saibatin khas Lampung Barat. Sesuatu yang belum tentu saya dapatkan di suguhan Karnaval pada festival sejenis di kabupaten atau kota lain di provinsi Lampung. 


KELUHURAN HIDUP MASYARAKAT LAMPUNG BARAT

Lampung Barat tak hanya menyajikan pesona ketika gelaran Festival Sekala Brak berlangsung saja. Kapan pun ingin mengetahui dan melihat langsung indahnya kehidupan masyarakat Lampung Saibatin yang bersanding dengan bentangan alam nan kaya juga memesona, Lampung Barat adalah destinasi kunjungan yang tepat. Saya pribadi melihat dan merasakan langsung, bagaimana penduduk yang mendiami kawasan Lampung Barat begitu memegang teguh nilai nilai budaya yang di wariskan para leluhur Saibatin.  Hidup rukun nan bersahaja adalah ciri utama dari masyarakat Lampung Barat. Begitupun dengan pemuda pemudi di Lampung Barat yang saat ini mulai mencintai tanah kelahiran mereka dengan menyebarkan informasi berupa keindahan alam dan pesona seni budaya Lampung Barat ke beragam pihak.

sesuatu yang sangat khas dari masyarakat Saibatin -Lampung Barat

panggung utama perayaan Karnaval Budaya Festival Sekala Brak 2017

Adik adik yang antusias
Bangga dan bahagia saya menjadi bagian dari gelaran Festival Sekala Brak 2017. Uraian kisah ini adalah pengantar dari banyaknya uraian yang kelak akan saya sampaikan pada beberapa judul kisah menarik lainnya. Terima kasih saya pada Dinas PemudaOlah Raga dan Pariwisata Lampung Barat yang berkenan mengundang saya melalui sosok baik bang Eka Fendiaspara Alliwa yang mencintai Lampung Barat dengan segenap jiwa raganya. Tak lupa saya ucapkan terima kasih pada jajaran putera daerah Lampung Barat yang berbakat dan  membumi serta senantiasa memiliki upaya memajukan Lampung Barat tanpa henti melalui kapasitas mereka ;  Endang Guntoro Canggu, Adi Jaya Saputra, Riady Andrianto, Goenanto Goen, Mamak Wayak, Mamak Lil Rajo Gamolan,  dan beberapa nama lain yang tidak sempat saya sebut satu persatu tetapi memiliki kontribusi besar terhadap terkenalnya keindahan Lampung Barat pada khalayak ramai.

Ayo ke Lampung Barat!!, Karena keindahan alam tak kan pernah nyata bila hanya dinikmati melalui jemari dan sosial media saja, tetapi WAJIB kamu kunjungi langsung!.

2 komentar :

  1. Ditunggu kembali kehadirannya di Lampung Barat

    BalasHapus
    Balasan
    1. siaaappp...insyaAllah bakal sering ke Lampung Barat..hehehe

      Hapus

Scroll To Top