Dunia Inspirasi Penuh Warna by Indra Pradya

Minggu, 01 Maret 2015

RUANG RENJANA ; KALA KEKUATAN PENGHUNI DUNIA MAYA BERKARYA DI DUNIA NYATA.



 
Logo gelaran RUANG RENJANA karya @encipholic



Riuh pengunjung membuncah kala tampilan demi tampilan tersaji begitu apik diarea terbuka Pasar Seni – Enggal, Bandar Lampung di penghujung Februari lalu. Suguhan beragam seni pop masa kini yang ditata apik sontak melenakan kehadiran para pengunjung sore itu. Seolah tak ingin beranjak dari lokasi acara – mulai anak anak, remaja hingga  deretan dewasa dan orang tua, membaur dalam kerumunan yang menikmati sajian menarik mulai dari penampilan musik pop dan reggae, tampilan cosplay dari komunitas budaya Jepang, sajian atraktif parkour yang penuh resiko, hentakan dinamis penari penari balutan kekinian, sampai pada penampilan inline skate remaja dan anak anak yang menggemaskan. Semua sajian tersebut terkemas begitu menarik dalam gelaran bertajuk ; RUANG RENJANA.

Siapa sangka, event yang dihelat oleh gabungan beberapa komunitas di Lampung itu bermula dari sebuah obrolan ringan di dunia maya. Kemudian berkembang dalam pembahasan di pelataran kedai kopi dalam suasana sehari-hari. Dengan niat membuat sesuatu yang nyata di dunia sebenarnya dari beberapa komunitas dunia maya yang berkenan ikutserta. Tak butuh waktu lama, Ide ide yang tertuang apik mengalir dengan cepat. Sederet akun akun beken di dunia maya seperti  akun KelilingLampung, InfoLampung, CawaGeh, LampungBelajar, BerbagiNasi, LampungHeritage, Parkour, InlineSkate, Komunitas Film Pendek Lampung, Cosplay, G-BoxDancer, Stand Up Comedy Lampung, GudangRupa, Lampung Street Art, SahabatReuniBand, Komunitas Sneekers Lampung, Komunitas Photography Bandar Lampung, bergabung menampilkan pesona komunitas nan memikat lengkap dengan jajaran product yang juga aktif di dunia maya hingga penjualan langsung pun turut ramaikan arena.  Tak ketinggalan ragam product komersil menjadi penyokong lancarnya acara. Sejumlah brand brand besar juga ambil bagian dari perhelatan yang tak bisa di anggap biasa itu, sebut saja brand Telkomsel, Mustika Ratu, RaswanTapis, Grannynest Café, NayHenna, kaos LocalHeroes, SuryaMaximaPhotography hingga merek makanan dan minuman ternama ikut ambil bagian, termasuk brand brand lain  dalam sebaran booth yang luput dari pengamatan saya tapi sedap dalam pandangan mata.

Sebagai pengunjung di Sabtu sore itu, saya – merasa terhibur . Jadi bagian dari ajang performa kreatif termasuk melihat langsung product product olahan industri rumahan dari para pengusaha lokal dengan citarasa nasional menjadikan sumber inspirasi dan kebanggaan sebagai bagian dari warga kota Bandar Lampung. Sajian dekorasi visual dalam areal pasar seni  yang merupakan sentuhan dari rekan rekan Gudang Rupa dan Lampung Street Art sungguh mempesona mata selama berada di lokasi acara. Tak bosan rasanya ber-selfie ria di ragam sudut yang terkemas secara detail dengan sentuhan artistik, menarik.

Meski hujan menyapa sehabis Isya, namun acara yang terlaksana sejak pukul 4 sore hingga terjadwal 9 malam itu tetap menyisakan kesan mendalam bagi siapapun yang terlibat dan datang menikmati ragam suguhan yang tersebar di beberapa titik menarik dalam kawasan Pasar Seni. Hujan malam itu, laksana restu Tuhan akan kesungguhan penggiat dalam setiap komunitas. Sebagai pengunjung, tak salah kiranya saya mendukung harapan rekan rekan jajaran komunitas untuk menjadikan gelaran bertajuk RUANG RENJANA sebagai gelaran rutin bulanan yang kelak dapat menyajikan suguhan yang lebih tematik dan spesifik dengan ragam komunitas lain yang berkenan berbagi peran. Mengingat wadah nyata berupa sarana implementasi pada penggiat komunitas di dunia maya memang diperlukan ditengah semakin terbatas dan monotonnya ruang gerak warga perkotaan.  Tak perlu lama berteori atau berkeluh kesah tentang upaya pemerintah  soal  wadah apresiasi seni pop remaja masa kini, cukup rekan rekan muda penggiat komunitas bersatupadu menampilkan apa yang mereka bisa dengan cara dan hasanah kelompok masing masing secara langsung. Senang dengan gelaran ini. Senang karena hal ini terwujud. Kagum pada segenap personal dalam seluruh komunitas yang terlibat. Yang dengan rendah hati dan besarnya jiwa berkenan mewujudkan acara tersebut bersama-sama.
Karena ‘besar’ sendiri itu sudah biasa, tapi ‘besar’ bersama sama itu lebih dari sekedar biasa.


4 komentar :

  1. Kagum pada insan-insan kreatif Propinsi Lampung. Dari dunia maya turun dunia nyata. Semoga semakin menguat kerja samanya

    BalasHapus
  2. Terima kasih dukungannya Mba Evi. InsyaAllah senantiasa berkolaborasi. Amin

    BalasHapus
  3. Cakep om, kemarin pgn banget pulang ikut melihat acara ini, tp jadwal pulangku bulan depan :D

    BalasHapus
  4. next insyaAllah tiap bulan ada lagi dengan lebih tematik.

    BalasHapus

Scroll To Top