Rumah Panggung khas Lampung |
…”Piil, wooy… Piil..”
demikian
sepenggal kata yang terucap dengan suara bervolume keras dari obrolan yang terjadi antar dua pemuda di
sebuah kedai kopi. Sebagai pribadi yang
lahir dan besar di Lampung dengan mewarisi darah suku Lampung Pepadun dari Ayah
saya, tentu saya mengerti maksud dari kata Piil
yang terlontar dari pemuda tersebut.
Obrolan pemuda
di kedai kopi sore itu membawa keinginan saya untuk menggali makna lebih dalam
dari Piil Pesenggiri tersebut. Bukan
hanya sekedar tahu. Terlebih ada
persepsi yang menurut saya – cukup keliru, yang sering terjadi saat seseorang
atau suatu pihak memaknai Piil Pesenggiri.
Keinginan untuk
memahami makna Piil Pesenggiri yang saya yakini sebagai filosofi masyarakat
Lampung nan agung dalam berkehidupan yang telah ada sejak dahulu tersebutlah
yang kemudian membawa saya membuka beberapa buku di Perpustakaan Daerah Lampung
sebagai rujukan dan referensi termasuk mendatangi tokoh bernama Amrin Ayub –
Tuan Pangiran dari Balai Kencana Adat Tiyuh/Anek Tuho Rajobaso Marga Balau
Bandar Lampung, yang kemudian memperkaya pemahaman saya.
Piil Pesenggiri
bagi masyarakat Lampung memiliki makna sebagai cara hidup (Way of Life). Ini bermakna,
setiap gerak dan langkah kehidupan orang Lampung dalam kehidupan sehari-hari
dilandasi dengan kebersihan jiwa. Dari tindakan ini tercermin hubungan vertical
dan horizontal dalam masyarakat Lampung berupa keimanan pada Tuhan dan
pergaulan sosial pada sesama. Etos dan spirit kelampungan inilah yang harus
ditumbuhkembangkan untuk membangun eksistensi orang Lampung dan penanda
kearifan lokal di era keragaman global saat ini.
Suku Lampung
dalam jejak rekam sejarah tercatat sebagai salah satu suku bangsa yang memiliki
peradaban tinggi. Bukti nyatanya suku Lampung memiliki aksara baca tulis yang
bernama Ka Ga Nga, bahasa dalam dua dialek Nyow dan Api,
tatanan acuan pemerintahan dalam kitab kuntara raja niti (kitab hukum tata negara),
tradisi, arsitektur, sastra dan adat istiadat yang tumbuh dan berkembang turun
temurun.
Selain itu,
salah satu penanda atau cirri suatu masyarakat memikiki peradaban juga ditandai
dengan adanya filsafat dan falsafah hidup sebagai refleksi atas kesemestaan.
Artinya, setiap titi gemati atau budaya pasti memiliki dasar filosofi yang
mengandung hikmah bagi masyarakatnya. Adat Lampung pun mempunyai Piil
Pesenggiri sebagai dasar filosofiinya.
Orang Lampung
Pesisir menyebutnya : Ghepot Dalom
Mufakat (prinsip persatuan); Teranggah
Tetanggah (prinsip persamaan); Bupudak
Waya (prinsip penghormatan); Ghopghama
Delom Bekeghja (prinsip kerja keras); Bupil
Bupesenggiri (prinsip bercita-cita dan keberhasilan).
Kemudian Lampung
Pepadun menyebut ; Piil Pesenggiri
(prinsip kehormatan); Juluk Adek (prinsip
keberhasilan) Nemui Nyimah (prinsip
penghargaan); Nengah Nyapur (prinsip
persamaan); Sakai Sambayan (prinsip
kerjasama).
Kearifan lokal masyarakat
Lampung yang terkandung dalam Piil Pesenggiri
ini biasa dijadikan modal dalam menggiatkan pembangunan bumi Lampung. Falsafah
ini pula yang meng-inspirasi dan menjadikan spirit lahirnya motto ‘Sai Bumi Ruwa Jurai’ = Satu Bumi Dua Jurai (Suku) – yakni suku
Lampung Asli (Pepadun dan Saibatin) dan suku pendatang (beragam suku yang
datang dari luar provinsi Lampung). Motto Sai
Bumi Ruwa Jurai itulah yang menggambarkan masyarakat etnis Lampung memiliki
keterbukaan untuk menerima dan melindungi eksistensi jurai atau suku pendatang
untuk bersama sama tinggal berdampingan dan membangun bumi Lampung.
Lampung juga merupakan
daerah terbuka terhadap pendatang, buktinya Lampung merupakan daerah
transmigrasi pertama di nusantara. Kehadiran transmigrasi pertama dilakukan
oleh pemerintah pada tahun 1905 di daerah Bagelen – Gedong Tataan yang kini
masuk kabupaten Pesawaran.
·
Ingin tahu tentang Museum Transmigrasi di
Lampung silakan klik alamat ini… http://eviindrawanto.com/2015/11/jejak-pertama-orang-jawa-di-museum-ketransmigrasian-lampung/
Piil Pesenggiri yang merupakan falsafah hidup orang Lampung memiliki
arti harga diri, maknanya prinsip prinsip yang harus dianut agar seorang itu
memiliki eksistensi atau harga diri. Adapun Piil
Pesenggiri sebagai penyangga (pilar) utama filosofi orang Lampung disokong
empat pilar penyangga yaitu Nemui Nyimah
(produktif), Nengah Nyapur
(kompetitif), Juluk Beadek (inovatif) dan Sakai
Sambayan (kooperatif)
·
Nemui
Nyimah
Nemui berarti Tamu
Nyimah atau Simah berarti Santun.
Bagian Nemui Nyimah ini sebagai perlambang kala masyarakat Lampung menjamu
kehadiran tamu. Simah adalah sebagai penentu. Keterbukaan terhadap seluruh
masyarakat yang menjalin hubungan saat bertamu. Sikap sopan santun kala bertamu termasuk
didalamnya menjamu tamu yang datang berkunjung pun menjadi perhatian masyarakat
Lampung. Tindakan ini merupakan penerapan prinsip membina tali silaturahmi baik
terhadap generasi sebelumnya maupun generasi mendatang.
·
Nengah
Nyapur
Nengah memiliki arti kerja
keras, berketerampilan dan bertanding. Kata Nengah
haruslah bersanding dengan kata Nyapur yang berarti tenggang rasa dan
jiwa kompetitif. Nengah Nyapur juga
merupakan salah satu upaya masyarakat lampung membekali diri dengan kemampuan
dalam mengarungi kehidupan untuk kemudian dimanfaatkan secara optimal bagi
kemakmuran umat manusia. Termasuk tekad untuk terus menerus belajar baik
belajar dibidang akademik maupun belajar melalui pengalaman.
·
Bejuluk
Beadek
Bejuluk atau Juluk berarti nama baru ketika seseorang
mampu mencapai cita citanya.
Adek berarti gelar atau nama
baru yang di sandang.
Bejuluk Beadek pun kemudian menjadi bagian dari tata cara pemberian gelar.
Pemberian gelar atau nama biasanya melalui acara Seghak Sepei untuk Juluk
dan upacara Mepadun untuk Adek. Nama-nama baru hanya diberikan
ketika ada sesuatu yang baru. Dengan demikian maskayarat Lampung selalu
menginginkan terjadinya perubahan pembaharuan dan inovasi. Bejuluk Beadek juga merupakan salah satu sikap dari masyarakat Lampung
yang mencerminkan pada kerendahatian dan kebesaran jiwa untuk saling
menghormati baik dalam keluarga maupun lingkungan masyarakat.
·
Sakai
Sambaian
Sakai atau Akai berarti terbuka dan bisa
menerima sesuatu yang datang dari luar.
Sambai atau Sumbai (utusan) berarti memberi.
Sakai Sambaian dapat diartikan sebagai sifat kooperatif, gotong royong atau
urun rembuk masyarakat Lampung pada lingkungan dimana mereka bertempat-tinggal.
Seiring
berjalannya waktu, falsafah hidup masyarakat Lampung yang tertuang dalam Piil
Pesenggiri mengalami ketidakmaksimalan dalam penerapannya meski sebagian
kelompok masyarakat Lampung masih memegang teguh bahkan menerapkan butir butir
dari isi Piil Pesenggiri tersebut dengan baik. Kesalahpahaman penafsiran dari
Piil Pesenggiri pun kerap terjadi dalam kegiatan bermasyarakat orang Lampung.
Terlebih kaum muda yang juga cenderung salah tafsir terhadap butir butir Piil
Pesenggiri.
Piil Pesenggiri
yang agung tersebut menjadikan sebuah rasa gengsi yang kemudian dapat
menghambat kemajuan personal. Seseorang yang salah menafsirkan Piil Pesenggiri
sering merasa tidak perlu belajar lebih baik lagi karena merasa gengsi untuk meminta bantuan
atau bertanya pada yang lebih paham akan suatu bidang. Belum lagi ketidakterbukaan seseorang untuk
menerima kritik dan saran membangun dan kesadaran untuk terus memperbaiki diri
karena terjebak dengan pemahaman Piil Pesenggiri yang salah. Piil Pesenggiri yang juga salah arti
menyebabkan seseorang menjadi pongah dan malas. Ada kecenderungan merasa gengsi
untuk belajar dan bekerja keras dalam bidang bidang yang dianggap tidak pantas.
Terlanjur bergaya mewah sehingga merasa gengsi jika tampil sederhana. Berdasarkan
diskusi saya dengan pak Amrin Ayub mengindikasi bahwa ada sebagian pemahaman
masyarakat Lampung yang keliru antara definisi butir butir dalam konsep Piil
Pesenggiri dengan kata ‘gengsi’. Semoga pihak pihak yang kerap mengatasnamakan
Piil dapat membedakan mana arti Piil yang sebenarnya dan mana yang hanya
sekedar gengsi.
Nyimak mas Indra :)
BalasHapusTerima kasih mba Dewi Sandra heehhehee
Hapuswah jadi nambah wawasan nih bang indra... kechee...
BalasHapusTerima kasih Abang jika berkenan alhamdulilah ehehehe
HapusMas Indra, apakah arti teriakan Piil woy..Piil dari kalimat pembuka pos ini artinya: Gengsi woy..gengsi..Atau malu woy..malu..?
BalasHapusTapi memang rendahnya sosialisasi tentang adat-istidat suatu negeri atau budaya sendiri terhadap generasi muda adalah penyebab utama mengapa adat dianggap kuno, usang dan ketinggalan jaman. Belum lagi jika adat tersebut dihadap-hadapkan dengan cara hidup moderen. Ketidak matangan dalam memahami kearifan nenek moyang membuat budaya moderen kelihatan lebih wah, lebih kinclong, dan lebih bisa diterima. Padahal cara hidup moderen sekerang juga hasil asahan dari berbagai cara hidup kuno...Dan kita sudah melihat berbagai gesekan dalam masyakarakat kala cara hidup moderen itu diterapkan mentah-mentah...
Maka alangkah baiknya jika semua generasi muda seperti dirimu, Bang. Membaca lebih banyak pusaka yang ditinggalkan nenek moyang agar memahami alur dan patut dalam istiadat sendiri. Tak sembarangan mencap sudah tak cocok perkembangan jaman. Atau malah salah menafsirkan seperti Piil Pesenggiri ini..
Bravo, Bang..aku suka banget posting ini :)
Mba, memang Aku sengaja tidak menggambarkan secara jelas obrolan Dua pemuda tersebut. Tetapi secara General adalah himbauan Dari salah satu pemuda untuk melakukan upaya lebih yang dianggap oleh sipemuda sebagai jalan yang dianggap merendahkan dirinya, itu sebabnya sang pemuda merasa Ada rasa gengsi . Terkadang beberapa pihak mengartikan PIIL sama dengan Gengsi. Untuk itulah saya kupas per butir Dari Isi Piil Pesenggiri dibpostingan ini. Berkenan dengan kecenderungan pemuda masa kini lebih menyukai Hal Hal yang dianggap modern sepertinya dapat jadi dasar pemikiran Postingan selanjutnya heheehehe. Btw thanks banged pujian nya mba. Tersanjung dapat pujian Dari blogger senior untuk blogger ku yang penulisannya amburadul ini. Hiks.
BalasHapusSaran utk kita semua, jika mempelajari suatu budaya adat istiadat jgn hanya bersumber pada buku, tp jg bertanya kpda para tokoh adat/perwatin disekitar..
BalasHapusMempelajari suatu budaya tidak hanya berdasarkan teori, tp jg mempraktikan, mengenal langsung, mengikuti langsung suatu acara adat..
Supaya lebih paham dan tidak salah tafsir..
Karna jika hanya membaca buku/teori tetapi tidak melaksanakan ,budaya perlahan akan hilang dan hanya tinggal cerita teori nya saja yg ada dibuku2..
Terima kasih atas masukan nya . Jika saja Auto Race berkenan membaca ulang tulisan saya tentu Akan lihat penjelasan saya bahwa Ada sosok pemuka Adat yang saya temui dan wawancarai. Hehehehe. Silakan disimak. Sumber buku saya Gunakan sebagai referensi dan dasar Dari interview Kepada tokoh yang merupakan bagian Dari pelaku Adat.
HapusAKU KETURUNAN LAMPUNG ASLI,TEPATNYA KRUI,AKU INGIN BANYAK BELAJAR ADAT ISTIADAT,KEBIASAAN HIDUP BESERTA PANTANGAN2 HIDUP SEBAGAI ORANG LAMPUNG,SAYA JUGA INGIN TAU DAN MENGERTI AKSARA LAMPUNG,MOHON PETUNJUK DAN JALAN KELUARNYA,TERIMAKASIH.SALAM UNTUK TAMONG,KAJONG PUARI SAI WAT DI LAMPUNG.
BalasHapusTerima kasih zakya komala, bisa simak akun akun @kelilinglampung dan @infolampung yang gemar memuat gelaran Adat dan budaya lampung. Atau dapat langsung ke akun Resmi Pemerintah Daerah setempat. Btw Semoga tombol kapslok segera pulih.
HapusSaya bukan keturunan lampung tapi saya lahir dan besar di lampung... kebetulan saat kuliah saya mengambil jurusan sosiologi di fisip unila dan pas banget dekripsi saya waktu itu mengangkat tema yg sama... "Perubahan Nilai Pi'il Pesenggiri pada Masyarakat Lampung Pepadun"... dan baca artikel mas indra ini bikin saya inget masa2 bikin skripsi sampe becucuran air mata xixix
BalasHapusTerima kasih mba... Semoga tulisan saya dapat berkenan dan menjadi referensi kelak. Sukses selalu buat mba yaaaa
HapusSuka sama tulisan mas indra ini mengingatkan saya sama judul skripsi saya zaman kulian "Pergeseran Nilai Pi'il Pesenggiri pada Masyarakat Lampung Pepadun" xixixi jadi kangen kuliah saya jadinya ^^
BalasHapusFotonya rumah tetangga saya.. ada nama amrin ayub nya juga. Wehehe.. keren
BalasHapusYes. Pak Amrin Ayub sosok yang hebat. Sekaligus Menyemangati kaum muda untuk terus berkarya
HapusAlhamdulillah jd bangga kbetulan beliau adalah ayah saya, salam kemuaghian anjak sikam Indra Pradya
HapusAmiiiinnnnn. Tabik Ngalimpukha Puunn....
BalasHapusKalau mau mendalamin tentang arti piil pasenggiri ada pepadun temui Dr. Farida Ariyani, M.Pd. beliau pernah melakukan penelitian tntang piil pasenggiri. Dan beliau merupakan tokoh MPAL (Majelis Penyimbang Adat Lampung), dedikasi beliau terhadap adat dan budaya lampung luar biasa.
BalasHapusTerima kasih informasi nya.
HapusNyimak goh sambil ngekui..
BalasHapusthanks Brother, kapan meet up lagi ??
HapusNyimak goh sambil ngekui..
BalasHapusNyimak sambil ngekui..
BalasHapusSaya asli orang lampung tapi lama tinggal di luar lampung, cuma sampai sma kelas aja di lampung (smunda) dan setelah itu kembali ke lampung cuma sewaktu hari raya aja. Kebetulan juga saya senang untuk mempelajari adat budaya asal saya ( yg kebetulan orang krui) dan berencana mengajarkan ke anak saya juga tentang budaya asal bapaknya, selain budaya tempat tinggalnya sekarang di sulawesi.
BalasHapussampai saat ini belum sempet melihat rujukan secara menyeluruh secara on line (pdf atau ebook lain) yang bisa jadi refrensi yang bagus klo buat di tunjukkan ke anak saya maupun keluarga di sini. Klo misalnya ada buku online atau rujukan buku yg bagus, kasih info ya bang.
ngilu maap ki mak sekenaan..
Terima kasih Pak Akubar. Secara Khusus saya Pribadi belum menemukan buku yang merujuk secara Khusus tentang falsafah budaya Lampung tsb. Ulasan saya ini pun merupakan kompilasi Dari beberapa sumber termasuk wawancara dengan tetua Adat yang paham tentang falsafah budaya lampung.
BalasHapuspiil pesenggiri itu gak gitu...
BalasHapusTrus gimana? Silakan explain
Hapuskak nyow teduh meteii sai tuho,
BalasHapus#salamPagas
Mateiii sikam khumpok salam pagas matei mapas
HapusTabik Pun, permisi yay,
BalasHapustulisan yang sangat menarik, dan membantu saya dalam tugas akhir.
terima kasih
dan tolong konfirmasi facebook saya, saya telah mengirim pesan untuk beberapa pertanyaan, mohon diperkenankan waktunya untuk membalas pesan tersebut :) terima kasih
terima kasih jika berkenan dan bermanfaat. turut bahagia. semoga lancar skripsi mu yaaa... bisa connect dengan Instagram saya ; duniaindra atau ID Line ; duniaindra
HapusMaaf saya orang lampung asli dari kecil kami sering menggunakan kata2 itu.Piil pesenggikhi itu di maksud kan agar menggunakan perasaan terhadap apa yg akan dia atau kita laku kan setiap perbuatan perkataan dan tingkah laku agar disertai dengan perasaan agar tidak membuat malu diri sendir pada ahir nya nnti.
BalasHapusSaya lahir dan tinggal di lampung, namun bukan asli lampung, membaca artikel mas indra sangat menarik sekali, bisa mengenal budaya lampung, apa lagi saya juga tinggal di lampung
BalasHapusIzin jadi referensi ya kak Indra ^^
BalasHapusNemui nyimah..
BalasHapusSaling mengunjungi
Untuk bersilaturahmi
Serta ramah menerima tamu
mantul mas indra,
BalasHapusAss..ka mau nanya Piil Pesenggiri merupakan sikap memelihara kehormatan diri
BalasHapusdari segala hal yang akan merendahkan, merusak dan menjatuhkannya. Pertanyaan saya apa sajaNilai-nilai spiritual dan moral yang terkandung dalam Pi’il
Pesenggiri pada masyarakat bandar Lampung sendiri? Terimakasih