Dunia Inspirasi Penuh Warna by Indra Pradya

Jumat, 11 September 2015

INOVASI LAMPUNG FAIR 2015.

wahana Festival of Light di Lampung Fair 2015



Kamis malam lalu saya berkunjung ke Lampung Fair 2015 – ajang pameran terlengkap  di provinsi Lampung. Mengajak serta Istri dan ketiga anak saya yang telah antusias sejak sore.

Memasuki gerbang utama gelaran Lampung Fair 2015 di bagian depan kawasan olah raga dan stadion Way Halim, pengunjung disambut hiasan lampu atraktif di beberapa bagian mulai dari gerbang utama hingga pada hamparan sisi Festival of Light yang menyuguhkan tata lampu beragam bentuk yang sungguh menarik. Beberapa orang tampak antusias photo di arena Festival of Light mulai dari untaian lampion di bagian pintu masuk hingga aneka bentuk hewan hewan dan pepohonan yang semuanya tertata apik dalam benderang cahaya ragam warna. Pengunjung cukup membayar 15 ribu rupiah untuk menikmati arena bagian dalam dari Festival of Light tersebut.
Tak jauh dari wahana Festival of Light, pengunjung dapat menikmati booth Motor Show yang  tertata apik di sanding dengan banyaknya penjaja makanan dan minuman serta beberapa kebutuhan rumah tangga di  bagian luar booth. Begitu juga dengan aneka wahana permaina anak dan stand Food Court yang tertata apik.

Berjalan kebagian dalam, pengunjung tentu dapat melihat langsung hasil dari pembangunan setiap kabupaten dan kota yang ada di provins Lampung. Tepat di posisi tengah di antara jajaran anjungan kabupaten dan kota tersebut terpampang screen besar dari diskominfo provinsi Lampung yang menyajikan tampilan tontonan yang dapat di nikmati gratis oleh pengunjung. “kayak layar tancep yaa..” seloroh anak sulung saya ketika melihat bentangan screen di sudut jalan dekat dengan anjungan kabupaten Lampung Selatan.

Perjalanan saya bersama keluarga berlanjut menyusuri bagian dalam yang masih mengetengahkan banyak sajian yang layak di lihat langsung. Anak anak berhamburan dan minta di foto kala melihat helikopter di depan stand Marinir. Beberapa pengunjung juga tak melewatkan kesempatan photo dengan pesawat kecil canggih tersebut. Ada pula panggung hiburan utama yang dijadikan tempat ceremonial pembukaan Lampung Fair pada 5 September lalu. Sayang Panggung utama masih sepi kala itu. Meski dalam jadwal acara ada banyak tontonan bahka artis ibukota yang menjadi suguhan menarik bagi pengunjung.

Secara keseluruhan, Lampung Fair tahun 2015 ini mengalami beberapa peningkatan. Penataan lorong jalan bagi pejalan kaki lebih luas di banding penyelenggaraan sebelumnya. Setidaknya pengunjung bisa leluasa berjalan kaki tanpa bejubel dengan pedagang dadakan yang memakan bahu jalan. Meski terkadang pejalan kaki harus mengalah dengan hadirnya mobil rendeng permainan yang ikut melintas, termasuk mobil pejabat  hilir mudik yang membuat macet di beberapa bagian. Ada beberapa hal hal yang benar benar inovatif – sesuai dengan tema penyelanggaraan Lampung Fair 2015 – The Innovation of Lampung, meski beberapa hal lainnya masih monoton dan perlu pembenaha di beberapa bagian.  Termasuk ketidaksetujuan saya dengan adanya pertunjukan Lumba Lumba yang secara halus merupakan bagian penyiksaan dan pemaksaan terhadap kebebasan Lumba Lumba yang di kemasan dalam suguhan hiburan. Bisa jadi, bagi EO Lampung Fair 2015 menghadirkan pertunjuka Lumba Lumba adalah sebuah Inofasi masa kini.

0 comments :

Posting Komentar

Scroll To Top