Dunia Inspirasi Penuh Warna by Indra Pradya

Jumat, 04 Maret 2016

FESTIVAL DURIAN SUMBER AGUNG - UPAYA MEMAKSIMALKAN POTENSI TAMAN HUTAN RAYA



 
makan durian bersama sama, sumber agung, kemiling, bandar lampung, lampung,
Kala warga berebut durian di gelaran Festival Durian Sumber Agung

Durian atau Duren. Buah dengan kulit luar berduri tapi berisi empuk dengan aroma mencolok. Sebagian besar masyarakat Indonesia menyukai buah durian.
Kamu suka ?. Sama dengan saya. Sebagai anak yang lahir dan mengalami masa tumbuh kembang di perkampungan. Buah durian bukan sesuatu yang asing lagi.
Dulu, sepulang sekolah, Indra kecil dan teman teman sering ke kebun durian berharap ada buah durian yang runtuh. Durian bagai buah yang menjadi bagian kisah hidup. Haha. 

Beberapa warga dan undangan memenuhi bagian dalam kawasan penangkaran rusa - lokasi acara festival durian.


Pada Kamis, 3 Maret 2016 lalu, berdasarkan ajakan Oom Yopie saya mendatangi kawasan Penangkaran Rusa kelurahan  Sumber Agung – kecamatan Kemiling, Bandar Lampung untuk menghadiri gelaran Festival Durian. Setelah dikabari pada malam sebelumnya. Saya yang pada dasarnya suka durian tentu tak pikir dua kali ketika Oom Yopie menawarkan ajakan menghadiri gelaran yang di helat oleh Dinas Kehutanan Provinsi Lampung tersebut.

Kawasan Penangkaran Rusa - lokasi pelaksanaan Festival Durian, adalah sebuah kawasan konservasi hewan – khususnya rusa yang letaknya di kelurahan Sumber Agung – Kecamatan Kemiling – Bandar Lampung. Bicara rute, tidaklah terlalu sulit menjangkau lokasi kawasan Penangkaran Rusa yang juga berdekatan dengan kawasan Taman Hutan Raya Wan Abdul Rahman. Bahkan lokasi penangkaran Rusa bersebelahan persis dengan Taman Kupu Kupu Gita Persada. 

Susunan durianyang ditata apik membentuk lekuk Siger Lampung.

Suasana ramai telah menghias bagian depan dari kawasan penangkaran rusa kala saya, oom Yo, Mas Teguh dan mas Yos tiba.  Beberapa kendaraan telah padat berbaris. Kebanyakan kendaraan dinas. Sekumpulan warga kelurahan Sumber Agung pun terlihat memenuhi beberapa bagian dari area acara diantara jajaran undangan lainnya. Aroma durian membumbung diantara kerumuman manusia. Detak jantung saya memacu cepat ketika aroma durian menusuk hidung. Terbayang betapa lezatnya menyantap durian nantinya. 

Festival Durian Sumber Agung

Festival Durian adalah sebuah event yang kelak secara berkesinambungan dapat di gelar di kawasan Tahura dengan kawasan hutan yang dapat dijadikan sebagai ecoforest, eco tourism, dan tentu saja menjadi pilihan destinasi wisata yang menarik yang aksesnya tidak terlampau sulit dari pusat kota Bandar Lampung. Sejalan dengan harapan penyelenggara dan pemerintah daerah provinsi Lampung bahwa kawasan taman hutan raya Wan Abdul Rahman dengan beragam potensi yang dimiliki kelak dapat menjadi kawasan konservasi untuk tumbuhan dan hewan hewan yang kelak menjadi sarana pengembagan maupun penelitian selain kawasan wisata alam yang mendidik. Terlebih penciptaan kawasan kampung durian di area taman hutan raya menjadikan potensi wisata yang memadai di kelurahan Sumber Agung nantinya.

Ketika acara ceremonial berlangsung, saya bergabung dengan beberapa masyarakat di bagian dalam kawasan penangkaran rusa. Terlihat beberapa warga yang tak sabar menunggu waktu santap durian dimulai. Mereka sungguh antusias. Begitu pun saya. Terlebih kumpulan buah durian yang di tata apik membentuk lekuk siger. Sungguh menggoda untuk segera di santap.

beberapa tamu undangan yang asik makan Durian.
  
Benar saja, ketika sesi makan durian bersama dimulai. Sekumpulan warga langsung menggeragahi susunan durian yang semula rapi tersebut. Kerumumnan warga berebutan sontak terlihat. Termasuk saya. hahahhaha. Meski hanya dapat 1 buah karena takut terkena duri diantara jejalan warga. Beruntung saya bertemu kawan lama saya – Deni yang datang bersama saudaranya menawarkan saya beberapa buah durian dapatannya. Hahahha. Rezeki anak kalem. Huh!.

Saya, deni, dan saudaranya yang asik santap durian - Saya lupa pada Oom Yopie dan kawan kawan lainnya. saling asiknya hahahahahah.. -photo by Oom Yopie


Festival Durian yang di selenggarakan tak hanya sekedar makan durian bersama tetapi juga penanaman pohon durian dengan bibit unggul termasuk lomba durian berkualitas terbaik yang merupakan sajian dari para petani durian dan warga di kelurahan Sumber Agung. Sebuah upaya memaksimalkan potensi kawasan taman hutan raya sekaligus bersinergi dengan warga sekitar. Semoga gelaran ini dapat terselenggara dengan baik dikemudian waktu. Karena bukan hanya potensi wisata alam saja yang terangkat tetapi kesejahteraan petani durian dan penciptaan lapangan kerja bagi warga sekitar kawasan pun akan terakomodir dengan maksimal.

4 komentar :

  1. Tambah keren nih promosi wisata Lampung. Seruuuu kali makan durian di pesta durian. Duriannya dari mana Kak? Lampung semua kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, duren durennya dari Lampung semua. seru mba, ampe begah perut makan duren.

      Hapus
  2. rejeki anak kalem dapet 6 durian. hahahahaha....

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahahahhaha namanya orang kalem sok Cantik!!! hahahhahah..... thanks yaah oom sudah potoin ...

      Hapus

Scroll To Top