Dunia Inspirasi Penuh Warna by Indra Pradya

Jumat, 13 Januari 2017

MENIKMATI SUASANA PAGI DI PATTAYA



 

 Bagi saya, menikmati suasana pagi disuatu kawasan yang sedang dikunjungi itu tak ubahnya dengan menikmati hidangan lezat yang tersaji didepan mata. Sungguh rugi  bila tak disantap. Meski  sebenarnya, jika tidak bepergian, saya termasuk orang yang susah bangun pagi, hehehehe.
 Tapi  soal malas bangun pagi dirumah tidak terbawa ketika sedang berada pada destinasi wisata.



Ini kali pertama saya menikmati pagi di Pattaya. Juga kali pertama saya tandang ke Pattaya. Dua hari sebelumnya, saya dan rekan rekan rombongan dan team Soul Story  singgah di Al Meroz Hotel – Bangkok. Dan saya sempat menikmati lingkungan sekitar hotel Al Meroz  hingga ke pasar pagi yang membuka wawasan saya soal budaya lokal hingga makanan tradisionalnya yang menggugah selera. 

Suasana pagi depan hotel saya bermalam - A One.


Pattaya sungguh ternama. Beberapa teman berkisah soal Pattaya beberapa hari jelang kunjungan saya ke Pattaya. Sayapun mengetahui Pattaya dan beragam pesona hingga fenomena unik didalamnya dari beberapa berita di  internet.  Pattaya, merupakan sebuah kota di Thailand yang letaknya  tepat di bibir pesisir Teluk Thailand, sekiitar 100 kilometer (62 mil) bagian Tenggara kota Bangkok. Tepatnya di provinsi Chonburi. Awalnya, Pattaya merupakan desa nelayan. Mengingat kawasan Pattaya bersinggungan langsung dengan pantai dan perairan laut lepas sehingga memudahkan para nelayan mencari hasil laut. Seiring waktu, Pattaya beranjak menjadi  salah satu destinasi wisata unggulan di Thailand. Bagiamana tidak, Pattaya yang menurut pengamatan saya tak ubahnya seperti Bali jika di Indonesia. Di Pattaya, wisatawan akan dengan mudah mendapatkan apapun yang diinginkan. Mulai dari wisata keluarga hingga wisata hiburan hedonis berkelas dunia pun ada. Pendek kata, dari sajian hiburan baik baik hingga maksiat, semua ada di Pattaya!!, hahhahahaha. Cheboxlah pokoknya!!.

photo bersama teman teman seusai senam pagi

Jogging dan pedistrian

Nah, pagi itu, niat saya untuk jalan jalan mengitari kawasan sekitar hotel The A-One dimana saya bermalam benar benar kesampaian setelah beberapa saat sebelumnya memandu senam pagi bersama di pinggir pantai Pattaya.  Eh, soal memandu senam saya sih Ngarang aja, untung dulu rajin ikut program senam pagi lewat TV yang dipandu Vicky Burki. Hehehe.  Dari bibir pantai diposisi saya berada pagi itu,  terlihat kapal kapal berjajar. Tak hanya kapal nelayan, beberapa jenis kapal pesiar juga tertambat di bagian dermaga.  Beberapa turis asing masih bersantai beralas pasir – sisa Dugem semalem!. Beberapa diantaranya masih menyisakan mabuk. Tenda tenda penjaja makanan pinggir pantai  telah  bersiap menggelar dagangan mereka. Menikmati kelapa muda khas Thailand pun bisa jadi pilihan sambil memandangi hamparan pantai.  Saya sempat mengabadikan tulisan ‘PATTAYA CITY’ pada sudut kiri pantai menjadi sisi instagramable dalam rimbunnya pepohonan dan beberapa bangunan pencakar langit.


 
Selain menikmati landscape, cara saya menikmati pagi di Pattaya adalah dengan mendatangi keramaian yang nampak oleh mata.  Meski tak menemukan pasar tradisional tapi setidaknya saya menemukan kerumunan penduduk lokal yang sedang berbelanja sayuran – mirip penjaja sayur keliling di komplek di Indonesia.  Menyaksikan aktivitas jual beli pagi hari didepan kios kios yang jika malam menjajakan beragam jenis kuliner khas Thailand.  Tak sulit menemukan tradisi warga lokal mengisi waktu pagi mereka. Tak ubahnya di Indonesia, beberapa anak anak sekolah bergegas menuju sekolah mereka.  Begitu juga dengan beberapa kegiatan lainnya yang nampak  menjalankan profesi mereka masing masing sedari pagi diantara lalu lalang wisatawan jogging.

menikmati kelapa muda dipinggir pantai Pattaya

transportasi lokal nan khas

Tak terasa  langkah kaki saya cukup jauh meninggalkan posisi hotel  The A-One Pattaya – tempat dimana saya dan teman teman bermalam. Ternyata saya benar benar menikmati jalan jalan pagi di Pattaya. Tak hanya melihat aktivitas masyarakat lokal Pattaya tetapi juga menyaksikan langsung budaya pagi yang terjadi di sepanjang garis pantai Pattaya. Sayang, saya harus bergegas kembali ke hotel untuk mengemas diri  menjalani aktivitas bersama teman teman dalam rombongan. Tapi menikmati pagi di sepanjang garis pantai Pattaya memperkaya pemahaman saya akan budaya lokal dalam sebuah pengamatan langsung. Semacam bonus yang langsung didapat dari kesediaan bangun lebih pagi ketimbang bermalas-malasan dikamar hotel.

0 comments :

Posting Komentar

Scroll To Top