Dunia Inspirasi Penuh Warna by Indra Pradya

Selasa, 19 Desember 2017

PASAR TAHURA, BUKAN SEKEDAR PASAR KULINER BIASA




 
…”Besok, ke pasar Tahura yok!”… ajak saya pada anak-anak di Sabtu Siang.
Seperti biasa, anak-anak tak pernah menolak untuk diajak keluar rumah. Terlebih mereka mendengar kata pasar. Langsung antusias!. “Dimana pasar Tahura ?” tanya Istri saya memecah suasana anak-anak yang terlanjur girang leloncatan. “trus, di pasar Tahura, ada apa aja, Yah ?” tanya anak gadis kemudian. “Tahura itu dimana, Yah ?” bujang kedua menimpali.
Yess, tak semua anggota keluarga saya tahu soal pasar Tahura. Bahkan mungkin saja ratusan orang diluar sana, yang tinggal di seluruh bagian provinsi Lampung belum tahu soal pasar Tahura.
Apa sih, pasar Tahura itu ? apa bedanya dengan pasar – pasar lain ?.



dekorasi apik memasuki bagian pasar Tahura
  
Pasar Tahura hadir perdana pada Minggu, 10 Desember 2017. Dan kemudian akan terus beroperasional setiap Minggu. Berlokasi di  kawasan Youth Camp Taman Hutan Raya (TAHURA) Wan Abdul Rahman. Desa Harun, kecamatan Teluk Pandan, kabupaten Pesawaran, Lampung.  Jadi jelas ya, soal lokasi pelaksanaan dari Pasar Tahura?.  Trus ada apa aja di dalam pasar Tahura itu?, apa menariknya pasar Tahura dibanding pasar-pasar lain yang telah lama ada?, trus selain belanja-belanja, pengunjung bisa ngapain aja di pasar Tahura ?...hhmm…banyak yaaa pertanyaanya!, hehehehe… duduk manis dipojokan, siapkan kopi dan camilan,  saya uraikan semuanya yaa… chekidhoott!!!.

suasana pasar Tahura
 
DESTINASI DIGITAL

Sebelum saya berkisah jauh soal pasar Tahura, izinkan saya mengurai sedikit kisah dibalik terciptanya pasar Tahura itu sendiri.

Jadi, pasar Tahura itu merupakan sebuah bestinasi wisata baru di Lampung, yang dibuat oleh GenPI Lampung – yang merupakan bagian dari GenPI (Generasi Pesona Indonesia) – suatu komunitas digital dibawah naungan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia. Nah, pasar Tahura merupakan kegiatan offline para komunitas GenPI selain memang senantiasa aktif melakukan penyebaran informasi positif berkenaan dengan sektor pariwisata di Indonesia melalui dunia online (digital).

Sejauh ini, telah ada 7 (tujuh) pasar yang semuanya dilaksanakan oleh GenPI di masing-masing kawasan di Indonesia. Ketujuh jenis pasar tersebut, antara lain ;
·         Pasar Karetan – Jawa Tengah
·         Pasar Pancingan – Lombok
·         Pasar Siti Nurbaya – Sumatera Barat
·         Pasar Baba Boen Tjit – Palembang – Sumatera Selatan
·         Pasar Kaki Langit – Yogyakarta
·         Pasar Mangrove – Batam
·         Pasar Tahura – Lampung
Bisa liat point terakhir kan ?, kece lho, Lampung ada dalam 7 gelaran pasar berbasis digital creative di Indonesia!. Hoobaahh!!.
 
suasana dalam pasar Tahura


WISATA KULINER BARU DI LAMPUNG

Bila sudah tahu gambaran umum dari lahirnya pasar Tahura, trus, apa yang menarik dari pasar Tahura dibanding pasar pasar lainnya ?
Hhhmm… jadi gini,  sebagai bagian dari aktivitas offline para penggiat tataran online, tentu saja pasar Tahura merupakan wadah kreativitas para pelaku maupun pengunjung. Selain itu juga sebagai kawasan wisata kuliner baru di Lampung. Selayaknya pasar, tentu saja pasar Tahura menyajikan beragam jenis makanan. Mulai adari camilan hingga makanan utama lengkap dengan aneka lauk pauk yang menggugah selera.

Dalam kawasan pasar Tahura, ada booth yang di isi oleh brand-brand makanan yang telah terkenal di Lampung. Cikwo Resto yang menjajakan kuliner khas Lampung dan Omah Bone yang menjajakan kuliner khas nusantara. Selain itu juga ada booth yang menjajakan beragam panganan khas yang melibatkan masyarakat setempat. Jadi, secara nilai perekonomian, pasar Tahura juga memberi ruang bagi masyarakat sekitar kawasan Tahura untuk mengais rezeki dari gelaran pasar Tahura ini.  Dengan berdagang, bisa nambah penghasilan keluarga  kan?.

beberapa penjaja makanan dan minuman

makanan khas Lampung juga ada dalam pasar Tahura
 
WADAH KREATIF PENGGIAT DUNIA MAYA

Selain menciptakan wisata kuliner baru, pasar Tahura juga menjadi wadah berkembangnya kreativitas para pelaku dunia digital. Bila misalnya, kita bercengkrama melalui internet, ada baiknya di hari Minggu kita bertemu langsung, berinteraksi dan bicara langsung soal ide ide cemerlang. Siapa tahu bisa menciptakan project menarik dikemudian waktu. Yaa, hitung-hitung jangan cuma jago di medsos aja, sesekali kopdar trus interaksi nyata secara personal kan tak ada salahnya yaa..?!. hhhmm.

Di pasar Tahura, rekan reken GenPI Lampung menyediakan spot untuk mengeksplorasi kemampuan kamu. Mulai dari sarana bermusik bagi yang memiliki musikalitas baik, sarana berbisnis kreatif bagi entrepreneur muda di Lampung sampai pelaku dalam bidang photography pun dapat menjadikan pasar Tahura sebagai sarana untuk berkreasi. Lihat saja beragam ornamen kreatif dan unik yang dicipta oleh rekan-rekan GenPI Lampung dalam kawasan pasar Tahura. Instagramable!!.  

spot photo Instagramable!!
 
Dateng deh, bareng pasangan kamu, cekrek!! Trus unggah di Sosmed, yakin kamu makin hits bana bana seantero dunia maya!!. Tapi kalau datang ke pasar Tahura jangan lupa beli camilan yang dijajakan dalam kawasan pasar yaa, semuanya unik dan lezat. Transaksi jual beli dalam pasar Tahura pun menggunakan nilai tukar yang telah dibakukan dalam kawasan pasar Tahura. Cukup menukar uang kamu dengan beberapa stik kayu bernilai rupiah sebagai alat transaksi dengan penjual dalam kawasan pasar Tahura.

Selain itu, dalam kawasan pasar Tahura juga sangat memungkinkan buat kamu untuk gelar tenda dan kamping cantik. Terlebih dekat dengan aliran sungai yang menambah suasana sejuk plus ada air terjun yang bisa kamu kunjungi kebagian dalam dari kawasan Taman Hutan Raya (TAHURA) Wan Abdul Rachman. Seru kan???, selain berbelanja dan rekreasi, kamu juga bisa camping dan tracking ke air terjun!. 

bersantap tepi sungai. seru lho ...

kawasan asri untuk rekreasi keluarga

SISI EDUKASI KELUARGA

Saya pribadi, baru datang bersama keluarga ke pasar Tahura pada pelaksanaan pekan kedua. Yang menyenangkan adalah ketika tahu anak istri merasa gembira kala berada dalam kawasan pasar Tahura. Sebagai kepala keluarga saya melihat kawasan pasar Tahura dapat menjadi kawasan rekreasi edukasi untuk keluarga. Karena dalam kawasan pasar Tahura terdapat beragam pepohonan dan tumbuhan layaknya dalam hutan tropis yang dapat menambah pengetahuan anak-anak. Selain itu, kawasan pasar Tahura juga dapat jadi sarana interaksi langsung anak-anak pada lingkungan yang sesungguhnya. Ketimbang bawa anak ke Mall melulu kan?, hehehe. Sesekali lah ajak anak mengenal alam dan lingkungan sekaligus interaksi langsung pada konsep pasar kreasi anak negeri.

Buat yang tak punya rencana di akhir pekan, atau bingung Minggu pagi nya mau kemana?, datang saja ke Pasar Tahura.

gapura tanda kamu sampai ke kawasan pasar Tahura
 
Akses ke Pasar Tahura ;

Dari Bandar Lampung, arahkan kendaraan menuju kawasan wisata bahari Pesawaran. Melalui rute Teluk Betung – lalu terus ikuti arah jalan melewati kawasan Puri Gading, Pantai Duta Wisata hingga bertemu pada arah jalan menuju pantai Mutun. Nah, kamu jangan masuk ke jalan yang menuju pantai Mutun itu ya, tapi terus saja lurus hingga nanti bertemu rumah makan pindang IKA di sebelah kiri dan gapura Taman Hutan Raya di sebelah kanan, berselang 50 meter dari rumah makan pindang IKA itu. Masuk lurus kebagian dalam, melalui beberapa rumah warga hingga kemudian menemui gapura kawasan Youth Camp Tahura dan kawasan pasar Tahura dibagian dalam Youth Camp tersebut.

6 komentar :

  1. Lagi lagi aku harus memuji kementerian pariwisata untuk ide jeniusnya pasar digital ini. Pasar Tahura contohnya cocok banget untuk generasi jaman now. Tertata rapi, lingkungan bisa untuk background foto-foto cantik, dan makanan yang beraneka ragam. Sukses untuk Genpi Lampung dan pasar Tahura nya

    BalasHapus
  2. Ah banyak makanan yg enak2 dan spot foto kece di Pasar Tahura Lampung.. Seru banget y Om

    BalasHapus
  3. Wah, GenPi Lampung kreatif nih, enak bgt ada pasar yang nyuguhin hidangan kuliner, makannya di bawah pohon2 rindang, berasa piknik ^0^

    BalasHapus
  4. Waaah seru juga yaaaa. Bersatu dengan alam banget! :D

    BalasHapus
  5. Menarik sekali konsepnya. Dan makanannya sepertinya enak2

    BalasHapus
  6. Saya pikir ini taman buat event trail run om, karena saya pernah ikutan Tahura Trail Run di jawa barat.


    Keren ya Lampung, gk mau ketinggalan dalam hal-hal yg positif :)

    BalasHapus

Scroll To Top