Dunia Inspirasi Penuh Warna by Indra Pradya

Selasa, 09 Januari 2018

DAFTAR HOTEL MENGAGUMKAN SELAMA DI KERALA




Apapun jenis dan kondisinya, tempat bermalam selalu jadi kenangan tersendiri saat melakukan perjalanan. Begitupun saat saya menjadi bagian dari Kerala Blog Express Season 4.  
Selama gelaran Kerala Blog Express, peserta mendapatkan pengalaman bermalam di dua jenis hotel selama di Kerala. Yakni, hotel yang dikelola oleh pemerintah dan hotel swasta. Hotel yang dikelola pihak Pemerintah, biasanya berlebel – KTDC singkatan dari Kerala Tourism Development Corporation, yakni usaha pemerintah bidang publik  yang mengatur kegiatan pariwisata di kawasan Kerala. Kantor KTDC berpusat di Thirubananthapuram dan memiliki beragam cabang di seluruh kawasan Kerala.  KTDC beroperasional dibidang hotel, resort dan beragam jenis penginapan yang tersebar dalam kawasan Kerala – India Selatan. 


Berikut daftar hotel dengan fasilitas lengkap dan mengagumkan selama di Kerala.

1.  BOLGATTY PALACE & ISLAND RESORT

Kerala Blog Express angkatan 4 dimulai dari Kochi. Jadi hotel pertama yang saya dan 14 teman lainnya nikmati sebagai peserta Kerala Blog Express adalah Bolgatty Palace & Island Resort.  15 teman lainnya berada di Xandari Resort. Oh, ia, selama di Kerala, peserta yang berjumlah 30 orang tersebut akan tinggal di dua brand hotel yang berbeda meski ada pula yang tinggal di hotel yang sama. Hal ini terjadi karena ketersediaan jumlah kamar hotel untuk jumlah peserta dan panitia Kerala Blog Express.

Bolgatty Palace & Island Resort yang memiliki jarak tempuh 40 menit dari Bandara Internasional Kochi ini merupakan hotel  milik KTDC.  Letaknya berdekatan dengan pelabuhan dan bentangan perairan Bolgatty. Sesuai namanya, Bolgatty Palace & Island Resort ini menyajikan budaya India yang sangat kental. Meski sebenarnya, secara bangunan, Bolgatty Palace & Island Resort merupakan peninggalam penjajah Belanda di tahun 1744 yang masih terawat baik hingga kini!. Wow, kan?!. Tak heran bila tiap sudut bangunan sangat menarik untuk disimak.

Bila punya waktu luang selama stay di Bolgatty Palace & Island Resort, jangan lewatkan untuk menikmati lalu lalang kapal muatan barang maupun penumpang di perairan Bolgatty yang terletak persis dihalaman belakang. Atau dapat pula mengabadikan diri dengan beragam bentuk bangunan kuno peninggalan Belanda dalam area Bolgatty Palace & Island Resort yang tentu Instagramable!. 
Pingin tahu banyak soal Bolgatty Palace & Island Resort ini silakan klik : The Bolgatti Palace & Island Resort –Kochi – Kerala
salah satu sudut dalam Bolgatty Palace & Island Resorts

pilar - pilar di Bolgatty Palace & Island Resorts
 
2.  COCONUT LAGOON  
Coconut Lagoon adalah tempat beristirahat yang saya  nikmati seusai merasakan sensasi bermalam ala backwaters. Coconut Lagoon terletak di sebuah kawasan Kumarakom, Kottayam, Kavanattinkara yang begitu memesona. Tak sembarang pengunjung dapat ke Coconut Lagoon. Karena untuk tiba di Coconut Lagoon, kamu harus menaiki perahu dan mengarungi kawasan danau Vemband yang menghubungkan langsung dengan bangunan Coconut Lagoon. Itulah sebabnya Coconut Lagoon disebut sebagai private property.  Memasuki bangunan yang private seperti Coconut Lagoon, pengunjung langsung dapat merasakan citarasa seni India. Bangunan kayu yang dirancang sangat nyaman hingga beragam fasilitas penunjang yang juga istimewa. Bahkan ada beberapa bangunan rumah kayu dalam kawasan Coconut Lagoon yang telah berumur lebih dari 150 tahun!!.

Pondok-pondok kayu yang dibangun terpisah dengan bagian depan tersebut,  merupakan sarana bermalam yang sangat private. Selain interior dan exterior design yang mengagumkan, kamar mandi nuansa alami tanpa atap dan terhubung langsung dengan langit adalah spot terbaik yang saya dapatkan saat bermalam di Coconut Lagoon.
Selain itu, sempatkanlah bermain ditaman belakang yang mengetengahkan hamparan beragam jenis tumbuhan, obat-obatan dan sayur mayur dengan sistem tanam hydroponic.   Jangan pula lewatkan menikmati kolam renang yang nyaman.
Dan yang paling istimewa, pilihan menu di resto Coconut Lagoon saat moment santap malam adalah hal yang tak akan saya lupa. Semuanya Lezat!!!. Beragam hidangan Asia dan Eropa tumpah ruah. Buat yang suka alkohol, Resto Coconut Lagoon menyediakan free alcohol buat kamu hingga pukul 11 malam, asal di konsumsi dalam kawasan resto!. Mantap dah!.

Untuk Informasi dan reservasi Coconut Lagoon, silakan kunjungi :  The Coconut Lagoon

Coconut Lagoon dalam garis pagar putih yang aksesnya menggunakan kapal

bangunan dalam kawasan Coconut Lagoon

Lobby utama Coconut Lagoon yang diakses dengan kapal

bangunan kamar dalam kawasan Coconut Lagoon

kamar mandi di Coconut Lagoon yang menyatu dengan Alam


Pool area dalam Coconut Lagoon


3.     GREEN WOODS
Tetabuhan bersanding gerak tari nan dinamis khas India menyambut kedatangan saya dan rekan-rekan di Green Woods. Sebuah hunian mewah yang terletak di puncak bukit dalam kawasan  Kumily, Thekkady – Kerala.  Pohon pinus mendominasi kawasan bukit dimana terletak bangunan Green Woods. Beragam tumbuhan subur nan hijau lainnya menambah asri suasana kawasan yang berbasis nature resort ini.

Meski hanya menikmati semalam di Green Woods, tapi suasana mewah benar-benar terasa dalam kawasan ini. Mulai dari fasilitas hingga pelayanan yang sangat memuaskan. Yang unik, Green Woods menyediakan beragam paket untuk pengunjung yang bermalam. Mulai dari paket petualangan alam hingga paket untuk pengunjung yang sedang bulan madu.  Tawaran yang praktis sekaligus hemat.

Buat saya pribadi, yang sangat berkesan dari Green Woods adalah memanjakan diri di rumah pohon yang letaknya persis dibagian kanan dari lobby dan bangunan utama. Sungguh moment yang sangat berharga. Saking senangnya, saya lupa mengabadikan interior design rumah pohon tersebut, hahahaha. Tapi saya punya photo wujud dari rumah pohonnya yang sungguh mengagumkan.

Informasi lebih lanjut Green Woods, silakan kunjungi ; Green Woods


Lobby dan Bangunan utama serta kawasan Resto dari Green Woods

tampilan rumah pohon di bagian depan dari kawasan Green Woods

rumah pohon di Green Woods yang Instagramable !!


4.  TEA COUNTY
Munnar merupakan kawasan dengan bentangan kebun teh terbesar di Kerala. Tea County merupakan premium hill resort yang terletak di Munnar.  Terbayangkan, betapa mewahnya Tea County , ketika mendengar  sebuatan premium hill resort?. Yup. Sebutan itu tidak salah. Berada di perbukitan yang mengetengahkan bentangan alam berpadu dengan hunian warga dan pusat keramaian Munnar. Tea County adalah pilihan tepat bermalam sekaligus bersantai mewah. Terlebih saat itu, saya dan teman teman usai menjalani kemah mewah dan mendaki gunung Phantom yang kisahnya tak akan pernah terlupakan.

Tea County, adalah penginapan yang masuk dalam kategori KTDC. Terdiri dari bangunan  vila vila terpisah dari Lobby dan bangunan utama.  Saat di Tea County, jangan lewatkan moment menikmati hamparan keindahan beragam bunga warna-warni nan mengagumkan yang tersebar di beragam sudut dekat bangunan vila dan juga taman bunga antar bangunan vila. Nyegerin mata lho, lihat warna warni bunga.

Luangkan waktu santai sejenak diberanda kamar yang berhadapan langsung dengan perbukitan dan hunian warga. Atau bermainlah kepasar tradisional yang hanya berjarak tempuh 300 meter berjalan kaki. Dijamin dapat sensasi yang menyenangkan karena berinteraksi langsung dengan kehidupan masyarakat Munnar. Tak jauh dari kawasan pasar tradisional juga ada depot alkohol dengan harga murah lho, karena bebas bea pajak.  Yang unik, dekat kawasan pasar Munnar itu, ada masjid megah umat muslim Munnar yang berhadapan dengan gereja katolik bersejarah dan sebuah Tample. Sungguh rukun kehidupan beragama di Munnar.

Dapatkan sensasi bermalam di Tea County Munar, disini ; Tea County Munnar
 
properti Tea County yang asri dan menyatu dengan alam

bentangan kebun teh, alam dan hunian warga Munnar yang dapat dinikmati di Tea County

5.  KOCHI MARRIOT
Saat jadi  peserta Kerala Blog Express Season 4, panitia juga memberi sensasi bermalam di hotel bintang 5 dalam kawasan pusat kota Kochi. Tak perlu meragukan kualitas Marriot. Pastilah tak asing dengan brand hotel yang sangat internasional tersebut.
Simak pula pengalaman saya bermalam di Kochi Marriot yang saya tuturkan  dalam judul tersendiri termasuk pengalaman menari bersama penari-penari India.

Infromasi Lengkap berkaitan dengan Kochi Marriot, klilk ;  Kochi Marriot
 
bangunan megah Kochi Marriot

pool side yang wajib buat leyeh leyeh

view dari kamar saya - ada gedung Mall  yang bisa di kunjungi yang letaknya di depan hotel Kochi Marriot


6.  THE RIVER RETREAT
The River Retreat merupakan resort mewah bintang 3 yang berada di Thrissur yang merupakan kawasan budaya dalam Kerala. Selain tempat bermalam, The River Retreat juga menjadi tempat yang menawarkan beragam paket wisata yang berbasis pada pesona alam dan aktivitas warga lokal. Mengenal langsung budaya masyarakat  Kerala – India bagian selatan adalah sesuatu yang wajib di coba di kawasan ini.

Yang berkesan selama bermalam di The River Retreat adalah kesempatan berinteraksi dengan budaya lokal sekaligus berkenalan dengan komunitas  The Blue Yonders – sebuah kumpulan pelaku seni budaya yang berbasis pada keluhuran alam sekitar.   Sensasi bersantap dengan suguhan seni budaya India adalah sesuatu yang selalu membekas dalam benak.

Klik ini untuk lebih lengkap soal The River Retreat.
The River Reatret yang asri dan penuh nilai tradisi India

7.  THE RAVIZ HOTELS & RESORTS
Terletak di tepi danau Ashtamudi yang terkenal di kawasan Kollam – Kerala, membuat hunian The Raviz Hotels & Resorts semakin istimewa. Saat masuk dalam kawasan hotel yang letaknya di perbukitan itu, kita dapat langsung merasakan suasana alami dengan sentuhan budaya India yang begitu kental namun dilengkapi dengan fasilitas penunjang yang modern.

Saya dan rekan-rekan punya cerita berendam di kolam hotel ini hingga larut malam, sembari berbincang soal negara masing masing.  Kebersamaan yang sangat berkesan. Karena dari moment itulah kami mengetahui kisah personal satu sama lain.

Konon, bangunan The Raviz Hotels & Resorts dipengaruhi gaya arsitektur Nallukettu di kawasan Kerala.  Selain itu, dalam The Raviz juga dilengkapi dengan fasilitas Kerala Ayurveda Spa yang merupakan faslilitas yang paling banyak dicoba oleh pengunjung yang bermalam di The Raviz. Bila bangun tidur lebih pagi, cobalah keluar dari kawasan The Raviz dan nikmati sensasi pagi di jalan besar depan kawasan hotel yang menyajikan bentangan danau Ashtamudi sekaligus aktivitas masyarakat lokal yang menarik disimak.
Untuk melihat keunggulan The Raviz dalam klik Langsung ; The Raviz

suasana asri di The Raviz

sudut kolam The Raviz yang bikin betah bersantai

8.     THE VYTHIRI RESORTS WAYANAD

Saya dan rombongan dibuat takjub tatkala menuju kawasan Wayanad. Bagaimana tidak, jalan menanjak dan berliku yang terkenal dengan julukan ‘Thamarassery Ghat’ itu sungguh memukau pandangan mata.  Sungguh jalan yang hanya dapat dilalui oleh pengendara yang piawai! . Tapi tegang dalam perjalanan seketika sirna ketika mendapati sarana bermalam yang mengagumkan di Wayanad.

form Maxresdefault - Google - View Thamarassery Ghat - akses menuju District Wayanad - Kerala
Vythiri Resort adalah kawasan bermalam yang eksklusif dengan bentangan pepohonan rimbun layaknya sebuah hutan tropis yang alami.  Vythiri Resort benar benar hunian yang elegan dengan gaya bangunan nan modern. Memiliki kolam renang yang menyatu dengan alam plus air terjun yang diciptakan untuk menambah keasrian lingkungan kolam renang. Selain itu juga, memiliki ruang pertemuan yang lengkap hingga ruang pertunjukan yang mampu menampung penonton hingga 5 ribu orang!. Cocok untuk pelaksanaan konser besar.

Yang selalu saya ingat dari Vythiri Resort adalah hunian yang nyaman dengan bangunan kamar terpisah dari Lobby dan bangunan utama dan akses yang cukup jauh. Mobil kecil bak terbuka siap mengantarkan tamu dari lobby dan bangunan utama ke kamar-kamar yang tersebar dalam kawasan Vythiri Resort.  Yang paling WOW dalam Vythiri Resort adalah tersedianya kolam pribadi dalam kamar yang kita tempati!. Dahsyat!!, udah ukuran kamar luas dengan fasilitas lengkap, ada kolam renangnya pulak!. I Feel Free…..

Baca pengalaman saya bermalam di Vythiri Resort  kilk ini ; .Atraksi Mewah
Untuk informasi lengkap dapat klik VythiriResort
 
kondisi kolam renang yang berhadapan dengan hamparan alam di Vythiri Resorts

private pool dalam kamar yang saya huni

salah satu sudut ruang pertunjukan dalam Vythiri Resorts Wayanad


9.     NEELSHWAR HERMITAGE  
Pengalaman melepas lelah dihotel mewah selanjutnya juga saya rasakan saat saya dan rekan-rekan berada di Neelshwar Hermitage.
Neelshwar Hermitage benar benar hunian yang menyajikan budaya India yang kental. Berkonsep pondokan kayu yang terpisah dengan Lobby dan bangunan utama, Neelshwar Hermitage dikelilingi beragam tumbuhuan tropis nan asri dan pepohonan kelapa dan fasilitas yang lengkap. Lihat saja, kolam renang yang bersanding langsung ditepi bentangan Laut Arab. Sungguh pesona yang buat pengunjung betah berlama-lama.
 Saya dan teman-teman pun lagi lagi menghabiskan banyak waktu luang di kolam renang. Menikmati sunset dan juga sunrise dengan obrolan yang membuka wawasan akan keragaman budaya negara dari setiap peserta.

Di Neelshwar Hermitage, saya menyukai gaya arsitektur ruangan termasuk kamar mandi yang ditata menyatu dengan alam.  Selain itu, kesempatan memilih sendiri menu makan malam selama di Neelshwar adalah pengalaman bersantap beragam jenis hidangan lezat nan khas. Jangan lewatkan juga moment sarapan di resto yang letaknya berdekatan dengan kawasan pantai nan landai dalam garis Laut Arabia.

Silakan klik Neelshwar Hermitage untuk pesona dan informasi lengkapnya.
 
bangunan kamar kamar yang asri dan private
kamar mandi yang terbuka dan menyatu dengan alam

kolam renang yang berseberangand engan hamparan laut

lokasi sarapan yang berhadapan dengan pesisir pantai


10.                      KTDC SAMUDRA KOVALAM
KTDC Samudra Kovalam jadi hotel basis pemerintah terakhir yang saya nikmati sekaligus hotel terakhir dalam rangkaian perjalanan dalam Kerala Blog Express Angkatan 4 diawal 2017.  KTDC Samudra Kovalam seolah jadi pelampiasan beristirahat yang benar-benar memuaskan setelah merasakan sensasi berkereta api selama 14 jam dari kawasan Kasaragod menuju Thiruvananthapuram atau yang lebih dikenal juga dengan sebutan Tribandrum letak penginapan KTDC Samudra Kovalam.

Letak bangunan KTDC Samudra Kovalam yang bersinggungan dengan samudera lepas menjadi daya tarik utama kawasan hotel. Selain pemandangan asri pesisir pantai nan landai yang selalu jadi daya tarik pengunjung,  menghabiskan waktu berjemur menikmati pasir nan halus dan deburan ombak juga wajib dicoba.   Mengabadikan diri di tebing berbatu yang letaknya dibagian belakang hotel KTDC Samudra Kovalam adalah hal yang paling menyenangkan. Selain itu jangan lewatkan tandang ke sebuah masjid yang dapat di akses melalui jalan setapak dari belakang hotel. Bangunan masjid yang kokoh dan berada di pinggir garis pantai adalah daya tarik tersendiri.

Jadi, bila tandang ke Trivandrum yang merupakan Ibukota dari Kerala – India bagian selatan, jangan lewatkan bermalam di KTDC Samudra Kovalam. Pesona sunset dan sunrise nya sungguh memesona mata hingga betah berlama lama.

Untuk informasi lengkap, silakan klik KTDC Samudra Kovalam

tampilan belakang kamar saya

suasana hotel nan asri

kolam renang dengan view laut


masjid di pesisir pantai

Itulah 10 hotel mengagumkan yang memiliki keunggulan tersendiri selama saya di Kerala.  Bisa jadi akan ada beberapa nama hotel yang berbeda untuk gelaran Kerala Blog Express angkatan selanjutnya. Meski setiap kisah dalam setiap nama hotel akan jadi kenangan tersendiri selama menjalani  gelaran Kerala Blog Express. Trip of a Lifetime on Gods Own Country.

10 komentar :

  1. Ahhh.... liat ini bersyukur banget jadi bagian Kerala Blog Express 2. Perkenan Tuhan atas segala effort bener2 jadi moment bahagia dan memorable banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yeeesss.... mbaa...aku juga bersyukur tetiba dilancarkan semua jalan menuju KBE season 4. thanks juga telah jadi mentor aku yaa....btw skrg aku kangen lho sama Kerala, makanya nulis nulis begini hehehehe

      Hapus
  2. Aku suka KTDC Samudra Kovalam. View pantai sama resortnya bikin ngiler yaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yesss.... semua sarana bermalam super mengesankan

      Hapus
  3. semoga aku bisa mencoba fasilitas ini juga ya bang. tahun ini. aamiin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. amin. aku yakin kau akan berjaya.... bersiaplah. packing dan bawa misi jadi duta bangsa yaaa....

      Hapus
  4. Hanya ada 2 hotel yang sama bang. Raviz sama KTDC Munnar. Yang di Kovalam itu cuma menghabiskan tea time sambil menangkap sunset. Jadi keinget rotiku yang direbut sama gagak hahahaha, banyak bener gagak di sana.

    Yang penasaran itu Vythiri Resort. Paling mewah di Wayanad, kan. Tapi aku beruntung juga gak dapet si sana (cuma gala dinner di sana), karena penginapanku yang lain sangat berkesan *yang aku nyanyi India sambil diiringi biola itu hwhwhwhw.

    Kangen Kerala ya....

    BalasHapus
  5. ak langsung naksir sama hotel yang nomor 3, 6, 9 dan 10.. hotel2 pinggir pantai mesti asik bgt :D

    BalasHapus
  6. Wow ! Kerala Tourism ini memang all out ya menyervis para peserta. Hotelnya bagus-bagus

    BalasHapus
  7. Niat banget itu rumah pohon di Green woods.

    Oh iya, meskipun kecil tapi saya suka banget private pool yang ada di Vythiri

    BalasHapus

Scroll To Top