Dunia Inspirasi Penuh Warna by Indra Pradya

Selasa, 31 Juli 2018

FESTIVAL GEOPARK RAJA AMPAT, DARI RAJA AMPAT UNTUK INDONESIA.




Tentu menyenangkan bila dalam satu perjalanan dapat menyambangi beberapa gelaran menarik. Bagai pepatah ‘sekali menyelam, minum susu’, eh salah… ‘sekali menyelam, dua tiga pulau terlampaui’. Ini berkenaan dengan kedatangan saya ke Raja Ampat. Tujuan utama datang ke Raja Ampat karena Kelas Inspirasi. Tapi alangkah lebih berfaedah bila bisa menikmati beragam potensi menarik di Raja Ampat, yaa kaann?.
 
kak Zizah menjemput saya, kak Deff dan mba Donna saat tiba di Sorong. pukul 6.30 pagi waktu sorong

Beberapa minggu jelang keberangkatan ke Raja Ampat, Saya, mba Donna dan Bambang yang tergabung dalam Whatsapp Group kerap berdiskusi soal apa saja yang akan kami lakukan di Raja Ampat setelah urusan Kelas Inspirasi. Tentu saja Kelas Inspirasi hal utama. Karena itu misi awal kami tandang ke Raja Ampat. Tapi sayang sekali kan, bila penerbangan jauh ke Raja Ampat tidak dimanfaatkan untuk menikmati konten lokal yang menarik. Terlebih Raja Ampat!. Siapa yang tak tahu pesona Raja Ampat. Belum tiba di Raja Ampat saja keindahan alamnya sudah menggelayuti fikiran.  Meski akhirnya beragam rencana dalam pembicaraan di WAG hanya menggantung.

Mba Donna, saya dan Bambang - 3 otak yang merencanakan ikutserta KI Raja Ampat saat usai pelesiran di Sumbawa

MENGENAL KAMAR RAJA HOMESTAY

Saya dan mba Donna memutuskan  tiba di Sorong  2 hari lebih awal dari relawan lainnya. Semua karena keinginan kami berdua untuk mendapatkan konten lokal sekaligus mengenal Sorong lebih personal.  Beruntung ada kak Azizah dan suaminya yang berkenan menampung kami bermalam dirumahnya. Bahkan juga meminjamkan mobilnya untuk kami bawa keliling kota!. Sungguh langka kebaikan macam kak Azizah dan suaminya itu!.

Hingga suatu malam, saat seisi rumah kak Azizah sedang leyeh-leyeh, saya melihat sebuah banner event yang awalnya di share di WhatsApp Group KI Raja Ampat. Festival Geopark Raja Ampat namanya eventnya. Sungguh menarik minat saya untuk tahu lebih lanjut hingga membawa saya pada akun penyelenggara dan menjalin pembicaraan via direct message Instagram Kamar Raja Homestay. Pembicaraanpun berlanjut usai saya berkenalan secara general pada si pemegang akun Instagram, termasuk juga mengenalkan akun-akunnya mba Donna (meski tanpa sepengetahuan mba Donna, hahaha, pendekatan saya sebagai travel blogger pun dimulai). Tak di sangka, sang Admin Instagram Kamar Raja Homestay berkenan memfasilitasi saya dan mba Donna untuk hadir dan terlibat dalam gelaran Festival Geopark Raja Ampat!. Bahkan memberi kesempatan yang sama pada beberapa rekan yang berminat untuk ikutserta hanya dengan barter review di semua akun medsos!. Golden Moment!!. Hobaah kaann?!!


Hari dimana gelaran Festival Geopark Raja Ampat pun tiba. Satu hari usai gelaran Kelas Inspirasi Raja Ampat yang penuh kesan. Tak hanya saya dan mba Donna, bergabung pula bersama kami ; Rizal, Panji, Imelda dan Shinta. (karena keterbatasan waktu, Bambang tak dapat ikutserta dalam rombongan event ini). Bertempat di WTC, Festival Geopark Raja Ampat digelar. WTC – bukan singkatan dari Water Front City yaaa, tapi singkatan dari Waisai Torang Cinta (Waisai yang kita cinta).  Kami sempat bertemu dengan sang pemilik dari Kamar Raja Ampat – kak Stephani dan sang Admin akun Kamar Raja Homestay – kak Dinasty di tempat acara setelah diantar oleh kak Amir pagi itu.

Kak Amir dan kak Arman mengantarkan kami menuju kawasan WTC pagi itu
 
Kak Stephani (berkaus putih) - owner Kamar Raja Homestay
Kami diarahkan untuk mengikuti rangkaian ceremonial dari gelaran Festival Geopark Raja Ampat pagi itu. Panitia mengarahkan saya dan rekan-rekan pada bangku paling depan di tribun utama. Persis di jajaran sebelah kursi para pejabat tinggi daerah dan tamu VIP lainnya. Hhmmm, hoobah banged daahh, kami berenam ada di barisan depan dari kursi tamu undangan. Meski berada di barisan kursi VIP, tetap saja naluri motret kami tak terbendung, terlebih saat beragam tampilan  tari-tarian khas daerah tersaji. Kami pun sontak maju untuk memotret. Saya pribadi terbilang kerap melihat sajian tari nuansa Papua, tapi melihat sajian tari Papua langsung di tanah Papua tentu beda kan rasanya?!. Sayang lho cuma duduk manis di bangku depan sahaja!. Hhmm, kemon genks kita moto moto!!.


A post shared by Indra Pradya (@duniaindra) on


on front row - di photoin Panji

hasil moto dari kursi penonton. gak begitu maksimal
FESTIVAL GEOPARK DAN TORCH RELAY ASIAN GAMES 2018

Menurut informasi kak Dinasty selaku admin Instagram Kamar Raja Homestay dan juga pendamping kami selama acara, gelaran Festival Geopark Raja Ampat adalah Festival Geopark pertama yang digelar di Raja Ampat. Sejak Raja Ampat ditetapkan sebagai kawasan geopark atau taman bumi nasional pada November 2017 oleh Kementerian Kemaritiman Republik Indonesia. Secara keseluruhan Raja Ampat memiliki 29 geoside atau obyek wisata geopark. Tapi dalam gelaran Festival Geopark Raja Ampat tahun 2018 ini ada tiga geoside yang akan dijadikan destinasi Festival Geopark yaitu Pyainemo, Teluk Mayalibit dan Pantai WTC (Waisai Torong Cinta) sebagai pusat dari rangkaian acara.
…. dan beruntungnya, segala spot yang menjadi bagian dari Festival Geopark Raja Ampat tersebut akan kami kunjungi nantinya. (rezeki anak soleh, emang!).- 

moment berharga bisa bertemu adik adik  penari tradisional begini
Menjadi bagian dari kemeriahan pembukaan Festival Geopark Raja Ampat bagai melihat langsung kekayaan seni tari dan musik nusantara dan nilai luhur budaya dari timur Indonesia. Berkali-kali berdecak kagum pada khasanah budaya Papua yang tersaji didepan mata.  Yang juga tak kalah menarik, acara Festival Geopark Raja Ampat digelar bersamaan dengan rangkaian kirab obor atau torch relay ASIAN GAMES 2018.  Aaahhh… emang beruntung banged hadir dalam gelaran ini!. bertabur konten super Faedah!.

the Event ; Festival Geopark Raja Ampat
Festival Geopark Raja Ampat yang dibuka secara langsung oleh Bupati Raja Ampat – Abdul Faris Umlati dan perwakilan dari Geopark Indonesia itu berlangsung selama 3 hari tersebut (25-27 Juli 2018) menghadirkan beragam pesona Geopark melalui beberapa stand pameran yang tersebar di pelataran pantai WTC (Waisai Torang Cinta).

Noted ; beragam kisah menarik lainnya berkenaan dengan event Festival Geopark Raja Ampat,  akan saya tuturkan di judul terpisah.

4 komentar :

  1. whoaaaaa, mendadak kangen Raja Ampat. Yup... blessing banget perjalanan ke Raja Ampat, kalau kata orang mah "menang banyak", Urusan KI beres luar biasa, urusan keliling Raja Ampat memorable banget, dan dapat temen2 baru yang keren2. Thanks Indra, Thanks Kamar Raja Homestay, kita emang gak ada kapoknya urusan dengan ombak dan perahu hahahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwkwkwk inget ombak mah skrg udah just sos so aja kayaknya mbaaa....kayak makanan sehari hari aja gitu wkwkwkwk....

      Hapus
  2. Waaaaa,,, seruuuuu. Pas banget itu waktunya, ikut KI dapet, bisa ngerasain Festival Geopark Raja Ampat juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yeesss..... betul... dapat beberapa event dalam 1 moment.

      Hapus

Scroll To Top