Dunia Inspirasi Penuh Warna by Indra Pradya

Selasa, 27 Januari 2015

JALAN JALAN KE KOTA BARU LAMPUNG.




Pernah mendatangi Kota Baru di Provinsi Kalimantan Selatan, kurang lengkap rasanya jika saya belum mengunjungi langsung Kota Baru Lampung. 

Sesuai dengan namanya, Kota Baru Lampung - merupakan kawasan baru di Provinsi Lampung yang pembangunannya di harapkan dapat menjadi pemukiman baru tak hanya untuk warga tetapi juga bagi pusat pemerintahan. 

Sebagai  kawasan baru, tentu saja infrastruktur maupun bangunan penunjang sedang dalam tahap pembangunan. Termasuk akses menuju lokasi Kota Baru. Belum ada angkutan umum meski jalan raya menuju Kota Baru Lampung telah tersedia cukup baik dan terus dalam tahap pembenahan maksimal. 

Areal sawah dan perkebunan Sepanjang Jalan Menuju Kota Baru Lampung


ITERA tampak depan

Siang itu, saya dan rekan rekan melajukan kendaraan menuju Kota Baru Lampung. Akses nya cukup mudah, melalui jalan arah jalur dua Korpri - way hui dimana terletak kantor TVRI Lampung lalu jalur lurus mengantarkan pengunjung pada rute baru ke Kota Baru Lampung.  Sebagai rencana pusat pemerintahan Provinsi Lampung, kawasan Kota Baru Lampung  masih berupa lahan luas. Sepanjang perjalanan hanya terlihat beberapa pemukiman warga. Selebihnya berupa bentang perkebunan dan lahan hijau. Lebih dari 1.000 hektare rencana pembangunan dengan landscape tata kota yang tentu mengacu pada kebutuhan perkotaan. Sebelum tiba di kawasan Kota Baru, kita akan di sambut gagahnya bangunan Institut Teknologi Sumatera (ITERA) yang meski kampus baru tapi telah berlangsung aktivitas belajar mengajar dengan tetap berangsur pada pembangunan dan penyediaan fasilitas terbaiknya. 




Rencana Masjid Raya KOta Baru Lampung

rencana gedung Pemerintahan Gubernur Provinsi Lampung.

komplek Balai Adat


Setelah 40menit berkendara dari lokasi ITERA, kami melihat gapura  berornamen khas Lampung bertengger gagah lengkap dengan sentuhan siger dan pilar pilar pada bagian kiri juga jajaran huruf kapital bertuliskan 'KOTA BARU LAMPUNG' seolah menyapa siapapun yang datang dan siap memasuki kawasan baru dalam Provinsi Lampung. Tak jauh dari bangunan gapura telah berdiri pula rencana gedung Rumah Sakit Daerah. Beberapa kios pedagang berbaris tak jauh dari gapura. Menyusuri bagian selanjutnya nampak bangunan super gagah sebagai rencana gedung Anggota Dewan Provinsi Lampung kelak berkantor. Tak hanya itu, rencana prestisius lainnya terlihat dari bangunan masjid super megah dan komplek kantor Gubernur dan bangunan penunjang lainnya seperti kantor kedinasan hingga balai adat lampung. Selain rangka Gedung yang megah, bagian dari Kota Baru Lampung yang tak kalah membuat saya terperangah kala menyaksikan konsep tata kota dan tata kelola kawasan yang cukup mewah sebagai rencana sebuah kota baru. Hal itu terlihat dari rencana bundaran kota yang secara bentuk dan ukuran menyerupai bundaran H.I Jakarta. 

Terlepas dari penundaan bangunan sesuai kebijakan, saya melihat ada upaya baik mengurai kepadatan penduduk perkotaan di Bandar Lampung yang makin padat, sekaligus menjadikan pusat pemerintahan Provinsi Lampung menjadi kawasan tersendiri atau terpisah dari teritori kota Bandar Lampung seperti saat ini. Sehingga sangat di sayangkan jika pembangunan yang telah ada kini tidak di teruskan atau malah di tunda sama sekali Karena tentu telah menelan banyak biaya yang bersumbet pada APBD meski sebenarnya rencana pembangunan Kota Baru Lampung ini pun terkesan terlampau mewah dengan tidak di iringi perencanaan pembangunan pemukiman masyarakat sekitar.  Laksana sebuah rencana kemegahan dalam dongeng tanpa penduduk. Persis Kota Mati.

6 komentar :

  1. Wah bagus gan bangunan bangunanya, pengambilan gambarnya juga oke :D
    hehe..
    salam kenal yak, kalau ada waktu mampir ke Blogku..

    BalasHapus
  2. Wah Lampung punya Kota Baru juga. Semoga segera ramai seperti kota-kota lain di Lampung. Penduduk yang tersebar, ekonomi berkembang, dan Lampung semakin makmur

    BalasHapus
  3. waw... pembangunan sedang berlangsung ya, semoga makin maju dan berkembang

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga berjalan lancaar segala jenis pembangunannya...

      Hapus
  4. Hay, saya sisil perwakilan salah satu agent travel di Indonesia ingin menawarkan sponsor post. Jika Anda berminat dan blogger lain berminat, silahkan hubungi saya melalui email sisil@vaindo.com. Terimakasih

    Salam
    Sisil
    Digital Marketing | VAIndo
    vaindo.com
    email : sisil@vaindo.com

    BalasHapus
  5. Ternyata di lampung banyak bangunan yg ok,,

    BalasHapus

Scroll To Top