Dunia Inspirasi Penuh Warna by Indra Pradya

Jumat, 23 Januari 2015

KEINDAHAN PUNCAK BUKIT DI KECAMATAN PANJANG






Selalu ada cara untuk menepi sesaat dari keramaian Kota yang padat dan cukup mencipta penat. Saya, kerap melakukan rileksasi kealam terbuka untuk mengendurkan sedikit kepenatan yang terjadi pada diri akibat aktivitas dan rutinitas kantor. Sama hal nya dengan yang saya lakukan pada siang Kamis lalu jelang waktu makan siang. 

Sebuah keinginan untuk mengetahui bagian kecil sebuah perbukitan yang terletak di tengah tengah kawasan pemukiman padat penduduk.

 
rute ke puncak bukit melalui padatnya  rumah warga

Bermula ketika mata saya melihat perbukitan kecil menonjol dengan pepohonan tegak di atasnya dari jalan raya Soekarno Hatta – Panjang. Jadilah siang itu saya menuju kecamatan Panjang melalui  jalan  arah ke SMA 6 tepat di jalan Ki Agus Way Lunik di Desa Karang Anyar Kelurahan Ketapang – Kecamatan Panjang – Bandar Lampung. 



Saya sempat ragu saat memasuki jalan sempit  di sebuah kawasan yang tak pernah saya ketahui sebelumnya. Tapi niat saya untuk tahu perbukitan itu tak bisa di bendung. Setelah menyusuri jalan sempit, saya menghentikan kendaraan di sebuah lapangan kecil yang ada tumpukan sampah di lokasi padat penduduk. Perbukitan terlihat semakin dekat. Beberapa warga ramah menyapa saat  saya melalui gang sempit menanjak berhias bangunan rumah yang rapat.  Saya pun sempat berbincang sejenak dengan Pak Yakub – salah satu warga yang tinggal di bagian paling atas dari perbukitan yang berdekatan dengan tanah lapang dan perkebunan di atas bukit tersebut. Dengan ramah ia perkenankan saya ke perkebunan di dekat rumahnya setelah saya meminta izin.

 
view perbukitan dan jalan  raya Soekarno Hatta - Panjang

View Kawasan Teluk Betung dan gedung Novotel Hotel

View Laut - bentangan Pesisir Teluk Lampung


Berkali kali saya terperangah saat melihat view dari atas bukit dimana saya berpijak saat itu. Tak pernah saya ketahui sebelumnya. Meski sejak SMA saya tinggal di Bandar Lampung, ternyata ada bagian sejuk dan menyenangkan di kawasan kecamatan Panjang yang terkenal sebagai areal kawasan Industri. Dari puncak Bukit  Desa Karang Anyar itu saya melihat bagian jalan Soekarno Hatta Panjang yang merupakan jalan utama yang di lalui mobil mobil besar sampai pada view pesisir teluk lampung yang membentang luas lengkap dengan landscape rumah rumah penduduk Bandar Lampung dan gedung gedung menjulang di bagian Teluk Betung.

Pondokan Kebun

kawasan kebun di puncak Bukit.


Angin sejuk bertiup dengan nyamannya. Saya merebahkan diri pada sebuah pondok sederhana di areal pertanian di atas bukit. Tak sia sia rasanya saya menuruti rasa penasaran  untuk mendatangi perbukitan ini di tengah hari guna menyenangkan diri sendiri. Meski sejenak,  setidaknya saya punya tempat baru untuk nantinya bisa saya jadikan sarana berdiam diri dan mencari inspirasi dengan view view indah di sekitar bukit.

2 komentar :

  1. Makin cebok saja travel blogger yang satu ini. Mlusukan mengentaskan rasa ingin tahu dilingkungan sendiri

    BalasHapus
  2. kan belajar dari kalian para pendahulu di dunia penulis blog ...thanks yaahhh mbak super Chebok.!!!

    BalasHapus

Scroll To Top