Dunia Inspirasi Penuh Warna by Indra Pradya

Jumat, 04 September 2015

ADA SISI EDUKASI DI DR.COFFEE



Vietnam Drip - salah satu penyajian kopi yang ada di Dr.Coffee - Photo by.khaterine - @Travelerien



Saya jadi peminum kopi jauh sebelum seragan gerai kopi luar negeri masuk Nusantara dan kemudian kongkow di kedai kopi jadi salah satu life style masa kini.
Santai pagi atau sore, berteman secangkir kopi di beranda rumah kala di desa dulu adalah ritual hidup  telah berlangsung sejak remaja.
Saya yakin hampir semua orang tahu Kopi dan jadi peminum kopi. Tapi saya yakin tak semua orang mengenal dengan jelas jenis kopi bahkan cara membedakan kopi yang diminum tersebut berkualitas baik atau tidak. Tak beda dengan saya. Meski  minum kopi sudah masuk dalam agenda rutin harian, tapi tidaklah saya paham jenis kopi dengan detail lengkap dengan kadar terbaik bahkan citarasa hingga asal muasalnya.

 
Beragam Varian Kopi di Dr.Coffee yang menarik untuk di nikmati.

Nah, beruntung di Bandar Lampung ada sebuah tempat yang tidak hanya nyaman sebagai wadah berkumpul layaknya tradisi kekinian warga modern tetapi juga memiliki nilai edukasi di balik kopi yang kita nikmati.
Adalah  Dr. Coffee (di baca – dokter kopi) yang menjadi alternative tepat kala kita ingin mengetahui banyak hal seputar kopi. Menempati sebuah ruko di bagian depan jalur masuk ke kawasan Universitas Lampung (UNILA), Dr.Coffee dapat jadi pilihan buat kamu kumpul dengan teman dan kerabat sembari menikmati ragam kopi dengan bahan kopi pilihan.

mas Ali - Pemilik Dr. Coffee sedang menjelaskan beberapa varian kopi Lampung pada pengunjung - Photo by. Yopie -Keliling Lampung
 
Dr.Coffee juga memproduksi Bubuk Kopi dan Biji Kopi yang bisa di olah di rumah. cocok jadi Oleh Oleh nih.

Tak hanya soal variasi kopi tapi pengunjung juga dapat menikmati ragam penyajian kopi mulai dari jenis konvensional – kopi tubruk, hingga penyajian ala Vietnam drip. Tak hanya jenis arabika dan robusta, Dr. Coffee juga menyediakan aneka pilihan Kopi Luak Liar maupun organik.  Tak sebatas itu, penikmat kopi juga bisa berpartisipasi dalam gelaran Coffee class yang aktif di gelar seminggu sekali. Bagi pemilik, coffee class memang di tujukan untuk mereka yang tak hanya penyuka minuman kopi tetapi juga bagi mereka yang ingin tahu banyak seputar kopi, mulai dari ragam kopi hingga cara penyajian. Beruntung, saya dan rekan rekan beberapa hari lalu berkesempatan bertemu dengan pak Karjo – seorang Q-Grader - ahli perasa dan pencium kopi yang punya sertifikasi dan di akui di dunia internasional, yang bersedia berbagi pengetahuan seputar kopi. Kami di beri banyak pengetahuan mulai dari jenis jenis kopi dan manfaatnya, mitos kopi di masyarakat  sampai pada kemampuan kami dalam mengenali cita rasa kopi melalui proses seruput yang unik. Pak Karjo  juga tak sungkan berbagi pengalaman dengan saya dan rekan rekan yang hadir. 

Pak Karjo mempraktekkan tehnik seruput kopi untuk mengenali karakter dari kopi.

saya bersama pak Karjo yang mengkayakan pengetahuan saya akan Kopi.
 
 Beruntung rasanya dapat menikmati kopi dari bahan dan olahan kopi terbaik hingga mendapat pengetahuan dari sosok pakar secara langsung. Setidaknya bertambah pengetahuan saya kan kopi yang berkualitas. Tak perlulah ke gerai kopi amerika untuk menikmati secangkir kopi dengan kualitas baik.  Gerai kopi pengusaha asli Indonesia tak kalah saing. Belum lagi perbedaan harga yang lebih terjangkau menjadikan gerai kopi lokal asli Indonesia lebih layak di kunjungi.



0 comments :

Posting Komentar

Scroll To Top