Dunia Inspirasi Penuh Warna by Indra Pradya

Rabu, 02 September 2015

JELAJAH PULAU KELAGIAN KECIL.



 


Pesona pulau pulau kecil dalam garis Pesisir Teluk Lampung memang tak pernah bosan untuk di jelajahi.

Termasuk saya, warga Lampung yang meski sudah sering berkunjung ke pulau pulau dalam garis pesisir Teluk Lampung ; Pulau Pahawang, Kelagian, Pulau Balak, Pulau Tegal, Tanjung Putus, Maintam, dan masih beberapa pulau lainnya. Termasuk gugusan pulau tak berpenghuni dan bukan jadi kunjungan wisatawan.



Siang itu, saya dan Apri – rekan saya dari Jakarta dan beberapa petinggi Fakultas Tehnik Universitas Lampung berkesempatan mengunjungi Pulau Kelagian Kecil. Setelah melakukan pelayaran selama 1 jam dengan kapal nelayan dari dermaga Ketapang – Pesawran – Lampung.

Namanya Kelagian Kecil, karena memang ada Pulau Kelagian Besar, yang jaraknya tidak begitu jauh dari Kelagian Kecil. Dari jauh, bentuk Pulau Kelagian Kecil tak ubahnya bagai gugusan lahan seluas 200 meter persegi dengan bentangan pasir halus di bagian luarnya.  Menjajaki  Pulau Kelagian Kecil kaki langsung merasakan halusnya pasir di air biru toska yang menenangkan. Kumpulan pohon bakau terlihat di beberapa bagian dan pepohonan rindang di bagian tengah tampak menjulang.  Papan ucapan selamat datang menyapa diantara gubuk kecil yang di buat oleh penghuni Pulau Kelagian Kecil yang merupakan bagian dari kepemilikan TNI AL. Beberapa kapal kecil berisi pengunjung merapat di bagian timur Pulau Kelagian Kecil. 




Saya dan Apri, tak terlena mengikuti kegembiraan di pinggiran pulau saja seperti yang lain. Saya langsung mengajak Apri untuk mengetahui lebih jauh isi dari Pulau Kelagian Kecil.
Rasa penasaran membuat saya dan Apri bergegas melangkah kebagian dalam dari pulau. Hanya ada satu gubuk penghuni yang juga berjualan makanan ringan dan beberapa jenis minuman ringan dan hangat yang dapat dipesan. Beberapa bilik di sediakan untuk pengunjung membilas diri dan berganti pakaian. Pada bagian dalam terlihat beberapa tenda dan aktivitas camping para pecinta alam. Di bagian utara, terhampar karang beragam ukuran dengan bebatuan menjulang gagah diantara hamparan pasir putih nan halus.






Saya sempat ragu kala tiba di bagian barat pulau yag berhadapan langsung dengan gugusan Pulau Pahawang, mengingat pinggiran pulau yang semakin dalam untuk di jajaki. Terlebih banyaknya karang karang kecil yang menusuk telapak kaki diantara bebatuan berlumut. Tapi karena semangat ingin tahu seperti apa keseluruhan dari Pulau Kelagian Kecil lah yang menguatkan saya untuk meneruskan penjelajahan yang ternyata tak sampai 1 jam selesai di telusuri.
 
Sungguh sebuah pulau yang memukau. Bagi saya, kondisi tenang dan nyaman di Kelagian Kecil adalah keistimewaan tersendiri. Selain hamparan pasir putih dan pesona biota bawah laut yang memesona bagi mereka yang menyukai snorkeling. Meski harus berhati hati karena ular laut  terkadang juga dapat di temui di Pulau Kelagian Kecil selain keterbatasan fasilitas. Tergerak hati suatu saat nanti berkemah di Pulau Kelagian Kecil yang benar benar nyaman untuk menepi dari kebisingan perkotaan sekaligus mampu menghadirkan inspirasi karena suasana Pulau yang begitu menyenangkan.

0 comments :

Posting Komentar

Scroll To Top