Dunia Inspirasi Penuh Warna by Indra Pradya

Kamis, 29 Oktober 2015

IMKOBAL - 7 TAHUN BERKARYA DAN TETAP BERBUDAYA.




Logo Resmi Ulang Tahun IMKOBAL ke 7 karya Arif Rahman @encipholic


28 Oktober, selain diperingati sebagai hari Sumpah Pemuda juga sebagai hari jadi organisasi duta wisata daerah kota Bandar Lampung - IMKOBAL. Hanya sebuah kebetulan dan bersamaan ketika pada 28 Oktober 2008, adalah kali pertama bapak Eddy Sutrisno yang kala itu menjabat sebagai Walikota Bandar Lampung merestui pendirian sebuah organisasi duta wisata daerah kota Bandar Lampung dengan membubuhkan tandatangan beliau di sebuah Surat Keputusan (SK). Ada rasa bahagia dalam diri saya ketika niatan untuk mendirikan wadah berkumpulnya para alumni atau sosok sosok terbaik yang berkecimpung dalam ajang pemilihan Muli Mekhanai Bandar lampung setiap tahunnya. Meski saya bukan juara pertama di tahun pemilihan saya, tetapi niatan untuk membuat wadah berupa organisasi yang disambut baik oleh Walikota itu bagai sebgau penghargaan tertinggi bagi saya.


Dengan berjalannya waktu dan terjadi beberapa kali perombakan dengan telah terjadi dua kali masa bakti kepemimpinan dan jajaran kepengurusan. Menghantarkan IMKOBAL dalam fase usia 7 tahun di tahun 2015 ini. Selayaknya manusia berusia 7 tahun tentu bukan masa yang  telah mapan. Proses belajar dalam jatuh dan bangun tempaan kehidupan adalah masa masa yang kerap terjadi dalam tubuh IMKOBAL.  Selaku penggagas berdirinya organisasi IMKOBAL saya seolah dibentangkan layar yang berisi  ragam kisah perjalanan kehidupan berorganisasi.  Meski dalam pergerakannya banyak mencipta karya, tetapi IMKOBAL bagai sebuah perjalanan pasang surut kehidupan yang kerap juga di terpa kendala dalam mencipta karya. Mulai dari fase pencarian jati diri hingga fase penatalaksanaan organisasi yang memadai.

Dalam usia 7 tahun ini, bagi saya – IMKOBAL belum begitu mapan dalam Visi dan Misi idealnya organisasi yang semula telah disepakati dan tetapkan bersama. Meski tak bisa dipungkiri ada banyak capaian yang IMKOBAL miliki. Sebagai organisasi Duta Wisata yang sah dengan mengantungi SK Kepala Daerah lengkap dengan kekuatan badan hukum sebagai organisasi, menjadikan IMKOBAL masih yang pertama dan satu satunya organisasi Duta Wisata di Provinsi Lampung – hingga tulisan ini di buat. Sebagai single fighter tentu ini adalah peluang bagi IMKOBAL untuk menciptakan ragam karya melalui beberapa kegiatan yang tidak hanya berorientasi dalam bidang Seni Budaya dan Pariwisata semata tetapi juga pada bidang Sosial Kemasyarakatan, Peningkatan Mutu dan Pendayagunaan Sumber Daya Manusia serta bidang Organisasi dan Kelembagaan – yang merupakan 4 bidang yang menguatkan tubuh IMKOBAL.  Menjadi bagian dari lahirnya IMKOBAL dan bertindak sebagai Sekretaris Umum IMKOBAL dan sebagai konseptor dalam setiap detail kegiatan yang dihelat IMKOBAL,  saya pribadi merasa bersyukur dengan team work yang solid. Meski memang tidak bisa di pungkiri ada juga beberapa pihak yang membelot karena kehilangan motivasi atau salah arah dan tak sesuai dengan visi dan misi organisasi. Untuk hal hal tersebut dapatlah dianggap lumrah. Bagai sebuah seleksi alam yang terjadi secara alamiah. Beruntungnya, Tuhan selalu menyisakan dan menautkan personal yang hebat. Tak ada yang benar benar ideal dalam hidup.  Begitupun dalam kehidupan organisasi di tubuh IMKOBAL. Tempaan organisasi tentu tidak bisa diterima dengan mudah oleh semua pihak. Ada yang kuat dengan tempaan dan ber=progress diri menjadi personal yang lebih baik, ada yang lemah karena basic sebagai anak Mama. Ada yang bisa bertanggungjawab dengan gelar dan kepercayaan yang diberi ketika masa pemilihan berlangsung, ada yang menghilang tanpa merasa dirinya bagain dari tubuh IMKOBAL. Semua kembali ke sifat dasar setiap personal dan bentukan pribadi yang memang menjadi keberagaman dalam berorganisasi. Meski setiap tahun menemukan sosok hebat yang berlatarbelakang sebagai pelajar atau mahasiswa berprestasi, tetapi tidak semua personal memahami kehidupan berorganisasi dengan baik karena tidak semua dari pelajar dan mahasiswa berprestasi tersebut pernah mengenyam organisasi selama hidupnya. 

Dalam fase tahun ke tujuh ini, IMKOBAL senantiasa berbenah. Membenahi internal adalah hal paling utama yang selalu dilakukan setiap tahunnya. Terlebih masa bakti kepemimpinan organisasi  fase kedua akan berakhir pada November nanti. Calon calon pemimpin dalam tubuh IMKOBAL telah terlihat dan terbentuk. Dan akan kembali di asah dalam kehidupan berorganisasi di tahun tahun kepemimpinan mendatang. Leader is Not Position, but Action. – Pemimpian bukanlah Posisi tetapi Aksi. Sejauh apa Pemimpin bisa melakukan Aksi nyata bukan hanya retorika perintah dan ajakan semata tetapi ia juga mempu memberi contoh dan jadi sosok terdepan mencontohkan sehingga dapat memberi inspirasi bagi personal dalam organisasi. Meski IMKOBAL bukan Segalanya, Tetapi segalanya bermula dari IMKOBAL. Begitupun Motto IMKOBAL ; Budaya Remaja – Remaja Berbudaya. Karena berorganisasi dan menjadi bagain dari Pemilihan Muli Mekhanai adalah bagain dari Budaya Remaja masa kini dengan tetap memegang teguh nilai nilai budaya yang menjadi ciri dan karakter bangsa indonesia sehingga tercipta sosok sosok remaja yang berbudaya sesuai dengan budaya organisasi yang ditanamkan dalam tubuh IMKOBAL.

Selamat Ulang Tahun IMKOBAL.


0 comments :

Posting Komentar

Scroll To Top