Dunia Inspirasi Penuh Warna by Indra Pradya

Rabu, 11 Januari 2017

BERTANDANG KE NONG NOOCH GARDEN - PATAYA



 

Sekumpulan  gajah  di kandang besar langsung terlihat ketika saya dan rombongan memasuki  bagian depan dari kawasan Nong Nooch Pataya. Saya  dan rombongan langsung bergegas antusias ketika bis yang kami tumpangi terparkir sempurna. Sebenarnya, antusias kami telah terjadi ketika bis memasuki kawasan Nong Nooch yang memperlihatkan hamparan taman dengan  aneka tanaman dan bunga berwarna warni. Sungguh membangkitkan rasa penasaran untuk mendekatinya.
 Rasa lelah beraktivitas sejak pagi  seketika hilang dengan pemandangan taman yang begitu memukau.  

salah seorang rekan yang dapat memegang langsung Gajah di kandang

 TamanNong Nooch adalah salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi jika tandang ke Pataya – Thailand.  Berlokasi di Sukhumvit Road, taman ini seolah menjadi sarana rekreasi bersantai hingga menikmati beragam sajian menarik yang sayang untuk dilewatkan. Bagaimana tidak, di lahan seluas 2,5 kilometer persegi itu  bagai taman yang menyajikan beragam aneka tumbuhan  tropis yang konon mencapai 670 jenis.  Mulai dari jenis bonsai, tumbuhan berbatang besar hingga beragam jenis bunga.  Uniknya, dalam kawasan Nong Nooch Pataya ini, beragam jenis tumbuhan dan bunga beraneka warna ditata dalam taman taman yang tematik. Mulai dari taman bernuansa taman Perancis abad ke 17, taman aneka tumbuhan kaktus, taman Versailles,  taman masa Renaissance Eropa hingga taman bernuansa jaman batu. Lengkap dan Instagramable!!, begitulah gambaran nyata dari Nong Nooch Pataya yang setiap sudut layak diabadikan dalam bentuk photo bersama hingga bernarsis tongsis.


panggung pertunjukan
  
ENJOY THAILAND CULTURAL AND ELEPHANT SHOW

Sebenarnya, saya masih ingin berlama lama menikmati hamparan taman tematik  di Nong Nooch Pataya, tapi apa daya, saya harus ikut ajakan pemandu rombongan kami yang mengarahkan kami menuju sebuah bangunan besar yang pada bagian depannya terdapat banyak penjaja makanan dan pernak pernik khas Thailand yang layak dijadikan cinderamata.  Tapi tujuan rombongan kami bukan pada bagian itu, melainkan ke bagian dalam  gedung yang sedang menggelar sebuah pertunjukan.




Pertama masuk saya langsung takjub dengan tata panggung nan apik. Penataan bangku penonton hingga tata suara dan lampu yang sungguh memukau dengan sajian beragam atraksi seni dan budaya khas Thailand.  Mulai dari tarian masyarakat Thailand, seni beladiri Muay Thai, beberapa jenis permainan tradisional hingga  pertunjukan drum kuno.  Jika disimak, sajian diatas panggung parkit bernuansa mewah nan modern itu menyajikan alur kisah yang penuh dengan khasanah kehidupan masyarakat Thailand. Tapi yang membuat saya terpukau adalah ketika dua gajah besar hadir di panggung dengan atraksi seni tari yang memukau plus kisah perang Ayuthaya dalam kemasan kolosal. Sebagai pecinta pertunjukan seni budaya tradisional, sajian di panggung Nong Nooch Pataya benar benar memesona saya. 



gajah masuk panggung pertunjukan

 Usai menikmati sajian pertunjukan seni budaya masyarakat Thailand, saya dan rombongan diarahkan menuju bagian belakang dari gedung tertutup tersebut dan langsung berada pada sebuah ruang pertunjukan dengan area terbuka. Ternyata kami akan menyaksikan pertunjukan gajah dengan beragam kepiawaian mereka. Saya dan beberapa teman dalam rombongan langsung mencari spot duduk terbaik. Saya memilih tidak duduk dibagian terlalu depan, melainkan berada di bagian samping dekat undakan tangga supaya dapat bebas mengambil gambar dari sudut yang cukup luas.




Setelah penonton memadati tempat. Pertunjukan gajah pun dimulai.
Diawali dengan parade gajah mulai dari gajah ukuran kecil, sedang hingga yang bertubuh besar gempal bak monster!. Tak ketinggalan para pelatih pelatih gajah yang mengendalikan atraksi hewan besar tersebut.




Menyaksikan sajian aksi gajah gajah pintar bukanlah kali pertama buat saya. Terlebih di Lampung, hewan berukuran besar tersebut dapat dengan mudah saya jumpai di beberapa taman rekreasi. Tetapi sajian pertunjukan gajah di Nong Nooch Pataya merupakan bagian menarik.



 Setiap babak pertunjukan mengusung tema yang beragam. Mulai dari Gajah yang pandai berbaris, lalu gajah yang pandai main bola, main bowling, gajah berhitung, hingga aksi interaktif dengan beberapa penonton yang bersedia diangkat dengan belalai gajah hingga aksi gajah melangkahi beberapa penonton yang terlentang dilapangan pertunjukan.

Sajian demi sajian tak terasa berlalu. Saya dan semua penonton meninggalkan tempat setelah juga turut mengabadikan diri dengan gajah gajah usai pertunjukan.
Sebenarnya, saya pribadi belumlah terlampau puas menikmati setiap bagian dari Nong Nooch Pataya. Selain penataan kawasan yang memesona, fasilitas pendukung dari lokasi pun memanjakan pengunjung. Tak berlebih kiranya, jika saya berharap suatu saat dapat bertandang ke Nong Nooch Pataya sehari penuh dengan membawaserta seluruh anggota keluarga. Semoga.


NONG NOOCH PATAYA.
Jam Buka: 09:00 – 17:00
Lokasi: Km. 163, Sukhumvit Road (Highway 3)
Tel: +66 (0)38 429 321, +66 (0)38 425 748
http://www.nongnoochtropicalgarden.com

0 comments :

Posting Komentar

Scroll To Top