Dunia Inspirasi Penuh Warna by Indra Pradya

Senin, 06 Februari 2017

RUANG JINGGA - EDUKASI KURANGI PLASTIK DAN BERBAGI TUMBLER SEHAT.



     

Bermula dari ajakan mba Mamik  via inbox Facebook lah yang kemudian mempertemukan saya dengan rekan rekan komunitas Ruang Jingga Lampung.  Secara nama, saya telah mengenal Ruang Jingga melalui postingan media sosial. Tetapi  belum pernah terlibat secara pribadi. Meski beberapa personal dalam komunitas Ruang Jingga telah saya kenal  saat saya  ikut ambil bagian dalam kegiatan Kelas Inspirasi Lampung.

 


Ruang Jingga merupakan komunitas sosial yang peduli pada bidang pendidikan dan kesehatan. Di Lampung, Ruang Jingga juga telah banyak melakukan aktivitas sosial yang menyentuh langsung beragam lapisan masyarakat.  Dalam setiap kegiatannya, Ruang Jingga pun mengajak serta relawan dan inspirator guna memperkuat pesan yang mereka usung.

Ice Breaking di halaman sekolah


Pada Sabtu, 4 Februari 2017, setelah sebelumnya mengikuti briefing oleh jajaran pengurus Ruang Jingga, saya dapat ikut serta dalam kunjungan ke sebuah sekolah madrasah di kawasan Pesawaran. Sejak pukul 6 pagi seluruh team berkumpul dan beranjak menyusuri jalan dari Bandar Lampung menuju kabupaten Pesawaran.  Dalam kendaraan yang saya kemudikan, ikut serta Azmi dan Indah – perwakilan IMKOBAL – Muli dan Mekhanai Bandar Lampung 2015, lalu ada Muli Desti dan Muli Intan – yang merupakan Muli Bandar Lampung tahun 2009 dan 2010 selain juga ada Gemma – yang merupakan dokter gigi. Perjalanan yang  terbilang lancar membawa saya dan rombongan pada sebuah kawasan yang asri.  Lahan hunian warga di tengah perbukitan dengan gugusan gunung Pesawaran dikejauhan. Kami tiba di MI Islamiyah Pahmungan – desa Way Kepayang – kecamatan Kedondong – kabupaten Pesawaran – Lampung. 

anak anak yang menunjukkan botol minum mereka yang sebanrnya tak layak dipakai.


Saat kendaraan telah terparkir, tak henti-hentinya saya mengagumi kawasan dimana kami berada. Areal pemukiman warga yang berdekatan langsung dengan perkebunan dan suasana bukit nan hijau menambah keasrian suasana. Cuaca cerah dan udara yang sehat langsung menghangatkan suasana kala itu.  Beberapa anak anak MI Islamiyah menyambut kehadiran kami sejak jalan utama hingga gang menuju lokasi bangunan sekolah.

ice breaking
Rasa bahagia saya melihat suasana pedesaan dan segarnya udara yang terhirup berbanding terbalik ketika melihat kondisi bangunan MI Islamiyah yang terpampang dihadapan mata.  Bangunan dari kayu papan sederhana dengan fasilitas sekolah yang juga seadanya, begitulah gambaran langsung sekolah MI Islamiyah.  Dengan jumlah 81 orang siswa, yang tersebar dalam kelas 1 hingga kelas 5 saja, karena usia sekolah yang baru 5 tahun berdiri.  

Robby Purba di tengah tengah anak anak MI Islamiyah - photo by Delta

anak anak yang antusias menyimak

Robby Purba menginspirasi anak anak


EDUKASI JAGA LINGKUNGAN DAN KURANGI PLASTIK


Setelah terjadi suasana akrab antar relawan dan adik adik MI Islamiyah, kegiatanpun berlanjut pada bagian dalam kelas.  81 anak digabung disebuah ruang kelas yang berukuran sedang dengan suasana kelas yang sederhana. Beralas terpal yang dibawa relawan, anak anak tampak antusias menyimak beberapa materi yang diusung Ruang Jingga.  Mengawali kegiatan, para pengurus Ruang Jingga membuka suasana dengan kisah ‘Si TUCIL’ – sebuah fragmen dari boneka tangan yang diperankan oleh para pengurus Ruang Jingga yang didalamnya mengandung pesan untuk menjaga lingkungan dengan cara tidak membuang sampah sembarangan dan bahayanya menggunakan plastik yang tidak sesuai secara berulang-ulang.

edukasi fakta fakta seputar plastik dan bahaya buang sampah sembarangan

Usai gelak tawa anak anak menyaksikan si Tucil – kisah jenaka  nan penuh hikmah, anak anak langsung mendapat penjelasan rinci soal  fakta fakta seputar plastik dan bahaya penggunaan botol plastik termasuk beberapa simbol pada benda benda plastik yang layak  dan yang tidak layak digunakan sebagai wadah makan dan minum sehari-hari. Penjelasan yang disampaikan oleh Muli Indah dan Mekhanai Azmi tersebut,  membuka pemahaman siswa MI Islamiyah termasuk jajaran guru yang selama ini kerap menggunakan kemasan botol minuman yang sesungguhnya berbahaya jika digunakan secara berulang-kali. Karena kandungan plastik dalam  jenis botol plastik minuman kemasan atau bahkan wadah makan, bukanlah plastik yang kegunaannya diperuntukkan secara berulang. 

berbagi keceriaan bersam anak anak MI Islamiyah - photo by Miss Novi

Selanjutnya, Ruang Jingga juga memberi edukasi  hidup sehat – melalui penjelasan pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut yang disampaikan oleh dokter gigi – Gemma. Lalu tibalah giliran Intan yang berkisah soal hobi photography dan saya yang bertutur soal serunya jadi travel blogger.  Suasana seru anak anak MI islamiyah semakin  bertambah ketika sosok Aktor dan Host TV ternama asal Lampung – Robby Purba, menyapa anak anak dengan ajakan untuk menjaga lingkungan dan terus bersemangat menggapai cita cita yang dikemas dalam suasana penuh canda dan aksi bermain peran yang dilakoni oleh adik adik MI Islamiyah.


GERAKAN  SERIBU TUMBLER UNTUK LAMPUNG

Tak hanya sekedar memberi edukasi dan menularkan semangat untuk menggapai mimpi, Ruang Jingga juga memberikan secara langsung botol minuman yang memang layak digunakan berulang kali.  Botol minuman berlogo 5 tersebut diperoleh dari beragam donator selain upaya personal pengurus Ruang Jingga. 

Team Ruang Jingga dan anak anak yang senang menerima botol minum layak guna berkali kali

beberapa guru mewakili sekolah seusai menerima bantuan dari donatur dan pengurus Ruang Jingga

Sejak gelaran pertama pada tahun 2015 silam, Ruang Jingga berkonsentrasi penuh pada sebuah tujuan meng-edukasi masyarakat agar mengurangi penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya  kampanye untuk menggunakan jenis botol minum yang tepat.  Botol minum berlogo 5 lah yang dapat digunakan berulang kali.  
Itulah sebabnya, muncul gerakan #1000tumblers4lpg menjadi kemudian menjadi suatu keistimewaan dari komunitas Ruang Jingga. 

Ruang Jingga Lampung


Seiring waktu, gerakan 1.000 tumbler untuk Lampung pun menjadi perhatian beragam kalangan yang berkenan memberi sumbangan berupa tumbler layak pakai untuk nantinya didistribusikan oleh Ruang Jingga pada sekolah SD/MI se Lampung. Selain itu,  ada pula gelaran Lelang Tumbler yang rutin dilaksanakan oleh Ruang Jingga yang bekerjasama dengan pihak pihak ternama tanah air. Robby Purba – aktor dan TV Host ternama  asal Lampung berkenan melakukan propaganda program ini di ibukota melalui akun media sosial pribadinya. Beberapa artis ibukota turut membubuhkan tandatangan mereka pada Tumbler yang kelak dapat dibeli  oleh masyarakat luas. Aktivitas  lelang tumbler dapat dikuti melalui media sosial Ruang Jingga atau Robby Purba.  Hasil lelang kelak akan diberikan secara langsung pada sekolah sekolah yang menjadi kunjungan dari Ruang Jingga dalam gelaran selanjutnya.

salah satu aktivitas Ruang Jingga ; men-cat  meja sekolah

Bagi saya, menjadi bagian dari gelaran Ruang Jingga Lampung, tak hanya memberi edukasi soal menjaga lingkungan dan pemahaman terhadap penggunaan botol minuman yang layak guna semata, tetapi juga melihat secara langsung fakta dalam dunia pendidikan yang ada di bumi tempat saya berpijak. Meski peradaban terbilang modern, di tahun 2017 masih ada sekolah sekolah yang secara bangunan belum layak dijadikan sebagai tempat belajar mengajar dengan minimnya fasilitas pendukung.  


Hai genk.... Tahu gak, kalau banyak sekali adik-adik kita di SD/ MI menggunakan botol minum yang tidak layak secara berulang-ulang. Dan seberapa pahamkah kita macam-macam dan jenis botol plastik yang baik terhadap kesehatan kita. Kesehatan anak-anak dimulai dari keseharian yang baik dan sudah menjadi kepedulian kita untuk meningkatkan kesehatan. Tumbler/botol minum yang baik dan sehat menjadi perhatian kita. Dan , senang bgt nih... ARIEL NOAH pun @ariel_inst pun ikut ambil andil dalam kampanye ini. Thank u A'!!! Nah, Kalau kamu mengingingkan tumbler dengan gambaran dan tanda tangan dari Ariel ini, ikutan yoookk.. LELANG ONLINE TUMBLER oleh @ruangjinggalpg #lelangtumblerlpg ◦◦◦◦◦◦◦◦◦◦◦◦◦◦◦◦◦◦◦◦ Tandatangan tumbler oleh Ariel Noah, jenis tumbler plastik ◦◦◦◦◦◦◦◦◦◦◦◦◦◦◦◦◦◦◦◦ OB : 100.000 BID : + 10.000 / + 100.000 Dst ◦◦◦◦◦◦◦◦◦◦◦◦◦◦◦◦◦◦◦◦ Lelang dibuka : DARI SEKARANG Tutup Tgl 09-02-2017 Jam : 21:00 WIB ( AUTOMATIC CLOSE ) ◦◦◦◦◦◦◦◦◦◦◦◦◦◦◦◦◦◦◦◦ TERTIB LELANG : 1 ● Lelang hanya untuk yang bertanggung jawab 2 ● Mengisi komentar hanya dengan ANGKA/NOMINAL lelang dan hastag #lelangtumblerlpg , tidak ada kalimat lain. 3 ● Ongkir ditanggung pemenang lelang, biaya ongkir menyesuaikan. 4 ● Khusus untuk wilayah Indonesia 5 ● Transfer via rekening BANK BCA / MANDIRI 6 ● Pemenang akan dihubungi via DM/WA panitia @ruangjinggalpg 7 ● Waktu Maksimal Konfirmasi 1 x 24 jam TERIMA KASIH & HAPPY BIDDING #1000tumbler4lpg #ruangjinggalpg #kurangiplastik Note: Semua uang hasil lelang akan kita gunakan untuk membantu kegiatan sosial komunitas RUANG JINGGA. Fb: Ruang Jingga IG: ruangjinggalpg LELANG di AKUN ku ini yaaa.. CP mbak Mamik +6281369982111
A photo posted by robbypurba (@robbypurba) on

Beruntung mengenal jajaran personal pengurus komunitas Ruang Jingga Lampung yang bersedia berupaya keras memberi edukasi soal menjaga kelestarian  lingkungan, pendidikan dan kesehatan dengan mengerahkan beragam pihak yang berkenan turut serta dalam setiap gelaran hingga kesediaan  pengurus menggunakan materi personal  mereka demi berlangsungnya kegiatan. Sesuatu yang patut diapresiasi  segenap pihak ditengah maraknya aktivitas penyebaran informasi yang tak jelas sumbernya, drama adu domba di televisi  hingga kisruh soal perbedaan opini dan kepentingan segelintir pihak.  

1 komentar :

  1. Oh ternyata tujuannya untuk mengkampanyekan penggunaan botol air minum yang sehat ya bang. Salut juga Robby Purba mau terlibat di acara seperti ini.

    omnduut.com

    BalasHapus

Scroll To Top