Dunia Inspirasi Penuh Warna by Indra Pradya

Kamis, 02 November 2017

INOVASI ELS COFFEE - MULAI DARI AYAM MARAH HINGGA KOPI ARANG




‘Inovasi atau Mati’.
Barisan kata itulah yang selalu saya ingat bila bicara soal inovasi. Tak ubahnya sebuah jasa usaha yang terus dituntut untuk berinovasi baik malalui pelayanan maupun produk.  Di Els Coffee – kafe di Lampung yang tak hanya menyajikan beragam kopi berkualitas tetapi juga senantiasa menyuguhkan hidangan yang layak untuk dinikmati.  Buat pencinta citarasa masakan istimewa, tak ada salahnya menjajal suguhan inovasi Els Coffee, mulai dari sajian ayam marah hingga kopi arang!.

Salted Egg Yolk Chicken Chop - Ayam crispy yang berpadu dengan kuning telur asin + dengan taburan bumbu cabai garam daaan sunny side up on top!

SALMON GEPREK
Sajian pertama yang mencecap lidah saya adalah sepiring nasi yang pulen dengan irisan salmon tebal dan segar lengkap dengan bumbu cabai layaknya sajian ayam geprek pada umumnya. Yang istimewa, sajian ikan salmon yang empuk itu begitu menyatu dengan racikan bumbu cabai yang tak begitu pedas. Terlebih kehadiran keju sebagai penambah sensasi gurih pada sajian.


Salmon Geprek!!
GYUDON  DAN GYUTANDON
Penyuka sajian kuliner khas negeri sakura pun tak perlu khawatir. Els Coffee menghadirkan dua menu khas Jepang melalui Gyudon dan Gyutandon. Mulanya, dua menu tersebut merupakan menu favorite sang Chef – mba Tia dan sang owner Els Coffee – mas Elky. Jadi upaya mereka menghadirkan Gyudon dan Gyutandon di Els Coffee cukuplan bernostalgia pada masa kuliah mereka dulu.

Gyudon, makanan Jepang jenis Donburi yang memiliki makna mangkuk atau beef bowl. Sebagaimana maknanya, Gyudon hadir berwujud semangkuk nasi putih dengan irisan daging wagyu import pilihan dan irisan bawang Bombay yang telah di racik bersama kecap asin dan sedikit gula sebagai penyedapnya plus telur mata sapi sebagai toping.

Gyudon
 
Jenis citarasa Jepang kedua yakni, Gyutandon.  Melihat tampilannya, kita langsung tertatik dengan irisan daging yang tersaji. Tapi jangan salah, ke-khas-an Gyutandon adalah irisan tipis lidah sapi!!. Eiittss… Tidak sembarang lidah sapi yang bida di sajikan lho… Gyutandon yang lezat justru menggunakan lidah bagian tengah dan atas karena hanya bagian tersebutlah yang paling empuk. Nah, irisan lidah sapi tipis itulah yang kemudian tampil mengugah selera terlebih cara mengolah lidah dan campuran bumbu terbaik membuat sajian Gyutandon semakin istimewa.

Gyutandon
 
BLACK DEVIL FISH
Els Coffee pun menghadirkan hidangan bagi pecinta olahan ikan dengan paduan sambal khas. Sesuai namanya, sajian Black Devil Fish ini berwujud ikan berbalut bumbu pilihan. Yang bikin semakin lezat adalah sambal penamping yang tersaji apik. Meski terbilang pedas, sambal yang tersaji dengan ikan berbalut Charcol powder  itu tetap aman diperut. Tak bikin sakit perut usai bersantap.

Black Devil Fish
 
SEAFOOD BLACK INK RICE
Penikmat sajian seafood pun tak perlu khawatir, Els Coffee menyajikan suguhan nasi berpadu dengan seafood nan khas. Melihat sepiring nasi berwana hitam, kita pasti dapat menerka bahwa warna hitam pada nasi berasal dari tinta cumi. Tapi uniknya, citarasa sepiring nasi dengan wujud cumi dan udang itu tidaklah meninggalkan aroma amis layaknya bila kita menikmati sajian seafood. Sungguh paduan bumbu khas nusantara yang diracik apik hingga menghadirkan wujud sajian berkelas.

Seafood Black Ink Rice
 
MONGOLIAN BEEF FRIED RICE
Di Indonesia, nasi goreng sudah jadi sangat familiar. Tapi tak salah bila kita mencoba sitarasa nasi goreng yang berbeda. Terlebih sajian nasi goreng khas Mongolia. Hhmm… dengar nama Mongolia saja, saya sudah tertarik. Dan ternyata ketertatikan itu semakin nyata ketika menjajal sajian nasi goreng yang sungguh unik. Keunikan nasi goreng Mongolia terletak pada ragam rempah yang mengikat.  Dapat dipastikan, penikmat nasi goreng Mongolia akan langsung dapat menemukan citarasa nan khas ketika pertama mencobanya. Biasanya, nasi goreng Mongolia ini menggunakan daging kambing. Tapi tentu di Indonesia tak semua orang menyukai daging kambing. Jadi sajian nasi goreng Mongolia di Els Coffee diganti dengan irisan daging sapi yang ukurannya tidak terlampau kecil, sehingga ada sensasi irisan daging tebal nan empuk saat menyantap nasi goreng Mongolia di Els Coffee.

Mongolian Beef Fried Rice
 
VIETNAM SOUP
Tak hanya kawasan western, Jepang dan Mongolia saja. Els Coffee juga menyajikan suguhan citarasa khas Vietnam. Berupa Vietnam Soup yang tersaji hangat dengan potongan daging sapi berkualitas prima. Sehingga empuknya daging begitu terasa ketika pertama mencobanya. Belum lagi sensasi nikmatnya kuah soup nan khas dengan  kehadiran mie so’un menjadikan Soup Vietnam semakin istimewa. Belum sempat trip ke Vietnam?, cobain dulu deh Soup Vietnam di Els Coffee Bandar Lampung.

Vietnam Soup

 ANGRY CHICKEN
Tak perlu marah marah meski sedang menikmati ayam marah, hehehe. Els Coffee mengolah cita rasa khas nusantara dalam sajian ayam bakar. Yang dimaksud marah pada sajian Angry Chicken adalah bercampurnya beragam rempah dan kehadiran lemon dalam sepotong ayam bakar yang tersaji bersama kentang goreng, jagung dan sayuran tersebut.  Sungguh recommended menu buat kamu yang tandang ke Els Coffee.

Angry Chicken
 
BEEF AND CHEESE TOESTED
Ada camilan pendamping secangkir kopi kala kamu hangout di Els Coffee. Roti panggang dengan komposisi isi yang unik ini layak kamu coba. Pasalnya, sajian ringan ini menjadi kaya rasa ketika mencecap bagian isi yang terdiri dari irisaan tipis daging sapi dan saus olahan chef Tia yang istimewa.  Mencobanya tak cukup hanya sepotong. Enaknya nagih cuy!!

Beef & Cheese Toasted
 
WAGYU MINCED BEEF ANGLE HAIR WITH SEWEET & SOUR SUCE
Sajian keluarga pasta dengan bumbu istimewa dan daging wagyu cincang ini cocok buat kamu yang menyukai olahan pasta bercitarasa unik.  Pasalnya, tekstur pasta yang tersaji semakin sensasional ketika bertemu olahan daging wagyu dengan bumbu yang cukup pekat. Lezat Berkelas!!!. Begitu saya menyebutnya.
Wagyu Minced Beef Angle Hair with Sweet & Sour Sauce


THAI GREEN CURRY CHICKEN
Penyuka sajian gulai berkuah santan pun tak perlu khawatir. Els Coffee turut menyediakan suguhan gulai  ayam kuah santan dengan bumbu nan khas.  Mengangkat citarasa Thailand dengan dikombinasikan pada lidah nusantara, Thai Green Curry Chicken ini cocok sekali jadi pendamping makan siang atau makan malam pengunjung.  Tak hanya sekedar semangkuk gulai ayam kuah santan saja tetapi juga irisan terong dan sayur mayur lengkap dengan bumbu khas yang menjadikannya semakin lezat.

Thai Green Curry Chicken
 
KOPI ARANG
Charcoal Latte, adalah nama beken yang akan pengunjung jumpai saat tandang ke gerai Els Coffee Bandar Lampung.  Kopi Arang adalah makna sesungguhnya. Hah!! Kopi Arang??, hhmmm, jangan kaget dulu yaa… memang komposisinya Kopi dan Arang,  tapi Arang yang tersaji bukanlah arang sembarangan lho.

Els Coffee jadi pihak pertama yang menyajikan Kopi Arang dengan tampilan mewah di Lampung. Bila biasanya beberapa sajian Kopi Arang berwujud sederhana, tidak dengan suguhan kopi arang di Els Coffee.  Suguhan segelas kopi arang khas Els Coffee yang bertajuk Charcoal Latte tersebut tidak lah mudah dikenali sebagai kopi arang.

tampilan Kopi Arang yang berkelas
 
Yang menarik, arang kualitas baik sebelum terhidang tersebut telah melalui proses pembakaran secara tepat sehingga merubah arang menjadi karbon aktif yang berfungsi mengikat polutan dan racun yang ada dalam tubuh. Jadi arang atau karbon aktif tersebut dikenal ampuh sebagai obat alami anti racun. Dibeberapa negara maju , arang telah diracik sedemikianrupa sebagai bahan dasar utama pembuatan obat anti racun. Selain itu arang juga berkhasiat mengobati penyakit asam lambung, kembung, masuk angin dan panas dalam. Bahkan, arang yang dicampur dalam kopi bisa mengikat kadar kafein berlebih dalam kopi. Jadi tunggu apalagi, segeralah ke Els Coffee lalu pesan kopi arangnya dan beberapa sajian menu baru hasil inovasi sang Chef dan Owner. Beragam sajian lezat yang saya uraikan diatas hanya ada di Els Coffee House –  Jalan Batubara – Teluk betung – Bandar Lampung. Dengan harga kisaran 40 hingga 70 ribu, kamu langsung dapat  hidangan  dengan kualitas bahan dan racikan rasa yang istimewa.

3 komentar :

  1. els coffee di lampung ini inovatif sekali ya bang.. kalo di palembang aku sendiri belum pernah icip hehe.. overated, lalu pernah ada temen makan di sana saus aja katanya bayar.. tapi yang di palembang udah ganti tempat baru, aku pun juga belum ke sana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo yang di Palembang aku belum datangi. tapi si Chef yang olah bahan makanan stay di bandar Lampung sih..kayaknya di gerai yang di lampung gak pake bayar deh kalo soal saus

      Hapus
  2. Glek. Langsung laper lagi baca tulisan ini karena foto-fotonya menggodaaa.

    Penasaran sama Salmon Geprek, Gyutandon, sama Kopi Arangnya. Salmon Geprek berlumur keju mozarella, udah kebayang nikmatnya mas! Kalau kopi arangnya, penasaran karena mau membandingkan dengan kopi jos, khas kampung halaman saya hehehe.

    BalasHapus

Scroll To Top