Dunia Inspirasi Penuh Warna by Indra Pradya

Kamis, 01 November 2018

MENENGOK PESONA KAMPUNG RAGAM WARNA



Bola mata sontak segar kala tiba di bagian depan kampung yang berhias aneka warna. Paduan semangat dan sisi kreatif begitu nyata dihadapan. Hilanglah rasa kantuk dan lelah perjalanan sejak pagi dari Lampung menuju Semarang.  Saya dan beberapa rekan siang itu tiba di kampung Mranggen, desa Kutoharjo, Kendal – Jawa Tengah.  Kedatangan saya dan rekan-rekan di undang untuk  menyaksikan langsung gelaran festival Drumblek persembahan kampung Ragam Warna.  Mas Anton – suhu Drone kece bana-bana lah yang mengajakserta saya dan rekan-rekan lainnya. Yup, kampung Mranggen itu kini lekat dengan sebutan Kampung Ragam Warna.  Apa sih yang menarik dari Kampung Ragam Warna ini?, hhmm… siapkan kopi dan kudapan supaya bisa simak uraian kisah saya sambil santai ya,  kemon genks!...
 
spot ragam warna


 


…”Selamat datang di Kampung Ragam Warna… mari masuk”… ucap mba Wiwik dan mba Mara menyambut kedatangan  saya dan beberapa rekan yang telah hadir di Kampung Ragam Warna siang itu. Berjalanlah kami memasuki jalan kampung yang tak begitu luas namun kaya akan  warna dan corak. “Beginilah suasana Kampung Ragam Warna” ujar mba Wiwik membuka obrolan ketika kami tiba di salah satu rumah yang akan kami tumpangi bermalam selama di Kampung Ragam Warna. Sebagai pencetus Kampung Ragam Warna, mba Wiwik dan suaminya – pak Yogi,  semangat berbenah agar Kampung Ragam Warna layak menjadi destinasi wisata di Kendal.  “Beruntungnya, masyarakat Kampung Ragam Warna berkenan diajak berkolaborasi untuk mewujudkan Kampung Ragam Warna” ucap mba Wiwik. Kami pun antusias menyimak penuturan mba Wiwik kala itu.

salah satu akses masuk di bagian depan Kampung Ragam Warna

SPOT KREATIF NAN  INSTAGRAMABLE

“Masyarakat juga mau terlibat dalam proses pengecatan.  Termasuk membuat konsep gambar dan corak di dalam Kampung Ragam Warna ini” terang mba Wiwik yang mengaku mendapat dukungan dari salah satu merek cat untuk Kampung Ragam Warna. Tak heran, bila mata pengunjung akan dimanjakan dengan beragam lukisan dan juga motif warna-warni saat memasuki kawasan Kampung Ragam Warna. Terlihat mulai dari jalan kampung, bangunan rumah warga dan sarana bermain anak-anak  hingga pos ronda. Tak hanya sebatas warna, Kampung Ragam Warna juga menyajikan beragam corak hingga lukisan disetiap sudut kampung. Bagai bentangan kreatifitas yang mengubah wujud kampung pada umumnya menjadi lebih indah dan elegan.

pacaran ?
 
Meski terbilang baru diresmikan pada awal 2018 lalu, namun Kampung Ragam Warna memiliki beragam hal menarik untuk dikunjungi. Tak hanya sekedar warna warni semata, melainkan tersedianya beragam spot kreatifitas yang dapat pengunjung manfaatkan untuk menciptakan moment kebersamaan. Tengok saja rumah pohon yang di hias unik, pondok kata-kata guyon hingga kursi yang disediakan khusus untuk mengabadikan kisah cinta para pengunjung.  Tak ketinggalan beragam  spot kekinian dengan aksesoris penunjang yang menambah semarak suasana Kampung Ragam Warna. Lihat saja payung-payung kertas yang dilukis kreatif hingga lampu hias diantara pepohonan rindang.  Lebih dari 100 rumah di kampung dibalut ragam warna, gambar jenaka, artistik dan elok dipandang mata. Bahkan MCK umum yang terletak dibagian depan Kampung Ragam Warna pun bi beri corak dan warna lho!.

rumah pohon dan tempat bersantai anak anak

kursi santai di pekarangan rumah

 Tak sampai disitu,  dalam Kampung Ragam Warna juga dilengkapi dengan hunian pajang karya kreatif pemuda pemudi Kampung Ragam Warna yang mereka sebut sebagai ‘ Mranggen Gallery’,  termasuk didalamnya terdapat perpustakaan yang menyediakan aneka buku bacaan bermutu bagi siapapun yang gemar membaca. Menarik bukan?

 
Mranggen gallery
MCK Umum pun berhias corak dan warna lho!!

EKONOMI KREATIF  KAMPUNG RAGAM WARNA

Selain mendapat informasi soal Kampung Ragam Warna dari mba Wiwik, saya dan rekan-rekan yang hadir juga melihat langsung upaya masyarakat Kampung Ragam Warna dalam memenuhi kebutuhan hidup mereka. Tak jarang masyarakat sekitar mengembangkan beragam kerajinan tangan hingga mengolah beragam panganan khas daerah untuk kemudian dijajakan dan menjadi sumber penghasilan keluarga. Mulai dari  keripik singkoko, kerupuk udang petis dan masih banyak kudapan lezat lainnya.


“Setelah Mranggen berwujud aneka warna, tugas masyarakat disini menyiapkan beragam kebutuhan bagi para pengunjung yang datang” ucap mas Suseno – tokoh muda yang juga ketua Karang Taruna di Mranggen. Mas Suseno pun menjelaskan upaya ia dan rekan rekan Karang taruna yang saling bersinergi menghidupkan perekonomian masyarakat Kampung Ragam Warna melalui ekonomi kreatif. Diantaranya menyediakan homestay bagi pengunjung yang ingin bermalam, menyediakan beragam makanan khas Kampung Ragam Warna hingga cinderamata yang kiranya dapat dijadikan buah tangan  pengunjung. “Termasuk menghidupkan seni budaya lokal melalui gelaran Festival Drumblek dan lomba melukis diatas payung kertas” urai mas Suseno. Dan tak sia-sia, melalui motor penggerak  para pemuda Karang Taruna, seluruh lapisan masyarakat Kampung Ragam Warna terpacu untuk menjadikan kawasan mereka sebagai tujuan wisata yang menarik. “Alhamdulilah, berkat hadirnya warna warni dalam Kampung Ragam Warna ini dapat menghilangkan kesan kumuh pemukiman Mranggen yang padat penduduk” ucap mas Suseno tersenyum puas.
 
kreatif yaaa ?


Bila sedang di Semarang, tak ada salahnya tandang ke Kendal yang hanya butuh  45 menit waktu tempuh dari Bandara Ahmad Yani. Lalu masuk ke Mranggen – Kampung Ragam Warna. Bukan sekedar kampung warna warni saja, tetapi juga beragam sisi kreatif masyarakat lengkap dengan keramahtamahan dan luhurnya budaya. Selain Kampung Ragam Warna, pengunjung juga dapat mendatangi kawasan wisata religi Kaliwungi yang begitu dekat dengan Kampung Ragam Warna. Jadi sekali tandang beragam hal menarik akan kamu dapatkan lho!.

Oh ia, soal  gelaran Festival Drumblek yang begitu kreatif   itu, kelak akans aya tuturkan dalam judul terpisah. Sabar yaaa…

5 komentar :

  1. Tempatnya keren banget, warganya ramah dan rukun. Dan satu lagi banyak banget spot yang instagenic asik buat photo photo disanaa ... wajib banget dikunjungi klo ke kendal , jawa tengah

    BalasHapus
  2. 3 hari 2 malam di Kampung Ragam Warna memberikan inspirasi

    BalasHapus
  3. Kampung ini awal tahu sepertinya booming banget. Tinggal bagaimana pihak desa membuat terobosan baru agar kampung ini masih konsisten menarik minat pengunjung untuk datang

    BalasHapus
  4. Dengan beragam warna seperti ini kampung memang lebih cantik ya. Membangkitkan rasa bahagia memandangnya. Semoga semua penduduk kampung juga bahagia karenanya

    BalasHapus
  5. Sudah banyak sekali kampung warna-warni di dataran Jawa ini tapi yang di Kendal ini sedikit beda. Mereka tidak hanya memadukan warna saja tetapi juga menggambar beberapa tokoh kartun dan tokoh lainnya yang membuatnya lebih berwarna.

    Sedikit lebih beda memang lebih baik dari sedikit lebih baik :)

    BalasHapus

Scroll To Top