Dunia Inspirasi Penuh Warna by Indra Pradya

Selasa, 14 Juli 2020

IMKOBAL EXPLORE - FROM LOCAL TO GLOBAL.




IMKOBAL Explore adalah program besutan Ikatan Muli Mekhanai Kota Bandar Lampung (IMKOBAL) yang bertujuan memperkenalkan segala potensi seni budaya dan pariwisata daerah dengan cara mendatangi langsung beberapa kabupaten/kota di provinsi Lampung. Program IMKOBAL Explore dimulai ketika gelaran bertajuk ‘Bandar Lampung – Kota Ragam Pesona’ pada 2015 silam.  Lalu program MANJAU pada 2016 yang dibuat guna menggali potensi lokal daerah bersama Muli Mekhanai Kota Metro kala itu. Selanjutnya 2017 rekan-rekan Muli Mekhanai mendapat kesempatan untuk eksplorasi langsung ke Gunung Anak Krakatau. Tahun 2018, program IMKOBAL Explore menjadi tajuk resmi aktivitas kunjungan wisata Muli Mekhanai kala tandang ke Way Bekhak, Tanggamus atas inisiasi Kabid Pengembangan Destinasi Dinas Pariwisata Kota Bandar Lampung – Eva Cahyarani dan diperkuat oleh ide Mekhanai Firly untuk menjadikan program IMKOBAL Explore lebih banyak mengekspopse potensi daerah/lokal. 

capture moment by Surya Maxima


Program IMKOBAL Explore mengusung tema ‘From Local to Global’  dengan harapan bahwa segala potensi yang menarik di lokal (Kabupaten/Kota) di provinsi Lampung dapat dikenal beragam pihak melalui  foto, video dan informasi lengkap yang diunggah di sosial media. Itulah sebabnya, program IMKOBAL Explore tak hanya terpusat pada pesona wisata semata melainkan eksplorasi seni budaya hingga aktivitas masyarakat lokal termasuk potensi hasil bumi hingga kerajinan tangan khas masyarakat lokal.


IMKOBAL EXPLORE LIWA & KRUI

Juli 2020, gelaran IMKOBAL Explore terlaksana secara utuh setelah melalui serangkaian kesiapan termasuk bersinergi beragam pihak. Spot kunjungan Liwa dan Krui dipilih  dengan pertimbangan ragam potensi yang dimiliki oleh 2 kabupaten tersebut. Secara kawasan, Liwa dan Krui adalah 2 kabupaten dengan ragam pesona alam yang memukau hingga aktivitas warga lokal yang menarik untuk disimak secara langsung.

Maka, 9-12 Juli 2020 adalah waktu pelaksanaan yang dipilih untuk rangkaian perdana IMKOBAL EXPLORE.  12 sosok Muli Mekhanai Kota Bandar Lampung ikutserta dalam trip IMKOBAL Explore ke Liwa dan Krui. Program IMKOBAL Explore semakin lengkap ketika beragam pihak baik berkenan terlibat. Diantaranya ; Surya Maxima Photography yang berkenan mendokumentasikan seluruh rangkaian kegiatan. Lalu perkenan sinergi dari BPC HIPMI Pesisir Barat melalui Ketua Umum – Bob Brian yang memfasilitasi segala kebutuhan selama di Pulau Pisang, Pesisir Barat. Tak ketinggalan partisipasi mas Anton selaku Founder dari Skygrapher dan mas Zul yang sudi datang langsung dari Jakarta secara ikhlas untuk bantu dokumentasi melalui pesawat drone dalam project IMKOBAL Explore.

Perjalanan Bandar Lampung ke Liwa di mulai pada Kamis siang usai menjemput Mas Anton dan mas Zul di Pelabuhan Bakauheni – Lampung Selatan di pagi hari. Rute tempuh Bandar Lampung – Liwa tergolong lancar tanpa kendala berarti dengan dukungan kendaraan roda empat dari Satria Rent Car. Selama perjalanan kami sempat singgah di bundaran Tugu Payan Mas – Kotabumi dan Rest Area Sumber Jaya – Lampung Barat sembari melaksanakan waktu Maghrib berjamaah.

Tandang langsung ke puncak Bukit Kabut Bawang Bakung Geredai adalah aktivitas perdana di Liwa. Selanjutnya menikmati waktu pagi di kawasan pekon Balak – Kepaksian Pernong hingga lembah Batu Brak sebelum akhirnya menuju pekon Hujung dengan pesona rumah panggung berusia lebih dari 350 tahun lengka dengan bentangan kebun Kopi.
Segala hal menarik hingga keceriaan selama eksplorasi di Liwa kelak akan saya tuturkan dalam judul kisah tersendiri. Begitu banyak keindahan yang tertangka mata batin hingga perlu saya bagikan secara khusus. Terlebih berkesempatan tandang ke kawasan Danau Ranau dalam bentang Lampung Barat dan kawasan OKU Selatan – Sumatera Selatan. Komplit!!.

Kesempatan tandang langsung ke Pulau Pisang melengkapi kebahagiaan. IMKOBAL EXPLORE semakin lengkap dengan keindahan bentangan pantai berpasir halus dan gradasi warna biru toska air laut yang memukau. Kisah eksplorasi Pulau Pisang pun akan saya uraikan secara terpisah. Tungguin yaaa..hehehe…

Untuk gelaran perdana IMKOBAL EXPLORE yang tergolong sukses berat, patutlah saya mewakili keluarga besar IMKOBAL mengucapkan terima kasih atas kebaikan beragam pihak yang telah mendukung kesuksesan dan lancarnya segala rangkaian dalam program IMKOBAL EXPLORE. Terima Kasih pada Ketua Umum BPC HIPMI PESISIR BARAT – Ketum Bob Brian atas kebaikannya memberi beragam fasilitas pendukung selama IMKOBAL di Pulau Pisang. Terima kasih pada mas Anton dan mas Zul dari SkyGrapher perkenan mengabadikan beragam moment melalui pesawat drone. Lalu pada Surya Maxima Photograhy yang menjadi penting dalam mengabadikan segala rangkaian dalam IMKOBAL Explore. Terima kasih pada Satria Rent Car atas bantuan kendaraan roda empatnya yang sangat membantu. Terima kasih pada serangkaian brand makanan yang bersedia membantu rangkaian ini ; Kripik Shinta, Cobana.id, Krebi.id, Cireng  Gambreng. Terima kasih juga pada CikwoCoffee & Resto Liwa yang telah menyambut hangat kedatangan Muli Mekhanai termasuk kehadiran MuliMekhanai Lampung Barat yang melengkapi silaturahmi. Terima kasih pula pada bang Eka yang berkenan mendampingi kala pagi di Bukit Bawang Bakung hingga ke pekon Hujung. Terima kasih juga buat 2 sosok Mekhanai Lampung Barat yang berkenan mendampingi IMKOBAL ; Rizky Pratama dan Ridho yang juga turut serta ke Pulau Pisang. Terima kasih pada Bobbi yang begitu baik menemani selama IMKOBAL di Pulau Pisang. Juga RizwanTorip - perwakilan dari BPC HIPMI PESISIR BARAT.


Terima kasih pada jajaran Muli Mekhanai Kota Bandar Lampung yang berkenan aktif mewujudkan program ini. Kesediaan kalian terlibat dalam gelaran IMKOBAL Explore adalah bukti nyata Duta Wisata Daerah yang berkomitmen  untuk memperkenalkan segala potensi lokal dengan tandang langsung. Bukan sekedar Repost unggahan pihak lain. From Local to Global hendaknya menjadi kesadaran bersama untuk terus menerus mencintai produk lokal dengan menyebarluaskan informasi hingga menjadi pengguna beragam produk lokal tersebut.  Program ini tentu akan terus berlanjut. Karena kesediaan promosi hendaknya disertai dengan kesediaan terjun langsung bukan sekedar tahu dari buku atau kisah pihak lain. Everyone is Tourism Ambassador. Terlebih bila kalian yang terlibat dalam ajang pemilihan Duta Wisata/Muli Mekhanai. Jangan sampai keinginan mempromosikan potensi seni budaya dan pariwisata hanya terungkap dalam janji-janji manis saat ajang pemilihan berlangsung.

2 komentar :

  1. Precious story of our first project! Whats next...

    BalasHapus
  2. Perjalanan yg menyenangkan.. selanjutnya eksplore spot lain di Lampung.

    BalasHapus

Scroll To Top