Dunia Inspirasi Penuh Warna by Indra Pradya

Selasa, 09 Desember 2014

TIPS MENJADI PENYANYI KAWINAN

Bersiap Menjadi Penyanyi Kawinan - ready rockin' stage!


Sesungguhnya, sebelum berani Memandu Acara dan penyuka Pelesiran, saya - Indra Pradya dulunya adalah seorang Penyanyi Kawinan dari panggung ke panggung di Desa Tulung Buyut - Lampung Utara. Bergabung bersama Orkes Dangdut Kampung memberi pelajaran langsung pada saya bagaimana menghadapi audience, meski kala itu masih SMP.

Ketika liburan saya kerap main ke Bandar Lampung. Di Bandar Lampung lah saya melihat dan tahu banyak bahwa musik tak hanya Dangdut atau Pop seperti yang saya kenal di Kampung, ternyata ada pula R&B, HipHop, Rap, Jazz dan sebagainya. Berbekal ingin belajar banyak hal akhirnya saya memutuskan SMA harus di Bandar Lampung. Dan sejak di Bandar Lampung lah saya kemudian masuk dalam fase bernyanyi yang menurut saya lebih 'kejam' dari suasana di Kampung dulu.

Partner Menyanyi di Resepsi Pernikahan

Me And Cahaya Kemilau Jazz Band oN Wedding Event 
Penyanyi Kawinan Gedung bersama mini Orkestra

Penyanyi Kawinan "Blandongan• di Perumahan dengan Orgen Tunggal


PENYANYI KAWINAN BUKAN SEKEDAR PELENGKAP.

Menjadi Penyanyi Kawinan adalah profesi yang saya geluti sejak SMA hingga kini. Dari Job "Blandongan" di perumahan hingga Gedung megah dalam konsep resepsi yang lebih tertata.
Dari iringan Organ Tunggal, Band Akustik, Full Band hingga Orkestra, semua telah saya rasa.

Bernyanyi di resepsi pernikahan - menjadi Wedding Singer adalah salah satu dari penunjang sukses nya gelaran resepsi. Karena musik yang di hadirkan dapat menghidupkan suasana. Itulah sebabnya Penyanyi Kawinan berperan penting untuk menunjang indahnya gelaran sebuah resepsi pernikahan selain pemandu acara dan unsur lainnya.

Upayakan ada sesi latihan dengan Orgen tunggal atau band yang akan menjadi Team pengiring kamu bernyanyi. Pastikan pula kamu benar benar paham dengan lagu lagu yang akan di bawakan. Akan lebih baik lagi jika pemilik acara atau pengantin punya Song List yang kelak harus di bawakan di acara resepsi pernikahan. Song list dari pengantin memudahkan Kamu dalam mengemas tampilan dalam item lagu per lagu. 

Akan lebih berkesan lagi jika sebagai penyanyi mampu membawakan lagu lagu dalam resepsi pernikahan dengan penghayatan yang tepat sesuai lagu. Karena Penyanyi Kawinan yang baik adalah yang bisa membuat audience memalingkan wajah untuk melihat ke arahnya di tengah antusias menikmati hidangan makanan lezat.





CHARMING

Seberat apapun masalah mu di rumah, jangan pernah bawa dalam lingkup dunia kerja. Begitupun dengan profesi Penyanyi Kawinan. Haram hukumnya hadir di resepsi yang bahagia dengan wajah cemberut hanya karena sedang ada trouble dengan pacar atau pasangan di rumah. Apapun yang terjadi tunjukkan antusias kamu sebagai penyanyi kawinan dengan senyum. Terutama saat ada pengunjung resepsi atau tuan rumah yang ingin di arahkan menyanyi. Ingat, jika kamu menghargai profesi mu, itu adalah indikasi kamu akan bertahan lama di Profesi yang kamu geluti itu.

KEEP RIGHT TONE.

Jika seorang penyanyi menyadari dirinya adalah salah satu bagian penting dari gelaran resepsi pernikahan maka penyanyi akan benar benar memberikan intepretasi yang tepat terhadap lagu yang ia bawakan.  Untuk mendapat perhatian dari audience jangan pernah remehkan starting Point dalam setiap lagu. Mulailah dengan bidikan nada yang pas dan akurat. Itulah mengapa saya selalu tegaskan, ketika jadi MC - jika salah sebut bisa di ralat saat itu juga, tapi saat jadi Penyanyi - jika fals, kamu tidak bisa meminta pemusik memulai dari awal untuk memperbaiki kesalahan bernyanyi!.

CEK TAMPILAN.

Harus di sadari bahwa jika seseorang berani mengemban sebuah pekerjaan menjadi penyanyi kawinan mohon untuk total dalam bekerja. Meski Job menyanyi  bukan di gedung megah dan hanya di perumahan, bukan berarti kamu bisa tampil ala kadarnya. 
Suara dalam bernyanyi memang hal utama tapi bukan berarti penampilan jadi tak di indah kan. Jangan pernah datang ke gedung resepsi pernikahan dengan tujuan menyanyi dalam keadaan rambut basah habis keramas (wanita) tampil kucel tanpa minyak rambut (pria) atau berbusana layaknya hendak ke Mall - cukup jeans dan t-Shirt polos tanpa hiasan apapun.! - kecuali jika itu dress code. Jangan pula jadi too much dalam penampilan sehingga menyusahkan diri sendiri dalam bergerak atau malah lebih heboh dari pengantin nya. Ingat, bagi seseorang yang mengaku berprofesi sebagai pekerja panggung harus memahami ; ada busana untuk cari uang, ada pula busana untuk menikmati uang. Harus di bedakan. Sebagai seorang pekerja panggung - Koleksi Kostum Pribadi adalah investasi jangka panjang dan merupakan modal kerja, seperti petani dengan alat alat bertani nya sebagai modal bekerja. Begitupun penyanyi kawinan. Syukur jika bisa menyisihkan honor menyanyi untuk buat kostum sendiri agar tak selalu meminjam gratisan atau berbusana itu itu saja setiap acara. Akan lebih baik lagi jika punya microphone sendiri - untuk Point ini pastikan pula membeli microphone yang benar dan sesuai serta termasuk menyiapkan Sound men pribadi yang tahu tipikal suara kamu.

MOMENT CINTA.

Karena Resepsi Pernikahan adalah sebuah perayaan untuk mengarungi hidup baru, mohon jangan pernah nyanyikan lagu Sedih bertema putus cinta atau selingkuh.!
Saya kerap melihat penyanyi kawinan membawakan lagi lagu sedih seperti : I'm Sorry good by -Krisdayanti, Bunga Terakhir - Bebby Romeo atau lagu Sadis - Afgan. HELLOO..... Alangkah banyaknya lagu bertema cinta di dunia ini kenapa harus bawakan lagu lagu sedih begitu.? Bisa jadi penyanyi hanya sekedar menyanyi tanpa punya maksud menaikkan level kemampuannya dalam menyesuaikan diri. Kecuali jika pengunjung / para undangan resepsi ada yang ingin bernyanyi sedih silakan saja, bisa jadi yang duduk di pelaminan adalah mantan pacar nya. Eeaaa....

Nah bagi kamu yang punya suara bagus dan berani tampil tak ada salahnya mengasah kemampuan secara langsung oN stage dengan jadi Penyanyi Kawinan. Ingat, Hobby yang di bayar itu suatu pekerjaan terbaik di dunia ini. Selain itu menghibur yang punya acara dan para undangan di resepsi pernikahan dapat membuat bahagia semua pihak, dan membahagiakan orang adalah ibadah.

1 komentar :

Scroll To Top