Dunia Inspirasi Penuh Warna by Indra Pradya

Minggu, 21 Desember 2014

TIPS TRIP KE PULAU PISANG - LAMPUNG

View dermaga Pulau Pisang. Photo By @masteguh 

Bagi kamu yang berkunjung ke Lampung, punya waktu trip yang banyak dan ingin ke sebuah pulau dengan pantai landai bak Surgawi bernama Pulau Pisang - Pesisir Barat - Lampung, berikut TIPS buat kamu yang ingin bertandang ke sana.

Salah satu sudut Pulau Pisang 


1. Jika kamu bawa kendaraan sendiri pastikan dalam kondisi baik. Cek kondisi kendaraan di bengkel sebelum berangkat adalah hal bijak karena kendaraan yang di pakai akan menempuh perjalanan jauh; 6 jam dengan rute jalan yang tak seluruhnya mulus. Jangan lupa isi bahan bakar Full tank karena jangan sampai habis bahan bakar saat melintasi areal hutan bukit barisan selatan.

2. Buat yang naik kendaraan umum, tersedia BIs atau Travel dari Bandar Lampung ke Krui - Pesisir Barat dengan tarif 100.000. 

3. Persiapkan kondisi kesehatan karena kamu akan melakukan perjalanan cukup jauh.

4. Untuk menyeberang ke Pulau Pisang kamu baiknya melalui Dermaga Tembakak, karena relatif dekat dengan waktu tempuh berlayar ke pulau pisang hanya 20 menit.

5. Jadwal penyeberangan dari dermaga Tembakak ke Pulau Pisang ada 2 kali ; jam 7-9 pagi dan jam 2-3 sore. Selebihnya kamu harus sewa kapal sendiri.

6. Tarif naik kapal sesuai jadwal kapal sama dengan tarif penumpang pada umumnya, 15.000 per orang dan sewa kapal 500.000 (Pulang-Pergi).

7. Jenis kapal yang akan kamu naiki dari dermaga Tembakak ke Pulau Pisang adalah kapal kayu nelayan berukuran sedang dengan mesin disel bermuatan 10 orang. 

8. Ada banyak penginapan di Pulau Pisang, mulai dari rumah wisma dengan harga 350.000 per malam plus breakfast tanpa batas isi penghuni dengan space ruang tamu, 2 kamar tidur tanpa kamar mandi dalam, dapur, 1 kamar mandi dan sebuah sumur dan halaman belakang yang lega, sampai penginapan jenis Home stay rumah warga dengan harga mulai 100.000/malam.

9. Ada pula jasa penyedia makanan buat lunch dan dinner dari warga setempat dengan tarif mulai 15.000/orang/sekali makan. Jangan lewatkan kesempatan menikmati ragam menu khas masyarakat Pulau Pisang seperti : Gulai Taboh Ikan, Sayur Bening Daun Kelor dan Serabi Khas Pulau Pisang

10. Karena kawasan Pulau Pisang tidak luas maka ada baiknya coba berkeliling Pulau Pisang dengan menyewa Motor warga dengan harga 50.000/motor dengan waktu sewa bisa sepanjang hari.

11. Jangan lupa mengunjungi banyak peninggalan sejarah dan bangunan bangunan sepi tak berpenghuni dengan tipikal bangunan tempo dulu yang unik. 

12. Semua penduduk di Pulau Pisang pada umumnya suku Lampung Pesisir dengan berbahasa Lampung sebagai bahasa sehari hari tapi jangan khawatir mereka juga bisa berbahasa Indonesia jika pengunjung tak paham bahasa lampung pesisir. 

13. Jangan sungkan buat bertanya pada warga setempat jika kamu ingin tahu ragam object menarik di dalam kawasan Pulau Pisang.

14. Bersiap kesulitan signal selama di Pulau Pisang tapi di saat tertentu signal akan mudah di dapat jika kamu berkenan ke bibir pantai di Pulau Pisang.

15. Buat yang gak mau mati Gadget persiapkan power bank karena aliran listrik di Pulau Pisang hanya ada aliran Getset. Listrik hanya ada dari jam 6 sore hingga 12 malam.

16. Sekedar saran, sesaat jauhkan HP dan nikmati suasana di Pulau Pisang karena moment indah di sekeping sorga yang terletak di Pesisir Barat Lampung tak kan datang dua kali. There's always different Stories oN different moment.

12 komentar :

  1. Tips yg sangat berguna buat modal ke Pulau Pisang :)

    BalasHapus
  2. Mas danan ayoooo atur jadwal Nanti aku temani

    BalasHapus
  3. Cateeeeet.... dan harus kesana.

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Alhamdulillah saya udah pernah berkunjung kesana om.
    Mantabb sekali panorama indah yg diberikan di pulau pisang

    BalasHapus
  6. infonya bermanfaat sekali mas indra,,,, sy berencana untuk kesana pertengahan agustus nanti. ada contact person untuk penginapan g mas? makasih...... :)

    BalasHapus
  7. Ada nmor tlpon yg bisa dihubungin gak gan untuk sewa penginapannya?

    BalasHapus
  8. halo mas indra..
    boleh minta contact person buat guide penduduk asli pualu pisangnya tidak ?/
    karna ada banyak yang ingin saya tanyakan
    terimakaish

    BalasHapus
  9. matursuwun nerima juga sudah berkunjung ke pulau tempat kelahiran. Insha Allah berkah...
    nitrahafas@gmail.com

    BalasHapus

Scroll To Top