Dunia Inspirasi Penuh Warna by Indra Pradya

Senin, 05 Januari 2015

CITY TOUR DI BANDAR LAMPUNG SEHARI PENUH.

Iconic - Gapura selamat datang Kota Bandar Lampung




Bandar Lampung – merupakan salah satu Kota yang ada dalam provinsi Lampung dengan luas wilayah 197,22 km2 ini ternyata dapat di explorasi keindahan wisata nya hanya dalam satu hari penuh!.  Bagi pendatang luar kota pun bisa datang dan meninggalkan Bandar Lampung tanpa perlu bermalam!.  Tak Percaya ?, simak ulasan berikut.

Estimasi kegiatan dimulai sejak pagi hari baik bagi warga Bandar Lampung maupun pengunjung dari luar kota Bandar Lampung.

Bagi Pengunjung Luar Kota Bandar Lampung dapat mengakses Bandar Lampung via penerbangan Pagi jam 05.30 atau fligh 06.00 via Jakarta, dengan jarak tempuh Bandara ke pusat kota Bandar Lampung 45 menit atau bisa pula di akses jalur darat dengan Bis Damri di stasiun Gambir atau Bis Bis umum lainnya yang berangkat malam dan tiba di Stasiun Tanjung Karang – Bandar Lampung pada pagi hari.


Pasar Seni tampak depan


Kegiatan Pagi – bagi pendatang dapat di awali dengan sarapan. Sarapan pagi yang khas di Bandar Lampung tersedia di pinggir Lapangan Enggal – Saburai. Selain sebagai sarana jogging track di lokasi tersebut juga menjajakan banyak panganan sarapan pagi, mulai dari kue kue hingga bubur ayam, nasi uduk, dan lontong sayur. Dan yang lebih menarik, setelah menikmati sarapan, wisatawan dapat dengan mudah mengunjungi Pasar Seni yang juga terletak tak jauh dari Lapangan Enggal – Bandar Lampung.

Bundaran Tugu Adipura / Tugu Gajah




Setelah Sarapan Pagi dan mengunjungi Pasar Seni, wisatawan dapat memulai kunjungan menyusuri bagian pesisir Kota Bandar Lampung dengan kendaraan pribadi, angkutan umum atau pun Ojek, melewati ragam spot seperti ; Komplek Pemerintah Daerah Kota Bandar Lampung yang berseberangan dengan Masjid Raya Al Furqan. Dilanjutkan dengan menyusuri jalan Diponegoro hingga ke Teluk Betung menyaksikan rekam jejak Letusan Gunung Krakatau yang dahsyat di Taman Dipangga yang memajang Mercusuar yang merupakan dampak dari hebatnya letusan Gunung Krakatau. 

Mercusuar di Taman Dipangga - bukti dahsyatnya Letusan Gunung Krakatau


Bundaran Kompleks Pemda Kota - alun alun Masjid Raya AL Furqan



Setelah mengabadikan Taman Dipangga yang mengandung sejarah, pengunjung dapat mendatangi Pulau Pasaran di Teluk Betung Timur. Pulau Pasaran yang dijadikan sebagai  titik Nol Destinasi Pariwisata Kota Bandar Lampung oleh Pemerintah Daerah Kota Bandar Lampung ini dapat di akses dengan menyeberang menggunakan kapal kecil seharga Rp.3.000,- atau melalui jembatan yang telah rampung di bangun yang menghubungkan daratan Teluk Betung Timur langsung ke Pulau Pasaran. Di Pulau yang luasnya 14 hektare ini mengetengahkan aktivitas warga Pulau yang sebagian besar berprofesi sebagai nelayan dengan aktivitas pengolahan ikan sebagai home industrinya. Pengunjung bisa dengan mudah bercengkrama dengan warga warga setempat, melihat secara dekat aktivitas pengolahan ikan laut hingga menikmati keindahan landscape Pulau Pasaran yang berupa wilayah terpisah dari daratan Teluk Betung Timur.

Setelah menyusuri Pulau Pasaran, Pengunjung dapat melanjutkan eksplorasi objek wisata di wilayak Bandar Lampung dengan dua Opsi. 

Opsi pertama adalah wisata Bahari dan Opsi kedua adalah Wisata Alam / Agro Wisata.



Pesisir Teluk Lampung

Kapal - Kapal  Nelayan di Pulau Pasaran


OPSI WISATA BAHARI



Setelah dari Pulau Pasaran, pengunjung dapat lagsung menyusuri rute jalan R.E Martadinata menuju beberapa wisata Pantai. Secara teritoris, wisata Pantai yang masuk dalam kawasan Bandar Lampung adalah Pantai Puri Gading dengan ada kawasan perumahan, Pantai Tirtayasa dan Pantai Duta Wisata, yang kesemuanya terletak bersebelahan dengan jalur tempuh satu arah. Selain itu di sarankan pula pengunjung mendatangi Pantai Mutun yang merupakan bagian wilayah kabupaten Pesawaran dengan melakukan penyeberangan ke Pulau Tangkil yang sebagain masuk wilayah Bandar Lampung dan sebagain lagi masuk wilayah kabupaten Pesawaran dengan menggunakan Perahu kecil komersil seharga 15.000/per-orang. Pulau Tangkil dengan pasir yang halus dan fasilitas memadai akan memanjakan pengunjung termasuk keindahan terumbu karang yang dapat di nikmati dengan ber-Snorkeling. 

Sejak siang, dan makan siang di Pulau Tangkil hingga sore menikmati pesona Wisata Bahari di kawasan Bandar Lampung maupun perbatasan, pengunjung dapat melanjutkan kegiatan dengan membeli oleh oleh khas Lampung yang terjaja apik di kawasan Teluk Betung. Sepanjang kawasan jalan Ikan Kakap Teluk Betung itu banyak toko toko oleh oleh panganan khas lampung mulai dari manisan, kerupuk, keripik hingga makanan kemasan lainnya termasuk toko toko yang menjajakan souvenir dan kaos kaos khas Lampung.

Setelah membeli oleh oleh khas Lampung, pengunjung masih punya waktu untuk menikmati pesisir teluk lampung dengan mengunjungi rencana wisata Water Front City – Gunung Kunyit di kawasan Teluk Betung Selatan yang waktu akses 30 menit dari pusat oleh oleh Yen Yen. Jelang Senja, jangan lupakan untuk menikmati hidangan khas makan malam berupa Pindang Ikan Baung khas Pindang Riu di jalan DR. Susilo yang letaknya tak jauh dari Hotel Novotel Lampung.

Beranjak Maghrib, wisatawan dapat menunaikan Ibadah Shalat Maghrib di masjid Al Furqan dan menikmati sejenak suasana malam di areal komplek Pemda Kota Bandar Lampung termasuk Bundaran Tugu Adipura atau yang akrab di sebut Bundaran tugu Gajah sebelum Wisatawan melanjutkan penerbangan dengan flight terakhir dari Bandara Radin Intan ke Jakarta atau bersiap menggunakan Bis Damri dari Stasiun Kereta Api Tanjung Karang.


View Sebagian Kota dan Pesisir Teluk Lampung dari puncak Batu Putu

View sebagian Teluk Betung dari puncak Batu Putu


OPSI WISATA ALAM / AGRO WISATA




Setelah menikmati keunikan Pulau Pasaran, hingga sekitar pukul 10 pagi, wisatawan dapat langsung menyusuri wisata alam Batu Putu melalui kawasan perumahan Citra Garden – Teluk Betung Barat. Dengan kontur jalan menanjak ke perbukitan, pengunjung dapat dengan mudah melihat hamparan pesisir teluk lampung dan sebagian wilayah kota Bandar Lampung.  Wisatawan akan melewati beragam objek wisata alam menarik di kawasan Batu Putu, dengan pilihan mulai dari Wisata Alam Wira Garden dengan fasilitas outbound dan penginapan yang lengkap, Kebun Binatang Taman Bumi Kedaton dengan fasilitas Water Boom nya. Wisatawan juga dapat menghirup udara segar dari puncak Batu Putu dan pesona air terjunnya hingga mengunjungi kawasan wisata alam nan unik sekaligus konservasi kupu kupu terbesar bernama Taman Kupu Kupu Gita Persada hingga sore hari.

Puas berwisata alam hingga sore, wisatawan dapat  pula mendatangi Pusat pembuatan Batik Lampung dan souvenir khas Lampung di Gabovira – Kemiling, lalu mencari oleh oleh khas Lampung berupa aneka macam dan rasa keripik yang tersaji pada kawasan Industri Keripik jalan P.U. Tak lupa sebelum malam Pengunjung dapat mengabadikan moment pada Icon baru kota Bandar Lampung berupa tugu selamat datang dan tulisan membentang cantik ‘Bandar Lampung City’ di kawasan Rajabasa sebelum menuju Bandara untuk flight terakhir atau menaiki bis Damri  rute Lampung – Jakarta pada pukul 22.00 WIB.

Nah demikian Opsi Wisata Bahari atau pun Wisata Alam (Agro Wisata) yang dapat wisatawan nikmati jika memiliki kunjungan wisata satu hari full. Akan lebih baik lagi jika kunjungan dapat dilakukan 2 – 3 hari atau lebih. Untuk menikmati seluruh ragam bentuk tujuan wisata yang ada di Bandar Lampung dan kawasan terdekat dari Bandar Lampung. Dari dua Opsi yang saya tawarkan diatas belum  termasuk mengunjungi Museum Lampung yang juga terletak di Kota Bandar Lampung, mengunjungi Taman Hutan Kera, mendatangi Pusat kerajinan Tapis dan Sulam Usus yang banyak tersedia di Lampung, mengunjungi Pasar Tradisional – pasar Bambu Kuning dengan pilihan aneka-ragam oleh oleh dan kain khas Lampung belum juga termasuk berpetualang ke Air Terjun Batu Putuk secara khusus dan keindahan Gunung Betung plus beragam spot Bandar Lampung View Point lengkap dengan bermacam kuliner khas Lampung.


17 komentar :

  1. Kenapa ini pos berantakan hahaha..
    Tapi Lampung emang yahud untuk ditelusuri. Selalu bikin kangen

    BalasHapus
  2. Ia Mba tetiba postingannya acak acakan mungkin krna di buat dengan format di HP yang gak bener besok di perbaiki di PC Kantor deh hehehehhehe

    BalasHapus
  3. Ntr pengen nyoba ah city tour, belum pernah soalnya..hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. AYO Mba Mel monggo pas di Lampung yaaa

      Hapus
  4. yang pengen ke pulau pasaran

    BalasHapus
  5. di Lampung angkotnya gampang gak kak?
    bisa menjangkau tempat-tempat wisata kah? pengen banget keliling Lampung trus makan bakso sony tentunya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. khusus yang aku publish tidak di anjurkan pakai angkot karena ada beberapa spot yang tidak di lalui angkot, itulah sebabnya aku tuliskan pakai kendaraan pribadi atau ojek.

      Hapus
  6. Ada paket one day tur ke pahawang gak?
    Berapa harganya?
    Mulai trip dari lampung

    BalasHapus
    Balasan
    1. mulai trip dari lampung harganya kisaran 180rb sampai 200rb, itu sudah eksplor pahawang dan lima pulau kecil di sekitarnya, snorkeling, dll

      Hapus
  7. Kalo mau one day tour harus kontak kemana? Ini kontak saya bisa via wa 081910235851

    BalasHapus
  8. Beya per orang berapa, ada minmal jumlah orang?
    Mulai jam berapa dan selesai jam berapa?

    BalasHapus
  9. Beya per orang berapa? Ada jumlah minimal orang?
    Mulai jam berapa dan selesai jam berapa?

    BalasHapus
  10. Coba buat paketnya, mis Paket A, rute kemana saja dan tarif sekian. Paket B, rute dan tarif. Kami minat. Tks

    BalasHapus
  11. Coba buat paketnya, mis Paket A, rute kemana saja dan tarif sekian. Paket B, rute dan tarif. Kami minat. Tks

    BalasHapus

Scroll To Top