Dunia Inspirasi Penuh Warna by Indra Pradya

Rabu, 04 Februari 2015

RAGAM BATIK KHAS LAMPUNG DI SIGER RUMAH BATIK




beberapa batik tulis yang di jajakan di show room Batik Siger


Siapa yang tak mengenal Batik ?
Setiap bagian provinsi di negeri ini memiliki batik khas yang menarik untuk disimak.
Tak terkecuali Batik Siger – Lampung. 
 Batik Siger adalah nama brand dari sebuah produksi Siger Rumah Batik  yang berada di kawasan Kemiling – Bandar Lampung. Seolah melengkapi kehadiran  show room dan produksi batik khas Lampung di Bandar Lampung.  Siger Rumah Batik  hadir dengan keunikan tersendiri. Selain memproduksi motif motif khas Lampung, Siger Rumah Batik juga menjadi sentra pembuatan secara langsung. Jika di beberapa usaha batik di Bandar Lampung melakukan usaha produksi di beberapa daerah di pulau Jawa, lain halnya dengan Siger Rumah Batik.  Mulai dari proses menggambar, men-canting, hingga proses akhir dari runutan panjang penciptaan sebidang kain batik yang menarik, semua di lakukan di sebuah rumah di tengah kawasan perumahan di kecamatan Kemiling – Bandar Lampung.




Pada umumya, batik batik khas Lampung dapat dengan mudah di jumpai di beberapa kawasan penjaja kain batik di Bandar Lampung. Dari jajaran toko toko khas batik Lampung di Tanjung Karang hingga banyaknya gerai batik di Pasar Bambu Kuning – Bandar Lampung.
Motif motif Batik Lampung pun beragam mulai dari simbol siger lampung atau mahkota pengantin pepadun maupun sai batin hingga  aneka ragam flora fauna khas mulai dari ragam bunga bunga dan tumbuhan kekayaan alam Lampung hingga aneka hewan hewan dari mulai kekayaan hasil laut hingga gajah yang dikenal sebagai hewan ikonik provinsi Lampung.

Secara khusus, batik batik yang di produksi oleh Siger Rumah Batik lebih spesifik pada produksi batik tulis dan cap, tetapi tidak menutup kemungkinan jika ada pesanan batik printing. Secara harga memang batik tulis ataupun cap lebih mahal ketimbang harga batik printing. Karena proses panjang yang di hasilkan dari pembuatan batik tulis tersebut. Tetapi tentu ada harga ada rupa, batik tulis akan sangat berbeda dalam hal kualitas dan kenyamanan dalam pemakaiannya.
Meski daya beli masyarakat pada batik tulis terbatas. Tak lantas menghentikan kreatifitas Ibu Laila Al Khusna – selaku general manager dari Siger Rumah Batik. Ada banyak kreatifitas dalam pencampuran warna maupun motif. Adapula  batik Soga, lasem, jumputan,  dengan sentuhan ornamen lampung, atau hasil karya batik dari pewarnaan alami.

batik tulis motif lampung karya Mama una batik siger lampung


Bagi yang ingin mendapatkan koleksi batik tulis khas Lampung dengan kualitas tinggi dan motif yang unik nan menarik, tak ada salahnya mengunjungi Siger Rumah Batik di jalan Bayam No.38 Beringin Raya – Kemiling – Bandar Lampung, dengan menghubungi nomor telpon 0721 272740

11 komentar :

  1. Ooom, tambahin dong, kisaran harganya berapaan di siger batik ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena bAtik Tulis tentu harganya lebih mahal ketimbang Printing... paling murah 200ribu paling mahal 750 ribu heheheh

      Hapus
  2. Cantikr2nyo batik Lampung. Kemarin lihat di IKEA motif batik Lampung menonjolkan badik perahu..

    BalasHapus
  3. Cantikr2nyo batik Lampung. Kemarin lihat di IKEA motif batik Lampung menonjolkan badik perahu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar mba Evi..motif perahu itu biasanya pengaruh masyarakat Pesisir/Saibatin yang memang dekat dengan lautan dan perahu perahu nelayan jadi inspirasi mereka ....

      Hapus
  4. Modelnya blouse or kemeja tak ada yo ?

    BalasHapus
  5. Balasan
    1. tentu bisa sekali. silakan hubungi nomor tlp yang tercantum di artikel hehehehe

      Hapus
  6. Ada website yg bsa dikunjungi..

    BalasHapus

Scroll To Top