Dunia Inspirasi Penuh Warna by Indra Pradya

Kamis, 23 April 2015

WISATA EDUKASI DI HORTI PARK LAMPUNG



ragam pembibitan tanaman buah di kawasan Horti Park



Kampanye cinta lingkungan kini sedang marak di banyak pihak, baik personal maupun institusi. Karena lingkungan yang hijau akan menjadikan keberlangsungan kehidupan yang jauh lebih baik. Lingkungan yang hijau dan asri juga dapat tercipta melalui kegiatan tanam yang bukan hanya dilakukan oleh lingkungan pertanian tetapi juga pemanfaatan lahan semaksimal mungkin. 


Adalah hortikultura yang merupakan salah satu metode budidaya pertanian modern yang saat ini sedang marak diterapkan. Bidang kerja dari hortikultura meliputi pembenihan, pembibitan, kultur jaringan, produksi tanaman, hama dan penyakit, panen, pengemasan dan distribusi. Berkenaan dengan hal hal kompleks tersebut tak salah jika Taman Hortikultura di provinsi Lampung  yang berada di desa Sabah Balau, Kecamatan Tanjung Bintang – Lampung Selatan menjadi bagian penting dari upaya segenap pihak dalam memaksimalkan lingkungan dalam konsep holtikultura secara utuh.

kawasan tanaman buah di Horti Park

Rumah Semai bibit dan Anggrek
 
Tempat Pengolahan Pupuk Organik.

Beruntung, akses menuju Horti Park di desa Sabah Balau dari pusat kota Bandar Lampung tidak begitu jauh. Cukup menempuh waktu 35 menit, kearah padang Golf – Sukarame – Bandar Lampung, kita akan dengan mudah menemukan kawasan Horti Park setelah melalui jalan beraspal di kawasan rencana Kota Baru - Lampung. 

 Pagi itu,  dalam kunjungan saya bersama Finalis Muli Mekhanai Bandar Lampung 2015 dan rekan rekan @BandarLampungBerkebun, saya bertemu pak Rizal – selaku penjaga kebun, dengan ramah beliau menjelaskan bahwa peresmian Taman Hortikultura (Horti Park) bersamaan dengan gedung PKK  yang berlangsung pada 17 Februari 2015 ini  diharapkan  dapat menjadi percontohan taman agro praktis, pembibitan dan juga wisata keluarga. Keinginan hal tersebut bukanlah tanpa alasan, karena lahan seluas 7, 75 hektar tersebut mempunyai banyak tumbuhan berjenis buah buahan seperti pisang, mangga, durian, dan jeruk. Tak hanya itu, di kawasan yang masih asri dan jauh dari kawasan rumah penduduk itu pun terdapat banyak jenis sayur mayur, mulai dari bayam, sawi, dan kangkung. Bahkan saya juga melihat sekumpulan area tumbuhan obat obatan yang telah cukup jarang saya temui di lingkungan perkotaan, mulai dari brotowali hingga kumis kucing. Selain itu, kawasan asri ini juga di lengkapi dengan beragam tempat pengolahan, mulai dari gubuk pengolahan bibit, semai, area anggrek hingga bangunan yang di khususkan untuk pengelolaan pupuk organik bagi lahan tanam di kawasan Horti Park.  Dengan ragam tumbuhan dan penataan lahan yang menarik dengan jalan setapak yang di tata apik membuat pengunjung merasa nyaman dan betah berada di kawasan Horti Park.

Pembibitan Tanaman Anggrek

Area Tanaman Obat Keluarga

Kumis Kucing

Bagi saya mengunjungi Horti Park di kawasan Desa Sabah Balau – Lampung Selatan bagai kembali kemasa kecil yang penuh ragam tumbuhan di perkebunan kakek. Beruntung letaknya tak begitu jauh dari Bandar Lampung. Berharap lahan Horti Park kelak dapat menjadi media belajar sekaligus sarana bentang ilmu pengetahuan yang dapat di manfaatkan ragam lapisan masyarakat untuk bidang hortikultura, layaknya Taman Mekar Sari. Dan yang lebih penting, Horti Park dapat menjadi alternatif wisata berbasis lingkungan dan wawasan pertanian di bagian utara kota Bandar Lampung sehingga warga perkotaan memiliki pilihan kunjungan akhir pekan yang sekaligus mengedukasi diri selain kunjungan ke mall atau pusat hiburan khas perkotaan lainnya.

bangunan Kantor di tengah Horti Park

Tata Taman yang menarik di bagian depan Pintu Masuk Horti Park

Hoti Park Lampung

3 komentar :

  1. Wisata edukasiyg bagus. Semoga ke.depannya.makin banyak.wahana edukasi dan koleksinya biar masyarakat banyak yg tertarik datang.dan dikemas.menarik...

    BalasHapus
  2. Harus nya akses jalan di perbaiki banyak sampah jalan blukar bersemak seperti tak ada yg perduli harusnya pemda peka

    BalasHapus

Scroll To Top