Dunia Inspirasi Penuh Warna by Indra Pradya

Selasa, 29 September 2015

GULAI TABOH ; WARISAN LEZAT BUDAYA LAMPUNG.




 
lezatnya gulai taboh iwa tapa semalam khas Lampung

 Tak banyak yang tahu jika Lampung memiliki banyak menu makanan yang merupakan bagian dari warisan nenek moyang suku Lampung sejak dulu. Salah satunya adalah gulai Taboh. Sejak dulu, masyarakat lampung adalah masyarakat yang gemar menkonsumsi ikan. baik masyarakat Lampung Pepadun maupun Lampung Saibatin. Ikan yang disantappun beragam, mulai dari ikan sungai atau ikan air tawar hingga ikan laut.


Adalah Gulai Taboh, salah satu sayur pendamping yang masuk pada sajian menu utama dalam budaya santap masyarakat Lampung yang berbahan dasar menggunakan ikan.
Bagi masyarakat di luar Lampung, gulai taboh tak ubahnya seperti hidangan gulai Lodeh. Sebuah sajian sayur menggunakan santan. Tetapi yang membedakan dari Gulai Taboh khas Lampung adalah bahan baku pilihan dan bumbu yang begitu khas.
Sebagai bagian dari tradisi, Gulai Taboh di Lampung terbagi menjadi dua, pertama Gulai Taboh yang menggunakan bahan Ikan Laut dengan sayuran daun tangkil, kacang panjang dan rebung. Kedua adalah gulai taboh yang menggunakan ikan sungai dengan campuran Tuba (keluwek) dalam proses  memasaknya.
 
 dalam bahasa Lampung : Tuba (dalam bahasa nasional Keluwek)



Yang saya bahas kali ini adalah Gulai Taboh Iwa Tapa Semalam.


Sesuai namanya, Gulai Taboh Iwa Tapa Semalam menggunakan ikan sungai – Ikan Mujair yang telah melalui proses asap dalam semalam. Jadi ikan yang nantinya di santap akan terasa lembut setelah melalui proses pengasapan semalam penuh. Tahap selanjutnya adalah rangkaian bumbu yang terdiri dari jahe, sereh, lengkuas, cabai rawit, garam, kunyit dan bawang merah tanpa bawang putih, karena masyarakat Lampung tidak terlampau menyukai penggunaan bawang putih dalam proses masak memasak.

IkanMujair yang telah melalui proses pengasapan dalam semalam.
Setelah seluruh bumbu digiling halus sampailah pada tahap memasak. Pada proses ini, gulai taboh khas Lampung sama sekli tidak menggunakan minyak makan dalam proses masak. Santan yang telah mendidih diberi racikan bumbu yang telah di giling sempurna lalu sertakan beberapa buah Tuba (keluwek) dan ikan mujair yang telah di proses asap dalam semalam. Aduk hingga mendidih dan kemudian masukkan santan kental sebagai bagian akhir sebelum di hidangkan. 

Soal cita rasa, tidaklah mengecewakan. Sensasi gurihnya santan berpadu racikan bumbu pilihan bersanding lengkap dengan lembut dan renyahnya ikan mujair yang telah diasapkan dalam semalaman. Tak hanya itu, sensasi lidah akan mendecap nikmat kala tergigit Tuba (Keluwek) diantara genangan santan.

Kini, Gulai Taboh masih dapat ditemui kala ada gelaran acara adat istiadat masyarakat Lampung atau pada tradisi makan bersama yang merupakan ciri khas kekeluargaan masyarakat Lampung. Tapi bagi kamu yang ingin mencoba gulai taboh istimewa khas Lampung bisa datang ke Rumah Makan Cik Wo yang beralamat di jalan Nusa Indah – Pahoman – Bandar Lampung.

Gulai Taboh.

0 comments :

Posting Komentar

Scroll To Top