Dunia Inspirasi Penuh Warna by Indra Pradya

Selasa, 01 September 2015

MENGUNGKAP KEUNGGULAN TAMAN KUPU KUPU GITA PERSADA.

 
pintu masuk ke dalam kawasan Taman Kupu Kupu Gita Persada


Bagi kamu yang suka wisata alam dengan Kupu Kupu sebagai pesona utamanya, Taman Kupu Kupu Gita Persada adalah tujuan kunjungan yang tepat.

Berjarak tempuh 40 menit dari kota Bandar Lampung. Taman Kupu Kupu Gita Persada seolah memberi oase sejuk di tengah kawasan perkotaan Bandar Lampung. Memang, menuju kawasan Taman Kupu Kupu Gita Persada tidak tersedia angkutan umum bagai di pusat kota. Diwaktu tertentu ada bis jurusan Hanura yang melintas - itupun jangka waktu yang tidak rutin, kini pengunjung harus berupaya dengan kendaraan pribadi kearah Kebun Binatang Bumi Kedaton dan menanjak ke kawasan Eko wisata Batu Putuk. Pengunjung yang ingin menuju kawasan Taman Kupu Kupu Gita Persada juga harus siap melalui kontur jalan yang tidak semuanya mulus jika melalui kawasan Batu Putuk. Tapi jika jarak tempuh di mulai dari kecamatan Kemiling, maka kontur jalan tidaklah begitu mengalami kendala bagai rute Batu Putuk.

penangkaran Kupu Kupu

Play ground and Kids Zone

Terletak di lereng Gunung Betung - Taman Kupu Kupu Gita Persada tak hanya sebagai sarana wisata alam dengan pesona Kupu Kupu sebagai menu utama tetapi juga jadi wisata edukasi yang menarik. Bagaimana tidak, setiap pengunjung yang memasuki areal Taman Kupu Kupu akan dapat dengan leluasa belajar aneka tumbuhan, baik pepohonan hingga jenis bunga dan tanaman obat obatan sebagai daya tarik kehadiran Kupu Kupu. Selain itu pengunjung juga akan dapat belajar memahami dan melihat langsung proses dari Kupu Kupu itu sendiri, mulai dari proses ulat hingga bermetamorphosa menjadi Kupu kupu yang berwarna penuh pesona.

salah satu jenis Kupu Kupu yang berhasil di abadikan Mba Khaterine @Travelline di Taman Kupu Kupu Gita Persada
 
Walking Track di kawasan Taman Kupu Kupu Gita Persada

Tak hanya itu, kawasan yang semula jadi projek pribadi pengelola ini kini telah jadi sarana konservasi dan edukasi banyak pihak. Mulai dari anak Taman Kaak Kanak, Sekolah Dasar hingga mahasiswa perguruan tinggi dan program desertasi doktoral yang meneliti Kupu Kupu dan menjadikan Taman Kupu Kupu Gita Persada sebagai sarana belajar secara langsung.  Soal biaya masuk kawasan, pengelola tidak begitu komersil. Cukup bayar Rp.5.000/orang pengunjung dapat bebas menikmati segala fasilitas dan keunikan yang ada di Taman Kupu Kupu. Bahkan untuk kunjungan rombongan, pengunjung cukup memberi sejumlah uang yang dapat dibicarakan dengan pengelola yang kelak akan di pergunakan untuk membantu karyawan dalam pemeliharaan. 


bangunan aula yang berfungsi sebagai ruang pertemuan, resto or hangout



rumah Pohon Taman Kupu Kupu Gita Persada


Memang sekilas, aneka tumbuhan yang ada dalam kawasan seluas 12 hektar di lereng Gunung Betung ini tampak bak belukar. Tapi justru itulah sarana yang mengundang kehadiran Kupu Kupu yang kini menurut pengelola - Ibu Herawati, telah berjumlah 186 jenis Kupu Kupu yang dimiliki Taman Kupu Kupu Gita Persada.


Pemeliharan Kupu Kupu di Gita Persada juga di imbangi dengan pelestarian habitat Kupu Kupu dan alam sebagai penunjangnya, termasuk penyediaan sarana dan prasarana penunjang kehidupan Kupu Kupu itu sendiri. Itah sebabnya kini telah tersedia Play Land untuk anak anak yang berkunjung, rumah pohon yang menguji keberani pengunjung, jogging Track plus sungai yang dapat di susuri hingga camping ground yang layak di coba bagi pecinta alam. Tak berhenti di situ, pengelola melakukan pengembangan tanaman aneka tumbuhan guna memperbanyak kunjungan Kupu Kupu di kawasan Gita Persada selain pemanfaatan lahan untuk  tumbuhan yang bermanfaat bagi kehidupan termasuk pembangunan Laboratorium konservasi dan ruang pamer produk seni olahan yang kelak akan jadi pesona tersendiri bagi pengunjung. 


Bagi kamu penyuka wisata alam berbasis edukasi dan Eko wisata kawasan Taman Kupu Kupu Gita Persada dapat di masukkan dalam daftar kunjungan. Khususnya warga Bandar Lampung, daripada hanya sekedar Nge-Mall lebih bermanfaat mengenali alam dan pesona Kupu Kupu di Taman Kupu Kupu Gita Persada.


2 komentar :

  1. Video kecenya gak ikut diposting disini om? :D

    BalasHapus
  2. sabar akan di taruh di postingan berikutnya hahahahahah

    BalasHapus

Scroll To Top