Dunia Inspirasi Penuh Warna by Indra Pradya

Jumat, 27 Januari 2017

BUTUH 'VITAMIN SEA' LENGKAP?, DATANGLAH KE LAMPUNG!




Pesisir Teluk Lampung
Sebagai negara maritim, Indonesia memiliki pesona bahari yang tak kalah dengan negara lain. Setiap provinsi di Indonesia mengetengahkan pesona bahari yang berbeda-beda.  Begitupun dengan Lampung.   Sebagai provinsi paling selatan dari pulau Sumatera, Lampung menyimpan beragam jenis pesona wisata bahari yang juga tak kalah indah dan mengagumkan dari kawasan lain di Indonesia.
  Dan saya meyakini bahwa sebagain besar orang menyukai suasana pantai.  Pesona  ‘Vitamin Sea’ di provinsi Lampung  pun sungguh lengkap dengan keunikan tersendiri. Mulai dari keindahan pantai dan pesona bentangan alam hingga fungsi dari setiap pantai dan pulau yang menjadi daya tarik setiap pantai atau pulau tersebut. 

 
Pesisir Teluk Lampung - photo by Sigit Nugroho

Bila kamu ke Lampung dengan kendaraan bermotor dari Jakarta,  tentu akan merasakan sensasi mengarungi samudera selama dua jam dengan kapal  besar dari pelabuhan Merak di provinsi Banten hingga ke pelabuhan Bakauheni di Lampung bagian selatan. Menikmati suasana penyeberangan dengan kapal Ferry tentu mendatangkan sensasi tersendiri lho, terlebih jika kamu belum pernah melakukan perjalanan berlayar sebelumnya.

jalanan dan pantai landai bersanding menarik
PESONA PANTAI DAN PULAU DI GERBANG SUMATERA

Memasuki kawasan Lampung bagian selatan saja, kamu sudah bisa merasakan keindahan bentangan laut dan beberapa pantai yang menyajikan keistimewaaan tersendiri.  Coba saja bermalam di Grand Elty Krakatao – yang tak hanya menawarkan kemewahan resort tetapi juga pesona bentangan alam berpadu indahnya pantai yang landai.  Tak jauh dari Grand Elty Krakatau Resort juga terdapat beberapa pantai yang dapat di nikmati oleh masyarakat luas dengan retribusi yang terjangkau. 


Masih dalam bagian Lampung Selatan. Barisan pantai dan pulau yang memesona dapat kamu nikmati, mulai dari pulau Mengkudu dengan keasrian desa wisata Kunjir yang layak kamu datangi bila menyukai interaksi dengan masyarakat lokal.
Beberapa pantai yang indah dengan akses yang terbilang mudah dari pusat kota Kalianda  juga bisa kamu kunjungi.  Seperti pantai Sekepol, lalu ada pula  kawasan pesisir pantai Boom, atau dermaga Canti yang bisa menghubungkan kamu dengan pulau Sebuku dan pulau Sabesi dan beberapa pulau kecil lainnya yang menarik untuk di datangi selain pesona Gunung Anak Krakatau yang aksesnya tak jauh dari pulau Sebuku dan pulu Sabesi itu.



KEINDAHAN PANTAI DAN PULAU DALAM GARIS PESISIR TELUK LAMPUNG

Sebagai gerbang pulau Sumatera, Lampung menyimpan banyak keindahan pantai dan pulau dalam garis bentang  pesisir yang kerap menjadi incaran para penyuka wisata bahari. Pantai pantai cantik tetap dapat kamu nikmati ketika masuk ke Ibukota provinsi Lampung, meski beberapa nama nama pantai atau pulau tersebut bukan lagi menjadi bagian administratif kota Bandar Lampung. Mulai dari pantai Pulau Pasir, pantai pasir Putih, Pulau Condong, Pulau Tangkil, Pulau Permata, Pantai Mayapada, Pantai Kerala, Pantai Sari Ringgung, Pantai Duta Wisata, Pantai Mutun,. Hingga beberapa pulau yang menyedot banyak minat para pecinta bahari ; Pulau Pahawang Besar dan Pahawang Kecil dengan pesona alam bawah lautnya. Ada pula Pulau Balak yang dapat dijadikan sarana bermalam dengan suasana alam. Bagi yang mencari spot snorkeling dan diving, Tanjung Putus dapat jadi tujuan kamu. Selain tiu ada pula pulau pulau komersil yang juga menarik untuk kamu datangi, seperti ;  Pualu  Tangkil, Pulau Maitam, Pulau Banten, Teluk Ratai dan Pasir Timbul.

Pantai Kelagian Kecil

saya, brother Apri dan mba Iwoek

Andre Hehanusa enjoy Pahawang

saya menemani Andre Hehanusa Shooting Video Clip di Pahawang

Semua nama nama pantai dan pulau yang terurai diatas, terbilang mudah diakses dari pusat kota Bandar Lampung, meski sebagain besar masuk dalam kawasan kabupaten Pesawaran. Selain mendatangi keindahan dari setiap pulau dan pantai, pengunjung pun dapat memanjakan pandangan mata di Muncak – teropong laut yang terdapat di desa Muncak – kabupaten Pesawaran. Setidaknya kamu akan melihat gugusan pulau pulau yang terurai diatas dari ketinggian. Pesona Raja Ampat Papua KW Super!!.


view Muncak Teropong Laut - photo by Mas Teguh
BENTANGAN SAMUDERA DAN ATRAKSI LUMBA LUMBA.

Bergesar ke bagian barat dari alur pesisir Teluk Lampung, pengunjung akan menemui sensasi pantai atau pulau yang masuk dalam kawasan  kabupaten Tanggamus. Sebut saja Kiluan – sebuah kawasan yang tak hanya menyajikan bentangan pantai yang indah tetapi juga atraksi lumba lumba di laut bebas. Wild Dolphin on the Sea!. Sesuatu yang belum tentu dapat  kamu temukan dikawasan bahari lainnya.
Tak hanya itu, kabupaten Tanggamus yang juga memiliki bentangan alam yang memukau juga mengetengahkan bentangan bahari yang menjadi tujuan para penggemar wisata ‘Vitamin Sea’, seperti pesona Laguna Gayao – bagai kolam batu natural  yang terhubung langsung dengan laut lepas, pantai Karang Bebay  hingga  Pesona Gigi Hiu, Kelumbayan – yang keindahannya begitu elok,  photogenic dan instagramabel. 





kolam alami - Laguna Gayau - Teluk Kiluan

saya di Gigi Hiu yang Instagramable - photo by Oom Yopie

TUJUAN SURFING DUNIA DAN SEJUMPUT NIRWANA DI PESISIR BARAT

Terus bergerak menuju bagian barat dari provinsi Lampung,  Tepatnya pada bentangan pesisir bagian barat. Pecinta bahari lagi lagi akan dibuai oleh beberapa nama pantai dan pulau pulau dalam garis pesisir Teluk Lampung hingga bertemu dengan kawasan surfing kelas dunia yang masuk dalam kabupaten Pesisir Barat. Kawasan ini kini terus menjadi tujuan bagi para peselancar yang ingin menantang hempasan ombak yang memukau.  Tanjung Setia Surfing Area, adalah kawasan yang patut kamu datangi bila ingin merasakan langsung sensasi ombak dilaut lepas.  Lelah perjalanan selama 7 jam dari pusat kota Bandar Lampung akan terbayar tunai ketika kamu dapat melihat langsung pesona pantai di kabupaten Pesisir Barat.

Pulau Pisang Pesisir Barat

suasana pasir yang landai di Pulau Pisang


Tak hanya sebatas kawasan Surfing Area saja, kabupaten Pesisir Barat juga menyimpan kawasan sunyi nan memikat dengan kearifan lokal yang masih terjaga – yang menurut saya – belum tersentuh industrial layaknya beberapa kawasan wisata bahari kota lain di nusantara. Adalah Pulau Pisang – suatu bagian indah bak oase sejuk bersanding dengan  kekayaan alam dan garis pantai yang memukau. Bila ingin menyepi dari keramaian dan menikmati  suasana pantai nan landai dengan pasir nan halus dan suasana tentram, datanglah ke Pulau Pisang – kabupaten Pesisir Barat. Sungguh sensasi bersantai yang kelak sulit kamu lupakan!.  Bila masih kurang, pantai pantai berpasir putih dengan akses yang tak jauh dari kawasan huni warga Pesisir Barat dapat kamu nikmati, seperti pantai Mandiri, Karang Nyimbor, pantai Labuhan Jukung, atau pantai Karang di kecamatan Lemong – Pesisir Barat hingga kawasan yang berbatasan langsung dengan bagian administrative Bengkulu bagian selatan.


A photo posted by Helauni Kik Bakhong (@pesisirbarat_) on

 
vitamin sea - Pahawang kecil


pantai karang - Lemong - Pesisir Barat



Demikianlah kiranya, sajian ‘Vitamin Sea’ di provinsi Lampung yang wajib kamu lihat langsung diantara beragam potensi wisata lainnya. Bentangan alam, keunikan seni budaya dan adat istiadat menjadi pesona tersendiri yang akan kamu dapatkan kala berinteraksi dengan masyarakat provinsi Lampung.  Dengan jarak tempuh yang terbilang dekat dari Ibukota Jakarta – hanya butuh 30 menit dengan pesawat terbang, dan 8 jam berkendara dai Jakarta di Lampung, membuat Lampung layak masuk dalam daftar kunjungan wisata atau jadwal petualangan kamu.

4 komentar :

  1. Sudah lama tinggal di Lampung, aku masih aja kekurangan vitamin sea ya kak :D
    kapan kita mantai bareng?

    BalasHapus
  2. @KelilingLampung.... Bangeddd.... semakin banyak jalan semakin kurang rasanya...masih butuh eksplorasi sisi lain yang belum diketahui...pasti banyak yang masih tersembunyi...yoklah kapan kapan Vitamin Sea bareng yok....

    BalasHapus
  3. Eh itu jalanan lampung, udah semulus itu semua nya ???
    Aku pengen ke tanjung setia hehehe

    BalasHapus
  4. Saya sedang kekurangan vitamin sea. Lama nggak ke pantai tapi anak masih baby :D

    BalasHapus

Scroll To Top