Dunia Inspirasi Penuh Warna by Indra Pradya

Selasa, 14 Maret 2017

BAO LEZAT DAN RAGAM SAJIAN MEMIKAT DI ELS COFFEE LAMPUNG




Kenal Bao ?, hhhmmm…pasti agak mikir yaaa…hehehe…sama saya juga. Tapi kalo ditanya kenal Bakpao?, pasti tau dong. Nah, saya pribadi mengenal Bakpao sebagai camilan yang sejak kecil telah menjadi bagian dari jajanan sekolah atau mamang mamang yang lewat depan rumah tiap sore.  Bao dan Bakpao sebenarnya sama. Hanya berbeda penyebutan saja.  



Umumnya, disebut Baozi. Bahkan dalam keluarga Tionghua atau daftar kuliner Cina, Bao memiliki banyak sebutan, diantaranya ;  Bau, Humbow, Nunu, Bausak, Pau atau Pao. Meski memiliki penamaan beragam, rata rata Bao atau Bakpao adalah sebuah olahan roti gandum yang di isi dengan  varian rasa, mulai dari kacang kedelai, kacang merah, gula merah sampai daging. Pada umumnya pula, Bao atau bakpao lezat melalui proses dikukus atau bahkan di oven dengan tingkat kematangan yang cukup.

bentuk dan rasa selalu istimewa

Nah, di Els Coffee – tempat hangout yang tersohor dengan sajian kopi nusantara berkualitas tersebut, kini tak hanya menyajikan kopi, tetapi juga beragam sajian lezat memikat teman seruput kopi.
Bila tandang ke Els Coffee House – Teluk Betung – Bandar Lampung, jangan lupa nikmati Bao yang khas dan tak akan ada di café lain.  Namanya Mini Bao Ayam Penyet!. Nah Lho, namanya aja udah bikin mulut mendecap kan?, hehehehe. Sabar dulu. Ada baiknya saya uraikan keistimewaan dari Mini Bou Ayam Penyet ini yaa…

Kopi, Spaghetti dan Chicken Wings - paduan lezat istimewa di Els Coffee
 

Jadi, bila biasanya isi dari Bao atau Bakpau terletak di bagian dalam dari adonan tepung, maka Mini Bao di Els Coffee justru terletak di bagian luar. Tepat berada di tengah tengah dari himpitan kulit Bao yang khas dengan tekstur lembut.  Sekilas bak kulit pizza mini yangmenjepit toping nan menggoda.   Ada kulturasi rasa dari isi mini Bao Ayam Penyet Els Coffee.  Bagai pertemuan antara kulit Bao yang sangat oriental berpadu dengan bumbu dari olahan ayam penyet yang sangat nusantara.  Maklum, sang Chef cantik dan baik – Tia Riswan memang pandai mengolah khasanah citarasa nusantara dalam setiap sajian menu di Els Coffee. Untuk urusan Bao saja variannya ada banyak, mulai dari Spicy Chicken Wonton bao, Ayam Cabe Ijo Bao, Ayam Cabe Merah Bao, BBQ Chicken Bao, Curry Chicken Bao, Salted and Pepper Chicken Bao – yang semuanya di bandrol dengan harga  Rp.39.000,- (4 pcs).

Mini Bao Ayam Penyet Pedas Cabe Merah


Kreativitas dan kecintaannya Chef Tia pada dunia masak tak perlu diragukan. Saya pernah menuturkannya dalam beberapa tulisan sebelumnya.
juga ini ... Nasi Garonk Komplit

Chef Tia sang peramu sajian berkualitas di Els Coffee

Mee Mamak.!! Sensasional...!!

JAJARAN MENU LEZAT MEMIKAT

Keunggulan Mini Bao Ayam Penyet tak hanya terletak pada pemilihan bahan isian yang berkualitas, tetapi juga pada pengolahan tepung yang menjadi penentu terluar dari citarasa Bao itusendiri. Tak hanya kehadiran mini Bao Ayam Penyet yang menggoda mata sejak pertama melihatnya tersaji, penikmat rasa pasti akan terbuai ketika tumpukan lezat dari kulit dan isi Bao meleleh kala kunyahan pertama hingga meluncur di tenggorokan. Aaahhh… Lezatnya terlalu sulit untuk di deskripsikan. Ada baiknya coba langsung deh ya…

Spaghetti Balacan, Petjaaahhh!!!

Spaghetti Aglio Olio Tuna. Sungguh Istimewa.!!!
Tak hanya Mini Bao Ayam Penyet saja, di Els Coffee House yang terletak di jalan Batubara – Teluk Betung – Bandar Lampung itu juga semakin kreatif dalam menyajikan beragam pilihan menu. Tengok saja olahan kreatif bernama Spaghetti Black Ink Angel Hair With Garlic Butter Prawns – namanya panjang yaaa…tapi penjelasannya kira kira, Spaghetti fresh seafood  dengan tinta cumi yang membuat si Spaghetti berwarna hitam pekat tapi memiliki citarasa yang gurih tanpa aroma amis dari tinta cumi. Sungguh kreasi tingkat tinggi yang tersaji menjadi hidangan yang langsung membuat lapar. Kalau saya pribadi paling tergila-gila dengan Spaghetti Balacan!! – perkawinan pasta gaya eropa dengan sauce olahan khas nusantara, Balacan!!. Membayangkan pertemuan rasanya saja sudah menggugah selera, apalagi bila menyantapnya langsung…hhhmmm dijamin ketagihan!!. 

Spaghetti Black Ink Angel Hair With Garlic Butter Prawns

Pampis Angel Hair.   Spaghetti with Pampis khas Manado
 


Bila tak terbiasa menyantap kreasi masakan bernuansa western, baiknya pesan Mee Mamak. Olahan mie tek tek nan fenomenal. Pasalnya, Mee Mamak olahan chef Tia tersaji dengan bumbu yang medok dan kentalnya sedikit  sehingga menghasilkan tekstur yang basah.  Lezatnya tak terbantahkan. Ini juga langsung jadi favorite saya. Sangat recommended. Seharga Rp.49.000,- kamu dapat seporsi mee Mamak nan istimewa.

Cornflakes Crispy Chicken
Mau olahan Spaghetti yang juga berbeda, cobain deh Pampis Angel Hair. Hhmm..denger namanya berasa akan ebrhadapan dengan sosok bidadari berambut indah menjuntai yaa…tapi jangan salah.. hidangan Pampis Angel hair ini adalah sajian Spaghetti dengan taburan ikan pampis khas Manado!!. Nah penasaran kan?, ini juga patut kamu coba lho. Enak gak pake tapi.!!

Ada pula Cornflakes Crispy Chicken dengan tampilan Telur yang menggoda selera makan!. Paduan bumbu yang unik dengan perkawinan rasa nusantara dan oriental. Menggoda selera!!!.

hangout on Els Coffee City Hub jl.kartini

hangout at Els Coffee House - Teluk betung
Kalau jadwal hangout kamu di Els Coffee Cuma mau makan yang ringan ringan aja ?, jangan khawatir. Sang Chef sudah sediakan beragam pilihan, mulai dari Bakwan Classic Els Coffee yang istimewanya tiada dua, lalu ada pula  Els Chicken Sub – bagi kamu penyuka sajian semacam Sandwich sehat bertekstur lembut dengan beragam pilihan toping.  Ada pula Chicken Wings yang juga favorite camilan saya bila ke Els Coffee, plus tempe mendoan, dan two Ways Banan –sajian Pisang goreng dengan Keju dan coklat oreo  yang memiliki  keunikan citarasa.  Eits, jangan lupa juga untuk cobain juga kue kue insternasional dengan citarasa yang khas yang hanya ada di Els Coffee, seperti Creem Brule tart dengan varian Chocolate, Cheese dan Original.

Crame Brule Tart

Creme brule Tart Chocolate

mas Dana menyukai sensasi rasa dari Creme brule Els Coffee
Bakwan Istimewa di Els Coffee


Sungguh tak pernah ada habisnya kreasi masakan yang tersaji di Els Coffee. Tak cukup datang sekali saja. karena setiap minggu selalu hadir menu menu baru yang istimewa dan tidak ada ditempat lain.  Tak salah bila saya salah satu pelanggan yang juga gemar tandang, bersantap, rapat hingga menjadikan Els Coffee sebagai tempat bertemu client.

Partner ngeBlog - Kopi dan Tempe Mendoan nya Els Coffee

Chicken Sub - Sandwich lezat dan istimewa

Me, Fadlan and the Chef - mba Tia
 Kini, bersantap tak hanya sekedar memuaskan perut semata tetap juga sensasi rasa yang tak biasa yang dihadirkan dapat membuat siapapun datang lagi, coba lagi, menu baru lagi, datang lagi, begitu seterusnya.

3 komentar :

  1. els coffee ini kalo gak salah franchise bukan sih? soalnya di palembang juga ada.

    BalasHapus
  2. jadi pingin nyobain Mini Bao Ayam Penyet Pedas Cabe Merah ....

    BalasHapus
  3. aaaah...I've tried this before leaving for NYC :)...Makanannya enak-enak semuaaa ndra..Btw, ada beberapa familiar faces deeh di fotomu :)

    BalasHapus

Scroll To Top