Dunia Inspirasi Penuh Warna by Indra Pradya

Jumat, 08 September 2017

BELAJAR DIVING DI LAMPUNG?, BISA!, KE LAMPUNG DIVE CLUB

Photo dokumen Lampung Dive Club


Tak pernah menolak tiap ada ajakan ke pantai, pulau atau apapun bentuk destinasi wisata bahari. ‘Vitamin Sea’ itu sama penting dengan vitamin C, lho.. hehehe. Tapi kadang merasa penasaran juga dengan keindahan bawah laut. Terlebih kala dengar penuturan rekan-rekan yang berulang-kali melakukan diving untuk melihat langsung keindahan alam bawah laut. Ibarat kenal cewek, kurang lengkap kalo cuma tau luar nya, ada baiknya menyelami keindahan hati dan perilakunya juga kan?, eeeaaa.

 
keindahan bawah laut. photo by pak Sinek


pesona warga bawah laut - photo dokumen Lampung Dive Club

Dengan bentangan bahari yang luas. Lampung juga menyajikan alam bawah laut yang sama indahnya dengan bentangan alam. Jadi, belajar diving di Lampung dengan tujuan menikmati pesona bawah laut bukanlah sesuatu yang sulit lagi. Masyarakat yang tinggal di Lampung, gak perlu ke luar kota buat belajar Diving. Terlebih kekayaan dan keunikan di bawah laut provinsi Lampung memiliki karakteristik yang tak kalah dengan kawasan perairan lain di nusantara.

MARI BELAJAR DIVING!

Beberapa waktu lalu, saya mengikuti serangkaian pelatihan yang menjadi bagian dari proses belajar diving. Jangan berfikir bahwa belajar diving itu mudah, tapi  diving pun tidaklah terlampau sulit bila berkenan mengikuti prosesnya dengan tekun.

Sebelum belajar soal diving, perkenankan saya menjabarkan soal Scuba Diving tersebut secara singkat.  SCUBA, singkatan dari Self-contained Underwater Breathing Apparatus. Itu sebabnya, Scuba bisa digunakan untuk merujuk pada peralatan sirkuit terbaik in-line yang memfasilitasi proses menghirup udara terkompresi dan menghembuskan nafas kedalam air. Scuba diving merupakan bentuk aktivitas menyelam, dimana penyelam menggunakan scuba set untuk bernapas, sambil menjelajahi dunia bawah permukaan air.

warga laut yang cantik - photo by pak Sinek

melihat langsung pesona bawah laut
 Lalu bagaimanakah mekanisme pelatihan diving bagi pemula?. Aktivitas belajar diving pertama disebut Openwater Diver Course yang merupakan level training tingkat pemula yang wajib ditempuh oleh seoang calon diver untuk mendapatkan sertifikasi tingkat pertama atau entry level.  Nah, saya dan beberapa rekan mengikuti serangkaian Openwater Diver Course di Lampung Dive Club – sebuah wadah yang siap mengajarkan soal diving secara benar dan profesional di provinsi Lampung.

PAHAMI TEORI DASAR

Openwater Diver Course yang saya alami di Lampung Dive Club terdiri dari 3 (tiga) tahapan yang wajib di ikuti oleh semua calon diver.
Tahap Pertama adalah Teori. Saya dan calon Diver akan mempelajari prinsip dasar dan prosedur dalam Scuba Diving. Termasuk mempelajari soal efek tekanan terhadap tubuh manusia, tata cara merencanakan penyelaman yang baik dan aman, serta memililh dan memelihara peralatan selam. Jadi, bila mau jadi diver tanpa teori, tentu salah!. Karena pemberian materi pada calon diver berguna sebagai pemahaman dasar para diver itu sendiri. 

Pak Sinek - sang Instruktur Profesional sedang memberikan teori Diving di ruang kelas
Yang menarik, penyampaian materi dalam sesi Openwater Diver Course di Lampung Dive Club dilakukan dengan suasana santai dengan pemateri yang sangat kompeten dibidangnya. Pematerinya bernama pak Sinek – sosok gaek nan piawai dibidang Diving yang telah mengabdikan dirinya dalam  dunia mengajar diving sejak puluhan tahun silam.  Nah, diakhir diving course, calon diver akan menjalani ujian sebagai salah satu syarat mendapat sertifikasi. Saya juga ikut ujian lho… kece kan??

penjelasan secara rinci dari Pak Sinek pada peserta teori diving
UJI COBA DI KOLAM RENANG

Tahap kedua adalah Pool Training. Pada sesi ini, calon diver akan di latih langsung oleh Instruktur mengenai dasar dasar keterampilan menggunakan alat Scuba Diving dalam kolam renang. Dalam tahap ini, calon Diver juga diajari cara mengendalikan keadaan darurat termasuk membersihkan mask (penutup mata dan hidung) dari air. Di Lampung Dive Club. Sesi Pool Training yang juga dipandu oleh pak Sinek ini dibagi dalam dua segmen. Pertama di kolam renang yang tingkat kedalamannya ringan (kolam renang hotel Marcopolo) lalu kedua di kolam renang yang tingkat kedalamanya mencapai 5 meter (kolam renang Universitas Lampung) – dihari terpisah.

pelajaran Pool training di Kolam renang marcopolo photo by mba Mayang Djausal
Tahap ketiga adalah praktek. Setelah menjalani tahapan teori dan praktek di kolam renang yang berbeda tingkat kedalamannya, calon Diver akan menjalani praktek penyelaman yang sesungguhnya dibawah pengawasan instruktur. Pada tahapan ini, calon Diver akan menerapkan ilmu yang telah di dapat pada tahapan teori di dalam ruangan dan menerapkan dua kali praktek saat di kolam renang pada kedalaman laut.



MENYELAM DI KEDALAMAN LAUT

Tak tanggung tanggung, ujian praktek diving tahap Openwater di Lampung Dive Club dilakukan dengan cara professional. Dengan alat scuba diving yang benar dan lengkap dan didampingi oleh para buddy – yakni para anggota Lampung Dive Club yang telah berpengalaman lebih dulu selain pak Sinek  selaku instruktur. Mengambil tempat di pulau Tegal dan perairan pesisir Teluk Lampung, prakter Openwater dilaksanakan setelah 3 hari sebelumnya berjibaku dengan tahapan teori dan praktek di kolam renang.

Setiap diver mengenakan standar kelengkapan diving, dibawah pengawasan instruktur dan para buddy. Termasuk mengenakan rompi udara dan juga regulator.  Regulator (tabung yang diusung para diver kala diving) terdiri dari dua bagian, yakni bagian pertama berupa pengontrol tekanan untuk mencegah udara bertekanan tinggi langsung masuk ketubuh penyelam. Lalu bagian kedua berupa katup yang memungkinkan udara mengalir ketika penyelam menghirup nafas, tetapi secara otomatis menghentikan alirn ketika menghembuskan nafas. 

Mekhanai Chaindra dan Muli Adhwa menjadi peserta Diving - photo by pak Sinek

Para Diver - photo byb Lampung Dive Club
Proses praktek di perairan lepas pun di lakukan dengan dua tahap. Tahap pertama, para diver akan memulai penyelaman dari bibir pantai Pulau Balak. Berjalan perlahan menyusuri kedalaman laut sebelum kemudian menerapkan teori pada kedalaman laut sesuai arahan instruktur.
Tahap kedua – setelah berselang break dari tahap menyelam pertama, diver akan dibawa ketengah laut lepas dan kemudian melakukan penyelaman dengan sistem roll back (menceburkan diri dari kapal dengan mendahulukan bagian belakang badan).

Dari dua tahap prakter tersebut, para diver akan merasakan langsung penerapan teori dan praktek awal melalui intensitas kedalaman menyelam yang berbeda.  Dan kala itu, saya menyaksikan sendiri para diver yang mengikuti ujian  prakter di laut lepas berhasil melakukan penyelaman perdana sedalam 15 meter. Sebuah capaian baik sebagai diver openwater.




AYO JADI DIVER!!

Jadi, buat masyarakat Lampung yang menyukai olah raga diving atau penasaran ingin menikmati keindahan alam bawah laut, ada baiknya segera membekali diri dengan belajar diving. Tapi jangan salah, belajar lah proses diving yang benar. Mulai dari tahapan teori, praktek di kolam hingga praktek di kedalaman laut melalui pengawasan instruktur yang juga bersertifikat. Karena kini marak pula pelatihan diving yang bersifat instan.  Belajar diving langsung di laut lepas, tanpa teori dan uji coba di kolam renang. Tak salah, jika ingin instan. Tapi ingat, tidak menguasai pemahaman dasar dari suatu ilmu, justru akan mengakibatkan dangkalnya pemahaman dalam proses pelaksanaan. Jadi, tunggu apa lagi, belajarlah diving segera bersama Lampung Dive Club. Kelas menyelam dibuka setiap bulan dengan minimal empat orang peserta. Setiap peserta yang ingin mengikuti kelas menyelam, cukup membayar Rp.3,5 juta untuk mengikuti segala tahapan diving termasuk fasilitas peralatan menyelam, konsumsi dan trasnportasi ke pulau termasuk sertifikat berlisensi Internasional Confederation Mondiale des Activities Subaquatiques (CMAS).

kapal pelayaran menuju spot diving milik Lampung Dive Club

Para Peserta  Diving Openwater Course - Saya mana???? Saya yang Moto!!!
Saya sendiri, mengikuti proses diving course mulai dari teori hingga ujian setelah teori. Tapi soal diving  di kedalaman laut saya belum melakukannya, karena masih dalam tahap kursus renang.  Jadi segala proses yang saya tuturkan diatas berdasarkan pengamatan saya secara langsung ditempat kejadian dan obrolan yang saya dapat dari pengajar dan pengurus Lampung Dive Club. Soal pengalaman saya diving didalam laut, akan saya tuturkan lagi setelah saya lulus kursus renang dan setelah saya mengikuti diving secara langsung.


A post shared by Lampung Dive Club (@lampungdiveclub) on

Note :
Informasi seputar Jadwal dan Informasi Diving Course
Sekretariat : Jl. KH. Ahmad Dahlan No. 68 – Bandar Lampung
HP/WA : 0816 418 006 / 08117210723
Akun Instagram : Lampung Dive Club

3 komentar :

  1. Waaah, asik banget ya itu.
    Makasih infoya, Kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih juga kakak sekretaris Lampung Dive Club atas perkenanya melibatkan saya hehehehe...sering sering ajak ajak yaaa...:) seru!!!

      Hapus
  2. Waaaah, jadi kangen Lampung. Dulu main di Pahawang dan pulau sekitarnya baru snorkeling campur free diving dikit-dikit.

    BalasHapus

Scroll To Top