Dunia Inspirasi Penuh Warna by Indra Pradya

Selasa, 26 September 2017

SABAH HOPPING ISLAND - MENIKMATI PESONA TUNKU ABDUL RAHMAN PARK



…Pesona wisata bahari dalam kawasan Taman Nasional Tunku Abdul Rahman telah tergambar jelas oleh saya jauh sebelum perjalanan menuju Sabah – Malaysian Borneo dimulai. Tak sabar rasanya melakukan Sabah Island Hopping hingga pesona Tunku Abdul Rahman nampak jelas di pelupuk mata.
 ***

Jesselton Point Ferry Terminal

Semangat saya terbangun ketika dua cangkir kopi  menjadi bagian dari sarapan lezat di resto hotel Grandis – Kota Kinabalu pagi itu. Meski secara personal,  masih tersisa  lelah saya melakoni perjalanan dari Lampung ke Pontianak lalu transit di  Kuching hingga akhirnya mendarat selamat di Sabah pada malam sebelumnya. Tetapi semua itu tidak menyurutkan antusias saya dan juga rekan-rekan Indonesia Blogger untuk menikmati Sabah FamTrip persembahan Sabah Tourism Board dan Air Asia.

Pak Jun memberi arahan pada kami sebelum memulai Hoping Island

Jesselton Point  Ferry Terminal

Usai sarapan di Resto Hotel Grandis Kota Kinabalu, pak Jun – tour guide kami mengajak kami berjalan kaki menuju Jesselton Point – tempat dimana kami akan memulai kegiatan Island Hopping sepanjang hari. “ …Kita jalan kaki sekalian olah raga, ya..” sahut pak Jun pada kami. Untungnya jalan kakinya tidak terlampau jauh.  Kurang dari 10 menit, saya dan rekan-rekan tiba di Jesselton Point Ferry Terminal – begitu tulisan terpajang pada gapura masuk berukuran besar di bagian depan yang merupakan akses wisatawan yang akan berkunjung menikmati pulau pulau cantik dalam kawasan Teunku Abdul Rahman Park.

Saya dan rekan rekan blogger langsung diarahkan oleh pak Jun untuk memakai rompi keselamatan beserta mengisi form data pengunjung.  Selama menunggu kesiapan kapal yang akan kami naiki, saya melihat sekeliling kawasan terminal kapal ferry yang tertata cukup baik. Bahkan proses pembelian karcis hingga beberapa tour operator yang ada dalam kawasan terminal ter-organize dengan baik.


 TUNKU ABDUL RAHMAN PARK

Taman Nasional Tunku Abdul Rahman atau dalam bahasa Malaysia disebut Taman Negara Tunku Abdul Rahman merupakan kawasan taman laut di Sabah dengan luas mencapai lebih dari 4.500 hektar yang menjadi destinasi wisata bahari unggulan di Kota Kinabalu – Sabah – Malaysian Borneo. Secara cakupan wilayah, kawasan TunkuAbdul Rahman Marine Park terdiri dari beberapa gugusan pulau memiliki pesona masing-masing. Diantaranya, Sapi Island, Gaya Island, Manukan Island, Mamutik Island dan Sulug Island.




MANUKAN ISLAND

Setelah melakukan pelayaran dengan kapal mesin berkecepatan tinggi, kami tiba di bagian depan dari Manukan Island. bagai pulau terbesar kedua dalam kawasan Tunku Abdul Rahman Park. Manukan Island menyuguhkan keindahan bahari yang melenakan mata. Saat tiba di bagian depan saja, saya dan rekan rekan blogger telah dibuai oleh air laut berwarna torques dan hamparan pasir disepanjang garis pantai.  Tak perlu dikomandoi, beberapa rekan blogger langsung menikmati hamparan pantai dengan ber-snorkeling

Manukan Island

one of Cottage at Manukan Island

hangout places at Manukan Island

Setelah sempat mengabadikan diri dengan hamparan air nan memesona, saya mengajak serta mba Evi dan Salman untuk berjalan mengitari pantai dan mengabadikan suasana bagian dalam dari pulau Manukan. Kapan lagi kan, bisa tandang ke Manukan Island dan lihat lihat bagian dalam yang ternyata di isi oleh beragam café dan restaurant yang berjajar rapih hingga pilihan cottage yang memadai. Mulai dari penginapan model berkemah hingga cottage mahal. Segala fasilitas yang memanjakan serta menyesuaikan kesediaan pengunjung tersedia di bagian dalam Manukan Island.

Fish Education platform at Borneo Reef World

ENJOY SEE WALK AT BORNEO REEF WORLD


Usai menikmati pesona Manukan Island, saya dan rekan rekan blogger berpindah kesebuah kawasan bernama Borneo Reef World – sebuah kawasan yang dibangun sebagai tempat wisata bawah laut sekaligus kawasan yang peduli pada lingkungan laut yang berkelanjutan.  Di dalam kawasan Borneo Reef World, juga terdapat budi daya ikan laut dan upaya pelestarian terumbu karang selain beragam kegiatan water sport yang wajib di nikmati pengunjung.

penjelasan sebelum memulai Sea Walking

Siang itu, saya dan rekan rekan blogger diberi kesempatan untuk menikmati pesona ikan ikan dan terumbu karang dengan melakukan Sea Walk setelah diberi arahan oleh pihak manajement.

Melakukan Sea Walking bukanlah yang pertama bagi saya. Tapi tetap saja antusias bila berjalan di kedalaman laut dengan memakai penutup kepala khusus tersebut. Dalam aktivitas Sea Walk di Borneo Reef World, pengunjung akan di damping oleh penyelam yang akan memandu aktivitas bawah laut pengunjung. 


Tak hanya sebatas Sea Walk, Borneo Reef World yang dipadati oleh wisatawan beragam bangsa tersebut juga dapat menjadi acuan bagi kamu yang gemar melakukan diving hingga snorkeling dengan pesona kehidupan bawah laut yang mengagumkan. Termasuk aquarium besar yang menyajikan biota laut dan ratusan jenis ikan yang dapat dinikmati pengunjung yang tak berkenan main air di laut. Atau bisa juga enjoy the meal..heheh... seperti yang saya lakukan ; berapa kali nambah Kopi dan kue kue di sediakan gratis bagian kafetaria, hehehe.

Yang juga patut di apresiasi adalah upaya pemilik dan pengelola Borneo Reef World dalam menjaga ekosistem laut hingga budidaya ikan laut yang diperuntukkan sebagai penunjang kelestarian habitat ikan dalam kawasan Tunku Abdul Rahman Park.

diving activites

Borneo Reef World area



SAPI ISLAND

Ingin rasanya menikmati pesona bawah laut di Borneo Reef World. Tapi jadwal kunjungan kami harus terus berlanjut. Kunjungan kami selanjutnya adalah Sapi Island.  Eiitsss…jangan berfikir ada banyak Sapi di pulau ini yaa, hehehe….  Penjaga loket dibagian depan pun tak bisa menjelaskan secara gambling soal  kata  Sapi menjadi nama pulau.

Sekilas banyak cewek cewek oriental berbikini di pulau ini, hahaha. Hobah kan!!..Cha, Cha, Cha…!!... Yah, nikmati saja lah sajian kulit mulus para gadis gadis berbikini itu, meski soal pesona pantai, Manukan Island yang saya datangi semula lebih menyenangkan. Sapi Island terbilang padat pengunjung.  Beragam wisatawan tumah ruah di sini. Mulai dari bule’ Eropa ampe Asia ada semua!. Terlebih wisatawan dari Korea dan China yang membludak. Menurut informasi, warga Korea dan China tidak perlu Visa bila tandang ke Malaysia. Itulah sebab kunjungan wisatawan dari Korea dan China mendominasi.
Saya dan rekan-rekan blogger sempat makan siang dengan menu khas Sapi Island. Segala hidangan seafood kumpul jadi satu dalam satu piring saji per orang. Tak begitu ingat soal rasa, karena saya terserang lapar maksimal sehabis kunjungan ke Manukan Island dan Borneo Reef World.



Lunch at Sapi Island


SENSASI ZIPLINE DI GAYA ISLAND

Usai makan siang bersama, pak Jun mengajak saya dan rekan-rekan blogger menyeberang ke pulau Gaya yang letaknya di bagian depan dari Sapi Island. Gaya Island adalah pulau terbesar dalam kawasan Tunku Abdul Rahman Park. Sebagai kawasan pulau yang besar dan luas, Gaya Island memiliki tumbuhan tropis nan beragam yang masih terjaga hingga kini. Memasuki kawasan Gaya Island bagai memasuki kawasan pulau yang asri penuh dengan tumbuhan dan bebunyian hewan khas hutan tropis.
Sesuai jadwal, saya dan rekan rekan akan menikmati sensasi melakukan Zipline di Gaya Island. Sebelum melakukan Zipline, kami diberi arahan terlebih dahulu oleh petugas termasuk mengenakan perlengkapan keamanan sebelum akhirnya kami melakukan perjalanan memulai Zipline. Uniknya, perlengkapan pendukung melakukan Zipline kami bawa masing masing sembari tracking melalu jalan setapak kebagian yang lebih tinggi.
Sulitnya melakukan tracking terbalas dengan bentangan alam nan indah. Hamparan laut dan rimbunnya pepohonan menjadi daya pikat pulau Gaya. Termasuk sensasi zipline diantara dua gugusan pulau ; dari pulau Gaya ke pulau Sapi – melalui bentangan pantai. Aaahh… sensasi Zipline yang sungguh terasa istimewa!!.

Ziline diantara 2 gugusan pulau.
  
photo bareng - the Team di Manukan Island.

Tak cukup rasanya menikmati pesona Tunku Abdul Rahman Park dalam sehari. Tetapi keindahannya menjadi daya pikat tersendiri bagi siapapun yang tandang kesana. Manukan Island, Borneo Reef World, Sapi Island dan Gaya Island adalah beberapa daya pikat dalam kawasan Tunku Abdul Rahman Park yang wajib dikunjungi ketika tandang ke Kota Kinabalu – Sabah.

Terima kasih Sabah Tourism Board dan Air Asia yang telah memberi kesempatan pada saya dan rekan rekan blogger menikmati keindahan wisata bahari dalam Tunku Abdul Rahman Park.

11 komentar :

  1. Waaah asik banget ya Sabah ini, daridulu pengen kesana tapi blm pernah kecapaian hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayooo cari tiket di AirAsia banyak harga promo lho.... gak nyesel...sekali tandang banyak ulau bisa di datangi dengan keunggulan masing masing.... btw kalo nemu tiket air asia murah kabar kabari aku yaa kali aja aku bisa ikutan lagi heheheheh

      Hapus
  2. Seru banget nih jalan jalannya. memang island hop on hop off gini jadi primadona buat wisatawan yang menggilai pantai dan air. Semoga perjalanan menyenangkan dan jadi banyak cerita seru buat orang lain ya kak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. soooooo much thanks lhoo kakak Dodon kece Bana Bana telah memasukkan aku dalam team famtrip kali ini..Keceee parah laah ini trip... dah ancur banged...dari yang serius, formal ampe nyungsep ada semua ceritanya wkwkwkwkw...sering sering ajak aku yaaa kakak...Cha Cha Cha Cha Cha!!!

      Hapus
  3. Air lautnya yang jernih bak zamrud masih terbayang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yesss mbaaa....kenangan kita bersama pun super seru ...aaahhh masih inget gokil gokil an disana...

      Hapus
  4. dan aku envy sama momen snorkeling kalian :((( gak bisa lanjut lagi lihat foto-fotonya. Pas lihat updatean IG kalian kan, anjrit ini kayak di spongebob haha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. super seru banged dah trip ke Sabah dan Sarawak kemarin. meski tim nya terbilang banyak baru kenal tapi langsung ngeBlent ajaaa jadi tim yang 'kacau balau super gila' cha cha cha cha cha

      Hapus
  5. Kepengen lebih lama lagi seawalkingnya, kalo bisa 1 jam hahaha abis cantik banget ikan2nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sea Walking 1 jam sekalian aja ke Samuderah Hindia mbaaa hahahahaha btw Sensasi saat sea walking itu seru banged emang.. pengen lagi sih hehehe

      Hapus
  6. Waah keren - keren fotonya mas. Sangat menyenangkan ini liburannya. Saya jadi kepengen nyobain snorkeling sama sea walk nya, semoga aja ntar berani

    BalasHapus

Scroll To Top