Dunia Inspirasi Penuh Warna by Indra Pradya

Rabu, 28 Februari 2018

DARI REMBIGA HINGGA SOTO KAMBING, KULINER KHAS LOMBOK - SUMBAWA YANG WAJIB DICOBA.



Bila ada kesempatan, icip icip kuliner khas daerah jadi jadwal wajib bila sedang ngeTrip. Begitupun saya. Sebisa mungkin memanfaatkan waktu untuk jajal kuliner daerah yang tentu memiliki kelezatan yang khas. Nah, berikut beberapa sajian khas Lombok dan Sumbawa yang sempat saya cicipi dalam perjalanan beberapa waktu silam di Lombok dan Sumbawa – Nusa Tenggara Barat.


 
AYAM TALIWANG

Siapa yang tak kenal sajian Ayam Taliwang khas Lombok ?. meski sebenarnya, hidangan ayam beraroma khas itu berasal dari kawasan Taliwang – Sumbawa, NTB. Tapi tak lengkap rasanya bila ke Mataram, Lombok tidak menjajal cita rasa ayam Taliwang nan khas tersebut.

Ada banyak gerai yang menjajakan Ayam Taliwang di Lombok. Bahkan nyaris setiap rumah makan memiliki suguhan menu Ayam Taliwang. Meski tentu kelezatannya berbeda. Nah, saat ke Lombok, saya sempat diajak tandang ke Rumah Makan Irama yang konon menyajikan Ayam Taliwang lezat.

Ayam Taliwang yang tersaji, berwujud 1 buah ayam kampung utuh dengan balutan bumbu yang kaya rempah. Sensasi renyah nan khas langsung terasa di lidah kala menyantapnya. Paduannya sambal yang juga khas.  Konon, sejak dahulu Ayam Taliwang adalah sajian wajib setiap berlangsungnya acara-acara sakral dalam masyarakat Nusa Tenggara Barat.  Kini, menyantap Ayam Taliwang adalah keharusan bagi siapapun yang tandang ke Lombok. Khususnya kamu penyuka jenis sajian khas nusantara.


SATE REMBIGA & SATE PUSUT

Sate Rembiga dan Sate Pusut adalah kuliner khas Lombok.
Sate Rembiga terbuat dari daging sapi yang empuk dan di olah dengan resep legendaris. Sebagai salah satu ikon kuliner di Lombok, Sate Rembiga terkenal dengan citarasa lezat berbalur bumbu aneka rempah. Nama Rembiga sendiri berasal dari nama kelurahan di Selaparangan , Mataram, Lombok. Saat di Lombok, saya sempat mendatangi warung Sate Rembiga yang terkenal, yakni Sate Rembiga Ibu Sinnasih.

Sate Rembiga sebelum di bakar - warung Sate Rembiga Ibu Sinnasih

Sate Rembiga Ibu Sennasih
 
Sate Rembiga memiliki kelezatan yang khas. Dagingnya empuk, karena memakai daging bagian has dalam. Sebelum melalui proses bakar, daging sapi pilihan tersebut terlebih dahulu direndam dengan bumbu yang meresap dan memiliki citarasa pedas manis. Sensasi pedas rempah dan cabai benar benar terasa saat tercecap lidah. Tak heran bila 20 tusuk yang saya pegang terbilang cepat tersantap. Laper dan Rakus beda tipis sih, ya ..hahaha.

sate Rembiga yang memiliki citarasa istimewa


Selain Sate Rembiga, ada pula Sate Pusut. Berupa suguhan sate pentul yang berasal dari campuran daging giling dengan kepala parut halus dan ramuan bumbu yang mengikat suguhan sate menjadi semakin lezat nan khas.

Soal harga jangan khawatir. Satu porsi sate rembiga atau Sate Pusut dibandrol Rp.20.000/10 tusuk dengan sajian lontong Rp. 1.000/buah. Bisa juga didampingi menu lain macam Plecing Kangkung  dan Urap Sayuran yang jadi sajian terkenal di NTB.
Jl. Dr. Wahidin No. 11 B, Rembiga, Selaparangan, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. Phone ;  081917991747, 087864002782.

sate pusut

BAKSO BALUNG

Bebalung sendiri merupakan hidangan kuliner khas Lombok. Berupa  sajian gulai berkuah bening tulang Iga sapi (bebalung). Bercitarasa gurih layaknya hidangan berkuah yang menyegarkan kala menyantapnya.

Saat tandang ke Lombok, saya justru menyantap sajian Bebalung dalam semangkuk bakso.  Unik juga kan, bakso yang telah jadi bagian dari kuliner nusantara itu tersaji bersama tulang iga pilihan.
Saya diajak menyantap  Bakso Balung khas Haji Anang. Konon, Bakso Haji Anang salah satu yang terbaik di Mataram, Lombok. Dan benar saja, Saya langsung lahap hal menyantap sajian lezat berupa bakso sapi bersanding dengan tulang iga sapi. Recommended banget untuk dicoba.

Bakso H. Anang, Rp.20.000,-/porsi
Ruko Griya Pesona Rinjani A9 – A 10, Jl. Adi Sucipto, Mataram Telp. 0370-683 6134

suguhan Bakso dan tulang Iga khas Lombok

Bakso dan Tulang Iga yang menggoda selera santap.
 
SATE TANJUNG

Wujud Sate Tanjung,  saya temui saat usai gelaran Kelas Inspirasi di Lombok Utara. Mba Donna dan Bambang lah yang mengenalkan jenis sate tanjung pada saya.  Tersaji dengan bahan dasar ikan laut berdaging tebal dengan citarasa yang gurih dan pedas. Yang menarik, bila sate pada umumnya tersaji berbumbu, maka Sate Tanjung disajikan tanpa menggunakan saus apapun.  Bumbu yang membalut daging ikan semakin meresap saat melalui proses bakar layaknya sajian sate pada umumnya.

Suguhan Sate Tanjung dapat kamu temui disepanjang jalan desa Tanjung, kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara, NTB.  Ada puluhan penjual sate Tanjung dikawasan tersebut. Tapi yang saya dan rekan rekan singgahi saat itu adalah Sate Tanjung milik ibu Salimah. Terletak di persimpangan jalan, di depan ruko sederhana, sate Tanjung ibu Salimah selalu ramai pembeli yang rela antri menunggu proses bakar usai. Setiap pembeli harus rela menunggu proses sate tanjug. Mulai dari proses daging ikan yang tebal ditusuk setelah terendam bumbu rempah beberapa jam sebelumnya.  Daging ikan segar jenis ikan laut itu dilumuri bumbu sebelum proses bakar diatas arang. Setelah matang, maka Sate Tanjung siap disantap. Lezat!!.

Sate Tanjung dalam Proses Bakar

Sate Tanjung Siap Santap
Oh, ya, selain Sate Tanjung, Ibu Salimah juga menjajakan Pepes Ikan Kepala yang tak kalah lezat. Jadi daging Ikan tanjung yang merupakan ikan laut itu diolah menjadi hidangan sate dan kepalanya di pepes. Kreatif bukan?!.  Bila kamu menyantap sate dan pepes dengan nasi putih panas, tentulah jadi kebahagiaan tersendiri.

Ibu Muslimah (tengah) berjualan Sate Tanjung

pepes Kepala Ikan Tanjung

SOTO  KAMBING  KHAS SUMBAWA

Soto Kambing pak Siman. Adalah Soto Kambing terlezat yang bisa kamu cicipi bila sedang berada di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat.
Semula, saya kira, Bambang hanya sekedar bercanda saat mengenalkan sebuah sajian kuliner benama Soto Kambing. “Kambing kok di Soto?!” gumam saya kala itu.
Hingga wujud kambing itu pun nampak di dandang penjual. Saya pun percaya!. Dan ternyata lezatnya tak terkira. Terlebih saya menyukai sajian daging kambing. Heheheh. 

Saya pun tak ragu memesan Soto Kambing yang tersaji dengan wujud irisan daging yang empuk dan terhidang dengan sentuhan kelapa sangrai (serundeng). Uenake Poolll cuy!!. Soto Kambing pak Siman, konon jadi santapan favorite beberapa pejabat daerah hingga sosok Dahlan Iskan yang wajib menikmati Soto Kambing pak Siman bila sedang tandang ke Sumbawa, Nusa Tenggara Barat.

Warung Soto Kambing Pak Siman

Soto Kambing nan Lezat

Bila minat, bisa pula menyantap kepala kambingnya

tampilan Soto Ayam Kampung Pak Samin


Rahasia lezatnya Soto Kambing pak Siman terletak pada komposisi bumbu yang gurih dan segar. Berpadu dengan daging kambing yang berkualitas. Tak hanya itu, Soto Ayam di kedai pak Siman juga patut dicoba. Karena ayam yang digunakan dalam sajian soto adalah ayam kampung. Gurihnya kuah dan taburan kepala sangrai semakin menambah gairah bersantap.
Jujur saja. saya sampai melahap 2 porsi Soto lho!!.


LEZATNYA JAGUNG RHEE KHAS  SUMBAWA

Saya tak menanggapi serius, ketika Mba Donna dan Bambang mengisahkan soal Jagung rebus yang ingin mereka nikmati sebagai camilan dalam jadwal Trip kami ke Sumbawa. “aahh.. jagung rebus. Okelah.” gumam saya dalam hati. ‘apa sih istimewanya jagung Rhee itu ?” tanya saya meremehkan. “Lo rasain langsung aja dech, ntar yaaa..” ucap mba Donna. “Tapi gue gak tanggung, kalo loe ketagihan, yaa..” sahut mba Donna kala itu.


Hingga kendaraan berhenti di ruas jalan yang ternyata ditempati beberapa penjual jagung rebus. Pada sebuah tikungan Rhee yang berada kurang lebih 30 kilometer dari Sumbawa Besar. Nama Jagung Rhee diambil dari nama kecamatan Rhee. Jenis jagung nya pun berbeda dengan wujud jaguung yang pernah saya nikmati.  Daging jagung rebus berwarna putih dan terasa manis ketika disantap. Tak heran bila saya mengakui habis 7 jagung dalam waktu cepat. Saking cepatnya saya makan jagung, mba Donna belum usai mengupas kulit jagung, saya telah beranjak ke jagung kedua. Mba donna belum habis jagung pertama, saya sudah menuju jagung ke tiga!!.
Yes. Hobi dan Rakus emang tipis bedanya!. Hahahah. Bila sedang melakukan ‘road trip’ dari  Sumbawa Besar ke pelabuhuan Poto Tano, jangan lupa singgah ke penjual Jagung Rhee. Dijamin suka dech!.

22 komentar :

  1. Semua di atas favorit aku semua. Balik ke kota yang sama makan makanan yang sama. Tapi teteuuuuup ga, gak ada yang ngalahin makam jagung Rhee 7 bijik sekali duduk. Hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Please! Katanya kalo ada kejuaraan makan Jagung Rhe aku bakal menang yaaa wkwkwkkw atau MURI bisa kasih aku Penghargaan ; MAKAN JAGUNG RHE TERCEPAT DAN TERBANYAK DALAM 1 MENIT

      Hapus
  2. Dari semua daftar makanan di atas, tak satupun yang tak bikin ngiler. Terutama sate pusut itu. Kayaknya belum pernah makan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sate Pusut itu lebih gurih krna ada Kelapa Parut dalam adonan nya. Aku Abis 20 lho sendirian!. Wkwkwkkw

      Hapus
  3. ayam taliwang itu menggoda banget bang indra. semoga aku juga bisa ke lombok tahun ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiiinnn kamu hits akan segera ke KERALA!. Banyak makanan lezat disana selain makanan unik nan khas

      Hapus
  4. udah dua kali ke Lombok tapi belum pernah nyobain Rembiga, kapan-kapan kalau ke sana lagi mesti ada waktu khusus nih buat testing Rembiga hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. yesss...Rembiga itu enak bangeddd... aku aja bisa cepat habis 20 tusuk hahahahha

      Hapus
  5. Yak amfuunn makanan semua!
    Ngences sayaaaaa..

    Itu sate pusut kek lilit Bali yak?

    Rembiga sama tanjug leh ugha.. nyam-nyaaaammm lapaaaarr 😥

    BalasHapus
    Balasan
    1. yess.... secara bentuk sama dengan Sate Lilit Bali...tapi tekstur Sate Pesut Lombok ada sensasi berbeda pada bumbu nya

      Hapus
  6. Wuaah ga nyangka, sumbawa lombok punya kuliner lokal yg enak enak ya 😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenarnya banyak yang enak. tapi aku hanya sempat cicipi yang ini saja..hehehe

      Hapus
  7. Sate Pusut ituBali kalau gk salah namanya sate lilit. Persis banget


    Sama yg gak ngyangka itu soto kambing. Kayaknya perlu dicoba deh

    BalasHapus
  8. AKu mau ayam taliwang and bakso balungnya ajaaahhh ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang tak ku masukkan dalam uraian Blog adalah...aku nambah saat makan bakso Balung...2 porsi lhoo!! wkwkwkwkw

      Hapus
  9. Sate Rembiga menggoda banget ini, kelihatan lezat :9

    BalasHapus
    Balasan
    1. tak hanya kelihatannya saja. tapi memang lezat banged mbmaaa

      Hapus
  10. Wah pas ke Lombok belum cobain semua ini, kecuali ayam Taliwang sih hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. next cobain bakso balung nya mas..hehehe

      Hapus
  11. wah harus dicatat semuanya nih he..he..
    jalan2 mah harus sekalian dengan cicip kuliner khas setempat, prinsip nomor satu banget
    btw, jagung rhee itu bikin penasaran, apa sama ya dgn jenis jagung yg biasa dibuat nasi jagung sama orang Tengger

    BalasHapus
    Balasan
    1. beda mbaaa.... jagung yang bahan nasi jagung masyarakat Tengger itu jenis jagung berwarna kuning. Nah Jagung Rhe itu berwarna putih dan teksturnya lembut.

      Hapus

Scroll To Top