Dunia Inspirasi Penuh Warna by Indra Pradya

Rabu, 26 Desember 2018

WASPADA!, BERIKUT TITIK LONGSOR DAN JALAN RUSAK MENUJU TELUK KILUAN



Saya ikut senang ketika mengetahui tujuan teman blogger saya – Darius dan rekannya Billy berencana mengunjungi ke Teluk Kiluan dan Gigi Hiu.  Tapi kemudian saya berfikir bagaimana dengan kondisi jalan menuju Kiluan. Mengigat,  awal 2018 lalu adalah kali terakhir saya tandang langsung ke Teluk Kiluan.

sebagian besar jalan telah di perbaiki seperti ini

  Meski telah berkali-kali ke Teluk Kiluan, tetap saja senang bila ada kesempatan tandang ke kawasan yang menyajikan pesona alam mengagumkan tersebut. Terlebih pembangunan infrastruktur jalan menuju Teluk Kiluan telah mengalami perbaikan.  Maka, pada 18 Desember 2018 kami pun bertolak menuju kawasan Teluk Kiluan. Posisi dalam Avanza pun semakin komplit.  Selain saya, Darius dan Billy bergabung pula Mekhanai Adam, Filry, Azizul dan Muli Maulida.  

Sebenarnya, keberangkatan  saya dan rekan-rekan menuju Teluk Kiluan tergolong nekat!.  Untuk aktivitas menikmati pantai memang baiknya tidak dilakukan pada bulan Desember yang cenderung musim hujan. Tapi apa daya, keinginan lebih kuat dari prakiraan cuaca. Maka tetaplah kami berangkat dengan beberapa rencana kegiatan yang telah disusun bersama.

beberapa kawasan longsor. hati-hati dalam berkendara.
 
Kendaraan pun melaju di sepanjang pesisir Teluk Lampung.  Melewati beberapa spot wisata bahari di kabupaten Pesawaran yang selalu di padati kunjungan. Beruntung keberangkatan kami bukan pada akhir pekan. Terbayang padatnya berkendara di jalan yang tak terlalu lebar.  Pembanguan  jalan terlihat jauh lebih baik dari kunjungan saya sebelumnya. Meski tetap ada jalan yang berlubang di beberapa bagian. Tapi secara keseluruhan, akses menuju Teluk Kiluan tidaklah sesualit dahulu.  Termasuk tersedianya penunjuk arah yang memadai sehingga memudahkan para pengunjung menuju Teluk Kiluan meski baru pertama kali.

Meski begitu, pengunjung tetap wajib waspada saat kendaraan melaju setelah kawasan Padang Cermin.  Beberapa bagian tebing di sepanjang jalan terkena longsor sehingga mengenai separuh badan jalan. Yang perlu juga diwaspadai adanya jalan berlubang dan kandas ke bagian jurang tepat pada 300-an meter sebelum memasuki gerbang kawasan Teluk Kiluan.

separuh badan jalan yang rusak dan bersinggungan dengan jurang

waspadai melalui jalan ini
 
Terlihat dampak hujan deras setiap hari di penghujung tahun membuat tanah longsor dan jalan raya yang dekat dengan kawasan jurang tak kuat menahan curah hujan dan lungsur tanah dari perbukitan. Warga setempat yang saya tanyai,  jalan aspal dekat gerbang kawasan Teluk Kiluan tersebut baru ambles beberapa minggu terakhir meski sebenarnya pengerjaan jalan baru selesai di awal tahun 2018. Saya berfikir, bisa jadi konstruksi pengerjaan jalan yang tidak begitu kokoh hingga mudah ambles saat musim hujan tiba.

Happy face tiba di gerbang kawasan wisata Teluk Kiluan.
Berhati-hati dalam berkendaraan adalah hal wajib bagi semua pengemudi kendaraan. Meski secara keseluruhan, rute menuju Teluk Kiluan tidaklah terlalu sulit. Terlebih sepadan dengan keindahan bentangan Teluk Kiluan dan beberapa spot menarik yang wajib di singgahi bila tandang ke Teluk Kiluan.

0 comments :

Posting Komentar

Scroll To Top