Dunia Inspirasi Penuh Warna by Indra Pradya

Selasa, 22 Januari 2019

HIPMI CREATALK - UPAYA HIPMI LAMPUNG SEMANGATI PENGUSAHA PEMULA



Dalam tiga bulan terakhir, saya memiliki kesibukan baru yang seru. Bukan sebuah pekerjaan yang menyita waktu tapi justru mendatangkan beragam inspirasi yang menyemangati. Kesibukan tersebut berupa tugas sebagai pemandu acara dari gelaran yang belum pernah ada sebelumnya di Lampung. HIPMI CREATALK nama acaranya. Sebuah persembahan Badan Pengurus Daerah (BPD) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Lampung. Jadi apa itu HIPMI CREATALK ?.

 
the Banner Event

Gelaran HIPMI CREATALK 1

CREATALK merupakan singkatan dari Creative Talk. Sesuai dengan tajuknya, gelaran CREATALK  berupa talkshow yang menyajikan pemaparan  atau obrolan kreatif dari para pelaku bisnis dan juga anggota HIPMI Lampung kepada audience atau peserta yang hadir.  HIPMI CREATALK berlangsung tiap akhir pekan, sekali dalam sebulan. Event HIPMI CREATALK yang perdana dilaksanakan pada 6 Oktober 2018 silam ini merupakan rangkaian kegiatan yang kelak akan bermuara pada gelaran puncak HIPMIFestival 2019.   “Event HIPMI Creatalk ini  di gelar sebagai rangkaian sebelum big event HIPMIFest2019 nantinya.” ujar Yuke Elvandari selaku Ketua Bidang V – Ekonomi Kreatif dan Telekomonikasi. Itulah sebabnya, tema bahasan dalam setiap gelaran HIPMI Creatalk tergolong variatif dan tematik dengan menghadirkan narasumber yang kompeten dibidangnya. Mulai dari tema Foodpreneur pada gelaran perdana yang menghadirkan Sheyla – selaku owner Ayam nyelekit dan Sherdy – owner AGOGO CafĂ© & Wardjok. Keduanya, Sherly dan Sherdy merupakan bagian dari kompartemen Bidang V BPD HIPMI Lampung. Sebagian besar audience yang memiliki ketertarikan pada bisnis makanan tak hanya mendapat pemaparan dari pelaku dunia foodpreneur saja tetapi juga tips yang dibagikan langsung oleh pembicara.

Gelaran HIPMI CREATALK 2
menyimak pemaparan Felicia Hwang - photo by RadarLampung
 
Gelaran HIPMICREATALK yang berlangsung di Sekretariat BPD HIPMI Lampung ini juga menghadirkan sosok terkenal dalam kancah nasional dan internasional pada gelaran ke-2. Felicia Hwang – Puteri Indonesia Lingkungan 2016 dan juga 2nd Runner Up Miss International 2016. Menghadirkan Felicia Hwang sebagai pembicara bukan sekedar gelar yang disandang dalam ajang kecantikan semata, tetapi karena Felicia Hwang menjabat sebagai Wakil Bendahara Umum dalam kepengurusan BPD HIPMI Lampung. Selin itu, Felicia Hwang juga menjalankan bisnis yang ia geluti di luar dari dunia keartisan yakni sebagai COO PT. Usaha Remaja Mandiri. Tema ‘Strenght Behind Beauty’ benar-benar melekat pada Felicia Hwang. Selain cantik dengan segudang prestasi tetapi juga keterlibatannya dalam dunia bisnis menjadi inspirasi bagi audience kala itu.  

Gelaran HIPMI CREATALK ke 3

Antusias Audience menyimak seputar Digital Marketing.
 
Pada gelaran ketiga, 15 Desember 2018, HIPMI CREATALK  mengusung tema ‘The Power of Digital Marketing’. Menghadirkan Zaki Senafal – owner Pak Ndut Resto, Alas Cobek Resto, Calzone Pizza, Kremes Mbak Juje dan juga  seorang digital marketing strategist dari akun @lampungdirectory. Tak dapat di pungkiri, dengan semakin canggihnya dunia teknologi para pelaku usaha juga perlu membuka diri terhadap dunia digital marketing. Terlebih teknologi digital menguasai trend usaha saat ini.  Audience yang hadir tak hanya mendapat kisah inspiratif dari pembicara tetapi dapat leluasa menggali beragam informasi hingga tips praktis nan aplikatif dari pembicara.

Gelaran HIPMI CREATALK ke 4
 
Gelaran HIPMI CREATALK ke-4  berlangsung pada 20 Januari 2019 mengusung tema ‘Local Pride’. Menghadirkan narasumber Elkana Riswan, selaku owner brand Els Coffee, Kopi Ketje, Kopi Tjioe dan Els Creative Hub dan juga sebagai bagian dari kompartemen bidang V BPD HIPMI Lampung. Kehadiran mas Elky sebagai pembicara bukan semata berbagi tips usaha yang ia jalankan tetapi juga kesediaan mas Elky mengangkat potensi lokal ke kancah nasional hingga internasional.  Sebagai contoh, kopi yang digunakan mas Elky dalam bisnis kafe yang ia rintis menggunakan kopi robusta Lampung hingga upaya distribusi kopi Lampung ke beragam pihak di luar provinsi Lampung. 

All Team - Belakang Layar.
 
Tiga kali  memandu acara HIPMI Creatalk dari 4 gelaran yang telah berlangsung, saya melihat bahwa gelaran ini memberi dampak baik dan positif bagi remaja masa kini hingga pengusaha pemula di tengah langkanya gelaran yang edukatif sekaligus menghibur di Bandarlampung.  Kemasan interaktif dalam sajian Creatalk mampu memberikan wawasan berwirausaha secara gamblang.  Selain itu, dukungan segenap pengurus BPD HIMPI Lampung terhadap gelaran HIPMI CREATALK memberi warna tersendiri. Terlihat dari partisipasi jajaran HIPMI Lampung hingga dukungan Ketua Umum – Arie Nanda Djausal yang kerap hadir dan tak jarang menyapa audience yang mayoritas  kaum milenial hingga pengusaha pemula. “Saya berharap HIPMI Creatalk ini dapat jadi wadah bagi pengusaha pemula mendapatkan banyak informasi dari pengurus HIPMI maupun pembicara yang hadir di setiap gelaran Creatalk.” ujar Arie Nanda Djausal pada suatu kesempatan.  Karena melalui kemasan talkshow interaktif, secara tidak langsung HIPMI Creatalk mampu berbagi informasi dan menumbuhkan semangat berwirausaha di kalangan pemuda masa kini.

Buat yang belum sempat datang ke gelaran HIPMI CREATALK, segera lakukan registrasi dan kunjungi akun Instagram @Hipmi.fest karena ada banyak hadiah menarik plus sertifikat yang akan kamu terima bila menjadi peserta.
Contact Person ; 081368862605 . Bergabung di ; bit.ly/2CexbKP .

0 comments :

Posting Komentar

Scroll To Top