Dunia Inspirasi Penuh Warna by Indra Pradya

Jumat, 15 Juli 2016

JENIS WISATA MENARIK DI BANDAR LAMPUNG.

Landscape Bandar Lampung dan Pesisir Teluk Lampung.
..."aaahh... tak ada yang menarik di Bandar Lampung!." ucap seorang rekan pada saya disela makan siang.
"Benarkah?." - ucap saya bergumam dalam benak. Malas saya berdebat panjang pada rekan saya tersebut yang notabene-nya tidak menyukai keragaman sebuah kawasan. Bisa jadi yang ia sukai hanya gemerlap ibukota atau negera tetangga yang memang kerap ia banggakan sebagai destinasi wisata unggulannya. Tampa ia sadari, Bandar Lampung memiliki beragam pesona menarik (jika berkenan menyimaknya).

....mulailah benak saya menghitung apa saja hal hal menarik di Bandar Lampung yang bisa jadi terlewatkan oleh mata hati masyarakatnya sendiri. Mari menyimak .......

Bandar Lampung  merupakan ibukota provinsi Lampung – sebuah provinsi yang memiliki keragaman baik suku, agama maupun budaya. Sebagaimana tag line provinsi Lampung ; Sai Bumi Ruwa Jurai yang bermakna Satu Kawasan (sai Bumi) dengan  Dua Jurai (ruwa Jurai)  yang terdiri dari Jurai Asli Lampung (Pepadun dan Saibatin) dan Jurai Pendatang dengan ragam suku se-Nusantara ada didalamnya. Tak berlebih kiranya jika Lampung bahkan Bandar Lampung sebagai ibukota provinsi layak mendapat julukan Indonesia Mini dengan keanekaragaman suku, agama dan adat istiadat.
Karena kawasan Lampung dengan pesona wisatanya sungguh beragam, izinkan kali ini saya mengulas pesona dan potensi wisata yang ada di Bandar Lampung (Ibukota Provinsi Lampung) yang dapat dikunjungi dengan jarak tempuh dan biaya yang relative mudah dan murah bagi masyarakat maupun wisatawan yang sedang berkunjung ke Bandar Lampung.

Welcome to Bandar Lampung


WISATA BAHARI
Secara geografis, Bandar Lampung diuntungkan dengan adanya bentangan Pesisir Teluk Lampung yang nampak dari selatan hingga barat kawasan Bandar Lampung. Jika pengunjung memasuki kawasan Bandar Lampung melalui rute jalan darat maka pengunjung dapat langsung melihat bentangan Pesisir Teluk Lampung nan indah tersebut.
Pesona Pesisir Teluk Lampung memang dapat menjadi pemandangan indah tersendiri.  Selain itu, kawasan Pulau Pasaran merupakan tujuan wisata bahari sekaligus melihat lebih dekat home industry pengolahan hasil laut. Pulau Pasaran bukanlah tempat bersantai layaknya sebuah pulau berpasir halus, tetapi sebuah nama bagi kawasan berpenduduk dengan gugusan pulau yang jaraknya dekat dengan daratan Bandar Lampung. Pulau Pasaran telah ditetapkan Pemerintah Kota Bandar Lampung sebagai titik Nol Pariwisata di Bandar Lampung. Dengan bentangan Pesisir Teluk Lampung dan keragaman masyarakatnya menjadikan Pulau Pasaran destinasi yang wajib dikunjungi wisatawan terlebih wisatawan yang menyukai aktivitas masyarakat dan pengolahan hasil laut.   Selain Pulau Pasaran, Bandar Lampung memiliki 3 pantai rekreasi yang berjenis Pantai buatan yakni ; Pantai Duta Wisata, Puri Gading dan Pantai Tirtayasa.  Bandar Lampung juga menjadi  kawasan terdekat yang menghubungkan pengunjung dengan pantai pantai yang menarik lainnya, seperti pulau Pahawang, Tanjung Putus, Kelagian besar dan Kelagian Kecil, Pantai Sari Ringgung, Pantai Mutun dan Pulau Tangil, meski nama nama pantai tersebut bukan termasuk dalam wilayah administrative Kota Bandar Lampung.


Kampung Nelayan di sepanjang  bentangan Pesisir Teluk Lampung

Jembatan penghubung kawasan  darat Bandar Lampung dengan Pulau Pasaran.



WISATA ALAM
Selain pesona bentangan Pesisir Teluk Lampung, Bandar Lampung juga diuntungkan oleh hamparan alam yang luas.  Meski menjadi Ibukota provinsi Lampung, Bandar Lampung juga menyimpan Eksotisme alam dengan potensi Agro Wisata (Eco Park) yang terdapat di Batu Putuk dengan sarana wisata alam buatan yang menunjang seperti ; Wira Garden, Lembah Hijau, Kebun Binatang Bumi Kedaton, bahkan wisata alam dan konservasi Kupu Kupu di Taman Kupu Kupu Gita Persada, termasuk pesona Gunung Betung. Dan terpeliharanya ekosistem dalam Taman Hutan raya (TAHURA) Wan Abdul Rachman. Buat kamu yang gemar berpetualang dialam bebas, Menjelajah di Taman Kupu Kupu Gita Persada dan kawasan Taman Hutan Raya (TAHURA) adalah pilihan tepat, selain keindahan alam yang terjaga kamu juga bisa mencoba sensasi berada di atas Rumah Pohon dan Viewing Platform yang menenangkan jiwa dan memanjakan mata kala mengunjunginya.
Tak berlebih kiranya, jika bentangan garis Pesisir Teluk Lampung dan pesona alam termasuk perbukitan  yang ada dalam  wilayah Kota Bandar Lampung menjadi suatu keunggulan tersendiri sebagai Ibukota Provinsi yang belum tentu dimiliki oleh Ibukota provinsi lain di Nusantara.



View pusat kota Bandar Lampung dari pucak Sukadanaham - Bandar Lampung


WISATA SEJARAH

Bermula ditetapkannya Teluk Betung sebagai tempat kedudukan seorang Dipati Temenggung Nata Negara pada 17 Juni 1682, maka sejak itupula cikal bakal Kota Bandar Lampung dimulai. Dengan Tanjung Karang dan Teluk Betung sebagai Kawasan awal.
Tak heran jika ketetapan pada 300 tahun yang lalu tersebut, meninggalkan jejak sejarah yang tidak sedikit di Bandar Lampung. Bukan hanya sejarah pemerintahan tetapi juga sejarah yang jauh terjadi sebelum Tanjung Karang – Teluk Betung ada.
Aneka peninggalan sejarah di Bandar Lampung dapat dijumpai pada;  Taman Dipangga dan Kampung De Broh yang menyimpan jejak sejarah dahsyatnya letusan Gunung Krakatau, di Kota Bandar Lampung juga berdiri Museum Lampung yang menyimpan banyak peninggalan dan catatan sejarah Masyarakat Lampung. Selain itu ada juga  wisata sejarah yang mengandung hikayat masyarakat Lampung  yakni ; Sumur Puteri. Belum lagi beberapa Goa peninggalan zaman Belanda dan Jepang yang masih dapat dijumpai di kawasan Hutan Kera dan bagian kawasan SMA negeri 2 dan Dinas Pendidikan Kota Bandar Lampung. Bahkan ada banyak bangunan bangunan tua yang menjadi saksi bisu jejak perjuangan hingga bangunan peribadatan seperti Gereja, Kelenteng hingga masjid Tua Al Anwar, masih tegak berdiri dalam kondisi baik di Bandar Lampung.


Masjid Al Anwar - masjid Tertua di Lampung letaknya di Teluk Betung - Bandar Lampung.

Kawasan Teluk Betung dengan ragam bangunan tua yang mengandung nilai sejarah.
Goa jaman Jepang yang masih ada di kawasan Taman Hutan Kera

Mercusuar Kapal yang terdapat di Taman Dipangga merupakan saksi dahsyatnya letusan Gunung Krakatau.


WISATA SENI & BUDAYA

Sebagai pusat Ibukota provinsi Lampung, Bandar Lampung juga menawarkan keragaman Seni dan Budaya yang menarik. Selain seni dan budaya modern atau percampuran ragam etnis, Seni dan Budaya asli Lampung pun dapat dengan mudah dijumpai di kota berjuluk Tapis Berseri ini. Mulai dari Seni musik tetabuhan khas masyarakat Lampung bertajuk Gamolan Pekhing atau yang mahsyur dengan sebutan Cetik Lampung. Kampung adat (Tiuh Adat) Lampung yang tersebar di kawasan Raja Basa, Kedamaian, Labuhan Dalam, Jaga Baya dan Negeri Olok Gading – adalah beberapa kawasan yang masih menyajikan rumah adat khas Lampung Pepadun dan Saibatin dengan indah. Selain itu di Bandar Lampung juga tumbuh subur sanggar sanggar tari yang kerap mengetengahkan ragam bentuk tari kreasi Lampung dalam gelaran pesta adat dan seni. Termasuk Padepokan Pencak Silat Lampung di Rajabasa, gelaran Begawi Adat - Begawi Bandar Lampung (BBL) event seni budaya tahunan di Bandar Lampung.  Terdapatnya MPAL (Majelis Penyimbang Adat Lampung) dan perkumpulan Jurai Adat Istiadat baik Adat Lampung maupun pendatang yang hidup rukun berdampingan di Kota Bandar Lampung.


Tari Melinting - salah satu jenis tari dari keratuan Melinting yang dapat di saksikan di Bandar Lampung dalam beberapa acara / pertunjukan kesenian.


WISATA KULINER

Yang memesona dari Lampung adalah keterbukaan provinsi ini menerima pendatang dari kawasan manapun  di Indonesia. Segala jenis suku, agama dan ras hidup rukun berdampingan dalam nuansa modernitas tetapi kekerabatan masyarakat Lampung yang tidak punah meski Bandar Lampung menuju kota Metropilitan. Soal Kuliner, wisatawan akan dimanjakan dengan ada banyak pilihan sajian bersantap dengan ragam dan rasa yang pasti disukai semua wisatawan. Tentu disukai wisatawan karena segala jenis makanan di Indonesia tersedia di Bandar Lampung. Mulai dari kuliner khas Aceh hingga Papua dapat menjadi tujuan bersantap para wisatawan.  Tapi bukan berarti wisatawan tidak bisa menikmati kuliner asli Lampung. Di Bandar lampung juga terdapat banyak gerai makanan yang menyajikan sajian khas masyarakat Lampung mulai dari sajian makanan olahan bercitarasa khas – Seruit Lampung hingga jenis panganan khas Lampung lainnya yang dapat di jumpai di Rumah Makan Cik Wo.
Sajian Seruit Lampung - yang merupakan makanan olahan khas masyarakat Lampung.
Selain itu, ragam pilihan kuliner, mulai dari pusat keripik hingga rumah makan yang menyajikan ragam masakan khas Lampung. Termasuk ragam gerai Kopi yang menyajikan pilihan Kopi Lampung yang menjadi pelengkap sensasi wisata kuliner wisatawan di Bandar Lampung.


WISATA USAHA KREATIF
Hal yang paling utama adalah Bandar Lampung merupakan kawasan yang menjadi penyedia dan pelaksana jasa usaha dibidang kepariwisataan di provinsi Lampung. Wisatawan bisa saja mengunjungi beragam kawasan di provinsi Lampung, tetapi Bandar Lampung akan menjadi kawasan kunjungan untuk bermalam, bersantai atau mencari oleh oleh khas Lampung. Soal jasa usaha dan sarana kepariwisataan, Bandar Lampung menyediakan ragam pilihan tempat bermalam. Mulai dari Hotel Bintang 5 hingga Hotel Melati atau penginapan sederhana lainnya. Selain itu terdapat Pengerajin Tekstile (Batik, Sulam usus dan Tapis) yang dapat wisatawan kunjungi tanpa perlu jauh jauh ke bagian lain di provinsi Lampung. Aneka Pilihan Souvenir/cinderamata juga tersedia di Bandar Lampung, terdapat di beberapa gerai pusat oleh oleh di pusat kota hingga pasar tradisional Bambu Kuning. 
Bandar Lampung sebagai pelaksana dan penyedia jasa usaha dan sarana bidang kepariwisataan, maka Bandar Lampung juga berpotensi sebagai kawasan  Wisata MICE (Meeting, Incentive, Conference dan Event).  Ditunjang banyak pilihan fasilitas penyelenggaraan MICE diantaranya ; ragam jenis Hotel dengan fasilitas ; Convention Center, Ruang Serba Guna dan Meeting Room. 


Landscape jantung Kota Bandar Lampung
Selayaknya, Bandar Lampung tidak hanya sekedar Etalase bagi wisatawan tetapi juga kawasan yang layak dieksplorasi. Sebagai Ibukota provinsi Lampung, Bandar Lampung memiliki pesona yang beragam. Memang bagi masyarakat pada umumnya, Bandar Lampung merupakan hunian yang bergerak menuju kota padat penduduk dengan ragam aktivitas  dan permasalahan metropolitan didalamnya. Hingga wajar jika sebagian orang melupakan bahwa ada keindahan dan keunikan yang Kota Bandar Lampung dapat tawarkan. Seperti beberapa perbukitan yang dapat dijadikan point view bersantai para pengunjung. Bahkan pasar tradisional di Bandar Lampung yang memiliki ke-khas-an tersendiri.  Karena bisa jadi, pasar tradisional bagi sebagian masyarakat perkotaan adalah hal biasa. Tapi bagi pengunjung luar daerah atau bahkan mancanegara, pasar Tradisional dapat dijadikan acuan kehidupan khas masyarakat setempat.

Perspektif wisata setiap personal tentu berbeda. Bisa jadi sebagian mengagungkan kemewahan dan fasilitas serba modern adalah tujuan wisata. Tetapi pasti masih ada sebagian orang yang berkenan menikmati suasana asri dengan fasilitas sederhana dan keragaman budaya sebagai daya tarik tersendiri dalam berwisata.

Tertarik menikmati keragaman pesona wisata dan budaya?, Bandar Lampung layak kamu nikmati. Karena Bandar Lampung – Kota Ragam Pesona.

2 komentar :

  1. Lampung itu Indonesia mini, khususnya kota Bandar Lampung. Hampir semua kuliner ada di kota tercinta ini. Dari yang khas Lampung sampai nasional ada...

    BalasHapus
  2. Memanglah Lampung itu wajib ditangani. Iya Memiliki segalanya. Dari alam budaya sampai kuliner. Kalau dijelajahi semua Tidak cukup waktu setahun. Beruntunglah saya sudah beberapa kali berkunjung ke Lampung dan mengeksplorasi potensi wisatanya :)

    BalasHapus

Scroll To Top