Dunia Inspirasi Penuh Warna by Indra Pradya

Sabtu, 06 Januari 2018

MEWAKILI INDONESIA DI KERALA BLOG EXPRESS?, SIMAK 10 HAL PENTING BERIKUT




Jadi perwakilan Indonesia dalam ajang perkumpulan 30 blogger dari 30 negara yang aktivitasnya berpusat di Kerala – India bagian selatan, tentu membawa kebahagiaan tersendiri. Ingat, siapapun yang terpilih pasti telah melalui proses panjang sejak awal melakukan pendaftaran hingga totalitas mengumpulkan vote sampai akhirnya mendapat ucapan selamat dari penyelenggara dan kemudian berangkat ke Kerala dengan fasilitas penunjang yang mengagumkan.

tentu mudah menemukan saya dinatara Blogger lainnya


Beruntung saya pernah menjadi bagian dari KeralaBlog Express Season 4 diawal tahun 2017. Berdasarkan dari pengalaman menjalani kegiatan selama 15 hari di Kerala tersebut, berikut beberapa hal yang penting untuk diingat (syukur bila dipraktekkan), bila kamu menjadi peserta Kerala Blog Express.

1.                TERIMA  PESERTA DAN PANITIA LAYAKNYA SAUDARA
Usai mengalami penerbangan yang melelahkan, bukan berarti kita harus belagak bak pesohor yang butuh istirahat total!. Panitia akan melakukan penjemputan di bandara. Bahkan (dalam angkatan saya), ada peliputan media lokal lengkap dengan host yang akan menyambut kedatangan peserta di bandara dengan karangan bunga, layaknya penyambutan orang penting! – please, gak perlu pake dadah dadah kayak artis ya!..., hahaha.
Tergabung dalam event sekelas Kerala Blog Express menuntut peserta membuka diri menerima segala pihak yang terlibat didalamnya.  Biasanya, kita terkecoh dengan kesan pertama. Bisa jadi kita merasa sikap dan garis wajah seseorang yang kita temui tidak sesuai dengan keinginan kita. Jangan langsung melakukan penolakan. Siapa tahu doi sedang tak enak body!, hehehe.
Yes, seluruh panitia dan peserta adalah pihak yang harus kamu terima layaknya keluarga baru. Begitupun roommate-mu. Siapa dan dari negara manapun ia, syukuri dan jadikan partner kompak supaya hari-hari mu akan semakin seru. Termasuk juga berkenan menerima kekurangan diri dari rekan sekamar kita itu. Bayangkan, bila kamu akrab dengan semua panitia dan 29 blogger kece dari luar negeri?, itu ‘modal’ yang tak ternilai lho!.


bangganya saya jadi bagian dari Kerala Blog Express

2.                TAHU DIRI DAN TAHU KESEHATAN DIRI SENDIRI
Kamu wajib pandai membawa diri. Tahu diri berarti juga tahu kepasitas diri. Kamu wajib aktif sebagai antusias diri, tapi jangan over PeDe ya, hehehe. Nantinya, dalam beberapa kesempatan, akan ada sosok-sosok yang mendapat tugas khusus, yakni ; jadi model photo atau  model video. Nah, kamu jangan sirsak alias syiriq kalo gak pernah diajak terlibat dalam pengambilan gambar. Karena memang panitia akan mengkhususkan personal yang potogenit dan kameragenit untuk urusan tersebut. Bila kamu tidak dilibatkan, bukan berarti kamu buruk rupa, tapi bisa jadi wajahmu tak terlalu kameragenit. Ya kayak saya ini!, gak kameragenit samasekali!. Untungnya, meski saya tidak kameragenit, saya punya kemampuan menyanyi dan menari yang cukup bisa diandalkan. Jadi tetap aja ada dibarisan depan kalo soal tampil nyanyi dan memandu jogged satu kelompok. Akhirnya direkam dan di photo juga kan? Hehehe.
Yang juga tak kalah penting,  jagalah kesehatan diri sendiri.  15 hari itu bukan waktu yang sesaat. Kegiatan super padat dari pagi hingga malam sekali akan kamu alami. Bawalah obat-obatan pribadi dari tanah air. Jangan ikutan begedang kalo kondisi fisik tak memungkinkan. Jaga asupan makan. Bila lambung tak menerima makanan pedas, jangan ngoyo sok oke makan pedas!. Contoh, saya tak sanggup makan santan terlalu banyak, maka meski ada sajian menu berkuah santan menggiurkan, saya tetap jaga diri untuk tidak melahapnya terlampau banyak.

3.                SIAPKAN ‘BANK MOOD’
Suasana diri dapat berubah setiap saat. Bahkan diwaktu dan lokasi yang tak pernah kita ketahui. Siapkan hal-hal penunjang yang bisa mengembalikan ‘suasana hati’ kamu. Dengarkan musik misalnya. Atau menyendiri sejenak – keluar dari keramaian. Tapi jangan lama-lama yaaa…, nanti malah ketinggalan bis lho, hehehe. Meski dalam beberapa photo dan video saya selalu tampil ceria, tapi saya juga pernah mengalami ‘suasana suram’, kok. Yang saya lakukan, keluar dari keramaian, ke toilet, atau ke kawasan sepi – taman belakang hotel misalnya. Lakukan rileksasi sesaat, senam wajah atau bergumam agar semangat kembali lagi. Saya juga kerap mendengarkan lagu-lagu berlirik positif dan berirama lembut sebelum tidur dan mendengarkan lagu-lagu berirama menghentak untuk memulai hari. Dan, obat ampuh mengembalikan semangat diri adalah mengingat semua usaha yang telah kita lakukan agar terpilih mewakili Indonesia diajang Kerala Blog Express!. Sungguh upaya keras yang patut kita hargai dan nikmati.

4.                KEMAS KOPER?, BAWA CENDERAMATA
Saat mengemas barang bawaan, tak ada salahnya kamu bawa koper segede gaban. Karena kelak itu berguna buat membawa banyak souvenir yang panitia beri, termasuk pemberian owner dari lokasi wisata yang kamu kunjungi. Swear!! Its Work!. Dulu,  Mba Donna – wakil Indonesia dalam Kerala Blog Express Season 2 menyarankan saya untuk bawa Koper besar, dan itu berguna sekali!. Selain itu,  saya dapat saran dari Yayan – perwakilan Indonesia di Kerala Blog Express Season 3 yang mengindahkan saya untuk membawa cenderamata. Kemudian saya membekali diri dengan beragam cenderamata khas Lampung untuk Menteri Pariwisata dan pihak SilkAir yang cover tiket PP (yang saya beri dihari pertama pembukaan acara), lalu panitia inti dan pendamping serta sesama peserta (yang saya beri di hari terakhir saat pesta perpisahan). Hasilnya, kamu akan dapat pelukan cinta kasih dari semua orang. Dan tentu kamu akan mencuri perhatian banyak pihak dengan berbaik diri bawa buah tangan, hahahah.

Kalungkan Kain Tapis Lampung ke pak Menteri Pariwisata India

serahkan batik Lampung dan Kopi dari Els Coffee

pak Menteri ajak Wefie bareng, yeeeyyy!!!
 
masuk koran!


masuk Koran!!

5.                JADILAH DUTA BANGSA
Menjadi bagian dari perkumpulan blogger 30 negara tentu tak hanya membawa diri dan nama kita secara personal. Tetapi juga membawaserta nama negara. Itulah sebabnya, tak salah bila kita membawa identitas negara kita dalam beragam aktivitas yang kita jalani. Sebagai contoh saya mengenakan Ikat kepala khas Lampung – Kiket Lampung selama di Kerala. Ikat kepala itu efektif menjadi tanda pengenal saya diantara peserta lainnya. Panitia akan sangat mudah mengingat saya. Beberapa peserta lainnya pun begitu, ada yang mengenakan gelang khas negaranya, scarf kecil yang mereka lilit di lengan atau leher. Ada pula yang mengenakan topi hingga aksesories khas negara mereka masing-masing. Secara tak langsung, kamu akan jadi representatif negaramu.

Baca juga ; Mengenal Kiket Lampung - Ikat Kepala Khas Pria Lampung.

6.                JADILAH PENDENGAR AKTIF
Akan sering terjadi pembicaraan disela waktu kegiatan. Entah obrolan di meja makan, selama di dalam bis atau di jeda rehat antar kegiatan.  Jadilah pendengar aktif. Tak hanya sekedar mendengar, tetapi juga menyerap informasi yang orang lain kemukakan. Simak dengan wajah antusias dan apresiasi. Saya tak begitu mahir bahasa inggris, tapi ketika saya mengemukakan sebuah wacana dengan bahasa inggris yang super terbata-bata, semua tetap antusias dan berkenan sabar menyimak. Tidak ada yang menyela apalagi menertawakan kemampuan bahasa inggris saya yang kadang, secara susunan kata kerap terbolak-balik.

7.                OJO SOTOY MAROTOY
Jangan belagak tahu akan suatu hal,  bila benar-benar tak tahu.  Sampaikanlah sesuatu yang benar-benar kamu ketahui, termasuk hal-hal yang tak terlalu kamu kuasai. Dalam sebuah bincang santai usai santap malam, tema obrolan kala itu ialah aturan pajak tiap negara.  Saya pun dapat giliran angkat bicara soal pajak di Indonesia. Bukan berarti saya terdiam atau menolak berargumen. Saya tetap sampaikan pengantar soal pajak dalam bidang industri dan perseorangan sesuai pengetahuan saya. Meski kemudian saya sampaikan bahwa saya tidak mengetahui secara rinci dari dua jenis pajak yang saya ketahui tersebut. Dan mereka menghargai hal tersebut.

kebersamaan ditiap lokasi kunjungan

tahu dong saya yang mana ??
8.                HINDARI CANDAAN RECEH!
Melontarkan bahan candaan juga menjadi bagian dari pergaulan. Tapi ingat, sebagaimana aturan dari komunikasi internasional, kamu jangan mengemukakan bahan candaan yang berkenaan dengan hal-hal yang bersifat pribadi. Jangan membawa hal-hal sensitif, seperti ; agama, suku, kekurangan sebuah negara, tradisi personal hingga rupa fisik seseorang dalam ranah becanda. Berbanding terbalik dengan apa yang ada di Nusantara. Bentuk fisik kadang jadi bahan becandaan hingga tersiar langsung di TV nasional. Ingat, kebiasaan menertawakan orang karena fisik dan kekonyolannya tidak berlaku untuk hubungan antar personal skala internasional. Saya sendiri paling suka menyajikan parodi pesohor internasional, baik gaya bicara, bahasa tubuh maupun lagu mereka sebagai bahan kelakar. Karena smua orang pastilah kenal dengan pesohor dunia tersebut.



9.                JANGAN MASUK LINGKARAN DAN SKENARIO ORANG!
Dalam perjalanan 15 hari di Kerala. Tak semua aktivitas berlangsung lancar. Kelak, akan ada hal-hal remeh temeh yang kemudian menjadi pematik pertengkaran, entah dalam skala kelompok maupun berorangan. Saran saja, tak perlu memihak siapapun. Jadilah personal yang netral. Ditengah perjalanan, kelak akan terlihat ada beberapa pihak yang berbeda. Jangan memihak siapapun!. Dekatkan diri dengan siapapun tanpa membahas siapapun.  Ingat, jangan masuk skenario yang dibuat orang lain.  Selagi bukan hal-hal prinsip tak perlulah ikut-ikutan. Apalagi memutuskan untuk bertindak. Kecuali kalo Suami atau Istri mu direbut orang!, Nah, itu baru bertindak!. Eh, kan ke Kerala gak bawa Suami atau Istri ya?!, hahahahhaha. Maaf. 

soal mimpin joged, saya pasti di depan!!

tampil joged india!!

soal parodi celebriti?!, saya maju!!
10.          LIGAT!, NIKMATI SEMUANYA.
Jadilah pribadi yang disiplin. Patuh pada jadwal acara dan kunjungan yang telah di susun panitia. Panitia akan sangat ketat soal kedisiplinan peserta. Terlebih beberapa akses dari satu lokasi ke lokasi lainnya tidaklah mudah. Butuh waktu untuk menjangkau kawasan tujuan.  Maka jadilah sosok yang kooperatif terhadap ketentuan panitia. Lagi pula, panitianya asik kok, mereka akan ketat untuk hal-hal penting atau yang bersifat sponsor, tapi tak jarang Panitia memberi kebebasan pada peserta untuk memanfaatkan waktu luang. Bila sudah diberi waktu luang, peserta mulai dech, kucar kacir dengan pilihan masing-masing, ada yang pijat di hotel (bayar sendiri), ada yang memuaskan hasrat tidur atau ke pasar tradisional terdekat, seperti saya!.
Selain itu, jangan terlalu banyak sanggahan ke panitia. Jangan terlalu jadi pribadi yang senang komplain.  Bila bukan hal prinsip dan membahayakan nyawa, tak perlulah melakukan sanggahan. Nikmati semua yang disajikan panitia. Apapun bentuknya ; hotel, makanan, transportasi, hiburan, penyambutan sampai fasilitas pendukung untuk peserta, nikmati saja. toh pengalaman saya, semua yang saya terima adalah yang terbaik kok. Super sepadan dengan usaha ngumpulin vote siang malam itu.

Kerala Blog Express Season 4

Meski telah berupaya jadi pribadi yang baik, kita tak mungkin membahagiakan semua pihak selama menjalani acara. Tapi bila 10 hal yang saya uraikan diatas dipraktekkan, percayalah, kamu akan jadi pribadi yang dapat diterima semua pihak. Tampilkan kebahagiaan melalui gerak tubuh dan pancaran wajah setiap hari. Jadilah pribadi yang berkenan menyesuaikan diri, apapun kondisinya. Tebar kebahagiaan, maka kebahagiaan akan terus menghampiri kamu selama acara berlangsung. Bahkan hingga acara berakhir, banyak pihak yang akan merindukan dirimu, unch!.
Selamat menjadi peserta Kerala Blog Express. It’s Trip of a Lifetime.

14 komentar :

  1. Aku mulai berasa aura Kerala nih bang...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yesssss You Will. Bersiaplah mengguncang KERALA.

      Hapus
  2. SEMUA POINNYA BENEEER SEMUA *lha aku histeris saking setujunya hahaha.

    Di season 3, ada 2 orang yang harus dilarikan ke rumah sakit. Satu harus opname dan diinfus semalaman. Satunya lagi harus stay beberapa jam.

    Mendekati hari-hari akhir, blogger Brazil "kecelakaan" karena terburu-buru ngejar foto festival jalanan, kecium aspal sampe diperban kayak mumi heehehe.

    Kepikiran buat nulis hal serupa. Makasih baaang atas inspirasinya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yayan!!.... hahahahahahah sebenarnya aku iseng tulis ini gegara belum dapet ide soal Deadline yang Yayan ajukan itu hahaahha btw di angkatan aku juga ada yang tertimpa lampu gantung di hari ke 12 tapi itu murni salah lampu gantung nya wkwkwkwkwkw...... aaaerrggghhhh aku kangen moment dan semua orang di kerala !! Semoga ada kesempatan kesana lagi (Ngarep.com!) hahaha

      Hapus
    2. Hahaha gakpapa bang, DL-nya masih 4 hari dan bisa diperpanjang sesuai kesepakatan hihihi. Nah ini yang lampu gantung menarik bang *lol* <-- mentertawakan kesialan orang lain. :))

      Hapus
  3. Saya gak bisa gimana bahagia dan ributnya berada di satu lingkaran yang isinya manusia dari 30 negara yang berbeda!

    Pasti diwarnai perbedaan, namun bersatu dalam satu waktu. I do agree if it's one of your greatest trip ever bang! Huehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yes...itu dia..seru banged.... masih pingin rasanya merasakan keseruan itu. semoga bisa bertemu lagi dengan mereka di kesempatan dan lokasi yang berbeda (ngarep.com) hahahahahha

      Hapus
  4. ahahah anjay... seru bacanya... Aku udah merasa ikut tour 15 hari. hem, 15 hari lama juga ya... gak kebayang Koh Deddy nanti ikut mewakili Indonesia...

    15 hari pasti ada drama2nya juga ya Mas.. tiga hari ketemu aja ada aja yg bikin emosi

    BalasHapus
    Balasan
    1. yess.... seru mampus.... Drama? gak ada sih..paling debat debat kecil aja . beda pandangan. wajar lah kan dari latarbelakang yang beda beda..hehehe.... tapi seru mampus laahh..pengen lagi.tapi yang udah pernah gak bisa ikutan lagi hahaha

      Hapus
  5. Nggak kebayang betapa harus banget disiplin ya mas. Seruuu ketemu orang beda negara dan tantangannya pasti cukup banyak. Jadwal dari panitia rapih ya pastiii.. aku pernah ikut jelajah gizi yg lokal aja udah seneng dan padet acaranya. Gmn iniii.. 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. yes. disiplin wajib banged. ampe singgah ke toilet aja ada waktu tersendiri. Panitia nya keren atur semua jadwal perjalanan termasuk sesi entertain. meski tegas dalam disiplin, panitia juga kasih waktu rehat yang juga menyenangkan.

      Hapus
  6. Serasa ikut ajang pemilihan ratu sejagad ya mz. Disiplin sekali. Aku dari dulu selalu terpesona (sekaligus ngiri) sama orang-orang yang ikut Kerala Blog Kontes ini. Masalahnya, cutiku gak sebanyak dirimu gitu untuk bisa bepergian dalam waktu agak lama. Pasti jadi pengalaman tak terlupakan :)

    BalasHapus
  7. pasti menterinya seneng bgt itu mas..
    semoga bbrapa tahun kedepan bisa ikutan ajang ini :D. bawa cinderamata apa ya :hmmm

    BalasHapus
  8. Wah postingan yang bagus sekali, ngasi insight amat detail. Berasa ikut miss universe ya. Andai ada moment, Indraa, Lampuung, Indonesiaaaa

    BalasHapus

Scroll To Top