Dunia Inspirasi Penuh Warna by Indra Pradya

Selasa, 21 Mei 2019

TIPS MENANG DI MULI MEKHANAI BANDAR LAMPUNG



Minat anak muda terlibat dalam ajang pemilihan Muli Mekhanai  saat ini semakin meningkat.  Terbukti dari jumlah pendaftar yang semakin bertambah setiap tahun pelaksanaannya.  Bisa jadi ada suatu kebanggaan pada gelar yang di sandang ketika meraih keberhasilan dari sebuah kompetisi yang di ikuti.  Meski sayangnya, tak semua peserta yang terlibat dalam ajang pemilihan Muli Mekhanai memahami apa yang mesti mereka persiapkan. Nyaris sebagian besar dari mereka yang ikut mendaftar hanya karena iseng atau paksaan dari kerabat hingga teman dekat.


Sebagai pihak yang telah terlibat di balik layar pemilihan Muli Mekhanai Kota Bandar Lampung sejak tahun 2003, berikut akan saya uraikan beberapa hal yang dapat di jadikan acuan agar mendapatkan hasil maksimal di ajang pemilihan Muli Mekhanai Kota Bandar Lampung.  Oh ia, tips ini berlaku hanya untuk pemilihan Muli Mekhanai di Kota Bandar Lampung yaa…  
Karena saya tidak terlibat dalam ajang pemilihan Muli Mekhanai di kawasan lain dalam provinsi Lampung.  Dan bahkan saya tidak yakin Muli Mekhanai kawasan lain di provinsi Lampung memiliki standard penilaian seperti  pada pemilihan Muli Mekhanai Kota Bandar Lampung. Mari simak pemaparan tips berikut …


TAK HANYA SEKEDAR  3B.

Bila penilaian pada ajang Beauty Pageants atau Pemilihan Duta Wisata bahkan pemilihan Muli Mekhanai  kerap bertumpu pada 3B ; Brain, Beauty and Behavior. Tetapi dalam pemilihan Muli Mekhanai Kota Bandar Lampung penilaian pada setiap peserta meliputi  MPT ; Mentality, Personality and Talent.  Tiga komponen penilaian yang lebih spesifik dari setiap personal peserta.  Mentality adalah penilaian pada personal peserta yang memiliki daya juang, daya saing dan daya kompetisi mulai sejak pertemuan pertama hingga berprogress dalam jangka waktu pemilihan berlangsung. Mental setiap personal yang ikut serta dalam ajang pemilihan Muli Mekhanai Kota Bandar Lampung telah terasah sejak masa audisi. Karena setiap peserta wajib menghadirikan dirinya secara utuh dalam ruang audisi. Dipastikan tak ada peserta yang tinggal terima beres di daftarkan dan di urusi oleh agency model yang mewakilinya sebagaimana seorang anak yang tinggal menerima suapan dari sang Mama tanpa perlu bersusah payah. Personality adalah hal spesifik kedua dari penialaian seseorang yang terlibat dalam ajang  Pemilihan Muli Mekhanai Kota Bandar Lampung. Penilaian Personality tak hanya soal tampilan cantik dan tampan semata, tapi lebih pada keindahan sikap, tingkah laku, etika hingga meliputi tampilan diri secara keseluruhan. Menjadi Muli Mekhanai Kota Bandar Lampung bukan hanya soal pesona visual semata.  Bukan!. Pemilihan Muli Mekhanai itu ajang pencarian Duta Wisata Daerah bukan ajang cari model dengan keelokan fisik semata. Karena Muli Mekhanai  kelak wajib menjadi sosok muda panutan dalam bidang seni budaya dan pariwisata. Dan untuk menjadi sosok panutan, anak muda wajib memiliki nilai diri berupa personal yang memiliki pengetahuan dengan jiwa membumi, tidak pongah apalagi lupa diri.

Komponen ke tiga yang juga penting di ingat bagi kalian yang akan terlibat dalam Pemilihan Muli Mekhanai Kota Bandar Lampung adalah Talent. Bakat personal setiap peserta menjadi pembeda dan nilai tambah dalam masa penjurian.  Bakat dari setiap personal tidak hanya sekedar menyanyi dan menari saja. Penyelenggara juga mengapresiasi bakat yang telah melekat pada setiap diri peserta. Terlebih bagi mereka yang telah mendapatkan prestasi berdasarkan bakat yang di miliki.  Jadi tidak akan terjadi pembatasan tampilan bakat seseorang dalam ajang pemilihan Muli Mekhanai Kota Bandar Lampung. Bila kamu seorang atlet maka silakan menunjukkan bakat sesuai bidang mu. Bukannya di paksa kan hanya boleh menyanyi dan menari. Itu tanda pengekangan  terhadap potensi dan kreativitas diri.


PERSONAL PAKET LENGKAP.

Buat kamu yang sedang mempersiapkan diri untuk ikutserta ajang pemilihan Muli Mekhanai Kota Bandar Lampung baiknya perhatikan apa yang sudah kamu persiapkan. Tampilan fisik bukan jadi aspek utama untuk meraih gelar juara.  Percuma cantik atau ganteng tapi etika personalnya tak menyenangkan. Buat apa cantik dan tampan tapi sombong, songong, malas bergaul karena merasa diri paling cantik/ganteng. Pesona diri yang menawan pun tak cukup bila ‘isi kepala’ kosong.  Cantik dan Tampan yang sesungguhnya adalah keindahan sikap dan luasnya wawasan.  Tak kan ada daya pikat bila keindahan fisik tidak di sertai dengan kematangan wawasa. Jangan sampai terkena istilah ‘Beauty without Brain’ atau ‘Beauty without Attitude’. 

Pemilihan Muli Mekhanai Kota Bandar Lampung juga tidak memilih sosok yang sekedar pintar saja. Karena apalah artinya pintar bila pembawaan arogan. Lagi pula ajang Muli Mekhanai bukan ajang cerdas cermat.  Tidak pula di pertanyakan soal rumus logaritma dan hitungan seperti dalam pelajaran Matematika. Jadi kamu gak perlu terlalu super pintar. Setidaknya paham akan dunia seni budaya dan pariwisata baik lokal maupun nasional, lalu memiliki pemahaman akan permasalahan lokal maupun global yang sedang berlangsung,  syukur-syukur punya solusi yang baik. Dan memiliki kepekaan sosial yang memadai. Plus memiliki keterlibatan dalam organisasi atau komunitas sosial yang non profit hingga memiliki pencapaian prestasi di bidang yang telah di tekuni. Itu nilai tambah yang pasti mencuri perhatian dewan juri.

Di Ikatan Muli Mekhanai Kota Bandar Lampung (IMKOBAL), pencarian sosok Muli Mekhanai adalah upaya mencari Sumber Daya Manusia (SDM) muda yang tak hanya aktif tetapi juga memiliki kematangan mental,  keindahan personal  dan pesona bakat. Sejak pelaksanaan sistem Audisi di tahun 2010, ajang Muli Mekhanai di Bandar Lampung tak hanya sekedar cari sosok cantik dan ganteng. Bukan soal gegayaan bak super model. Tapi sosok yang berkenan berkarya dan berprogress bersama dalam tubuh organisasi IMKOBAL seusai malam Grand Final bukan malah bubar jalan setelah malam final.

Pesan saya untuk para Muli (puteri), tampilkan diri secara bersahaja selama proses pemilihan berlangsung. Selalu mampu mempresentasikan diri dalam wujud yang rapih, resik, terawat dan murah senyum. Atittude adalah hal utama. Untuk Mekhanai (putera) jadilah sosok yang ‘charming’  menyenangkan. Wajib jadi sosok yang aktif berwibawa, bukan pecicilan atau malah terlalu pencitraan (jaim).  Nikmati proses dalam tahapan demi tahapan pemilihan. Karena  pasti ada nilai dari proses panjang yang di lalui untuk jadi SDM muda berkualitas dan bernilai. Selamat Mencoba.

0 comments :

Posting Komentar

Scroll To Top