Dunia Inspirasi Penuh Warna by Indra Pradya

Selasa, 22 September 2015

7 ALASAN MENGAPA HARUS KE LAMPUNG.

salah satu Surga di provinsi Lampung - Pulau Pisag - Pesisir Barat Provinsi Lampung.


Setiap wisatawan punya alasan mengapa mereka berkunjung ke sebuah kawasan wisata. Gaya berwisata setiap personalpun berbeda seiring dengan gaya hidup masa kini. Tapi yang pasti, keunggulan destinasi wisata sebuah daerah dengan segala keunikan dan fasilitas penunjangnya tentu jadi alasan kuat setiap orang untuk berkunjung.


bersanding apik ; daratan, perbukitan dan hamparan pesisir teluk lampung.


Tak jauh berbeda dengan Lampung. Provinsi yang terletak di paling selatan dari pulau Sumatera ini memiliki banyak keunggulan yang dapat dijadikan alasan mengapa wisatawan harus datang mengunjungi, merasakan langsung Lampung dan kemudian meng-eksplorasi hingga jatuh cinta dan memberikan rekomendasi pada rekan dan kerabat untuk bertandang ke Lampung.

Setidaknya, berikut 7 alasan mengapa provinsi Lampung menarik untuk di kunjungi ;




1.      LOKASI YANG MUDAH DI AKSES.
Secara geografis, provinsi Lampung adalah pintu gerbang yang menghubungkan pulau Jawa dengan pulau Sumatera. Itulah sebabnya akses dari pulau Jawa ke Sumatera sangat  bersinggungan dengan provinsi Lampung. Untuk jarak tempuh via darat, Jakarta ke Lampung dan sebaliknya dapat di tempuh dalam waktu 8 jam perjalanan di mulai dari Jakarta hingga lepas tol Merak dan bermuara pada pelayaran mengarungi samudera sebelum akhirnya tiba di  pelabuhan Bakauheni di provinsi Lampung bagian selatan. Dari Bakauheni pengunjung bisa dengan leluasa memilih kendaraan umum untuk melanjutkan perjalanan. Bus umum dan travel tersedia dengan mudah begitu pengunjung turun dari kapal ferry. Bahkan bus antar provinsi di pulau Sumatera pun mudah di jumpai di pelabuhan Bakauheni. Bagi pemilik kendaraan pribadi, perjalanan akan sangat mudah diakses setelah turun dari kapal Ferry. Rute ke beberapa bagian Kabupaten atau Kota di provinsi Lampung dapat dilakukan dengan lancar.
Tak terkecuali bagi pengunjung dari provinsi Sumatera Selatan dan provinsi lain yang bersinggungan langsung dengan provinsi Lampung. Dari provinsi Sumatera Selatan atau kota dan kabupaten di Sumatera Selatan akses ke Provinsi Lampung dapat di lakukan dengan mengendarai mobil pribadi atau kendaraan umum berupa bus atau travel dengan jarak tempuh lebih kurang 10 jam dari  Palembang – Sumatera Selatan ke  Bandar Lampung – Lampung. Fasilitas Kereta api yang menghubungkan Lampung dengan Sumatera Selatan dengan jadwal bepergian  pada pagi dan malam.
Selain itu jadwal penerbangan yang tersedia dari Jakarta ke Lampung atau sebaliknya cukup banyak pilihan dengan jadwal penerbangan yang fleksibel dan jarak tempuh penerbangan hanya 25 menit saja.  Selain itu tersedia pula  Rute Direct Flight dari Bandar Lampung ke Bandung, atau Bandar Lampung ke Palembang.

pesona kekayaan Alam Provinsi Lampung.


2.         PESONA RAGAM OBJEK WISATA DI LAMPUNG.
Objek wisata tentu menjadi alasan pengunjung bertandang ke sebuah kawasan. Begitu pula dengan Lampung. Provinsi Lampung memiliki beragam pilihan destinasi wisata yang layak di kunjungi karena keunikannya. Bagi warga dari Jakarta atau Palembang, wisata pantai biasanya jadi primadona kunjungan. Karena memang beberapa kabupaten di provinsi Lampung memiliki pesona wisata pantai yang menarik. Selain wisata bahari, keindahan alam provinsi Lampung terbingkai lengkap dalam landscape menakjubkan di beberapa spot wisata alam, seperti pegunungan dan perbukitan. Dan yang paling layak untuk di kunjungi adalah kawasan wisata yang masuk dalam 7 destinasi wisata unggulan provinsi Lampung, diantaranya ;
1.    Menara Siger – merupakan icon kunjungan wisata di Provinsi Lampung yang terletak di bagian selatan provinsi Lampung. Menara Siger langsung dapat terlihat bagi wisatawan yang berkunjung ke Lampung dari pulau Jawa via darat. Menara Siger akan langsung terpampang gagah menyambut pengunjung begitu berlabuh di dermaga Bakauheni – Lampung Selatan.
2.    Gunung Anak Krakatau – merupakan Cagar Alam terkenal sejak letusan Gunung Krakatau yang menggemparkan dunia di tahun  1883. Sebenarnya Gunung Anak Krakatau bukan merupakan kawasan wisata umum yang bebas di kunjungi. Selain Gunung Anak Krakatau, ada beberapa pesona wisata pantai dan pulau yang berdekatan dengan gunung Anak Krakatau yang sayang untuk tidak di kunjungi. Diantaranya Pulau Sabesi dan Sabuku, pulau Umang dan Lagoon Cabe yang merupakan spot Snorkeling dan diving terbaik di sekitar gunung Anak Krakatau. Beruntung ada Festival Krakatau yang di gelar pemerintah daerah provinsi Lampung yang dapat mengakomodir keinginan khalayak berkunjung ke Gunung Anak Krakatau tersebut.
3.        Taman Nasonal Way Kambas – Terletak di kabupaten Lampung Timur, Taman Nasional Way Kambas menjadi tempat perlindungan gajah dan juga kawasan konservasi dari badak sumatera. Di kawasan ini pengunjung dapat berinteraksi dengan gajah gajah yang hidup di bentangan lahan sebagai bagian dari habitat hidup gajah gajah tersebut.
4.        Taman Nasional Bukit Barisan Selatan – Sebagai bagian dari cagar alam suaka margasatwa ini menyimpan banyak pesona yang layak di kunjungi bagi pencinta wisata alam di Indonesia. 70 persen dari bentangan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan masuk dalam wilayah kabupaten Tanggamus dan Lampung Barat – provinsi Lampung dan sisanya masuk dalam kawasan Kaur – bagian selatan provinsi Bengkulu dan sebagian  lagi dalam wilayah Sumatera Selatan. Menyusuri jalan yang membelah bagian dalam kawasan Taman Nasonal Bukit Barisan Selatan pengunjung akan merasakan langsung suasana hutan hujan tropis dengan ragam flora dan fauna yang masih dapat di jumpai. Jika beruntung pengunjung akan melihat species kera bergelantungan di pepohonan dalam Taman Nasional Bukit Barisan Selatan sepanjang perjalanan.
5.        Teluk Kiluan – Masuk dalam wilayak kabupaten Tanggamus – Lampung, Teluk Kiluan adalah destinasi wisata bahari yang unik lagi mempesona. Pengunjung tak hanya dapat menikmati hamparan pasir lembut dengan air laut biru toska yang memanjakan mata tetapi juga lumba lumba yang dapat di saksikan setiap pagi pada pukul 06.00 s/d 10.00WIB di perariran laut lepas. Lumba Lumba di Teluk Kiluan akan beraksi melompat lincah diantaa jajaran perahu jukung pengunjung tapa paksaan dan siksaan seperti yag terjadi pada atraksi sirkus Lumba Lumba.
6.        Tanjung Setia – Anda penyuka Surfing ?, Pantai Tanjung Setia adalah pilihan tepat untuk Surfing. Ada ratusan wisatawan asing berdatangan ke Pantai Tanjung Setia setiap musim Surfing tiba. Menuju kawasan Tanjung Setia pengunjung pasti akan melalui kawasan Taman nasional Bukit Barisan Selatan jika melalui rute kabupaten Tanggamus. Selain itu, ada banyak spot pantai menarik yang dapat di kunjungi jika berkunjung di Tanjung Setia, karena letaknya di kabupaten Pesisir Barat yang terkenal dengan sorganya wisata bahari di provinsi Lampung.
7.      Ragam Pesona Wisata Bandar Lampung – Sebagai pusat pemerintahan dan jasa, Bandar Lampung bagai Etalase bagi pendatang yang ingin mengetahui provinsi Lampung. Di Bandar Lampung pengunjung dapat menyaksikan keindahan bentangan garis pesisir Teluk Lampung yang mempesona yang menghubungkan pengunjung dengan pulau pulau kecil nan indah yang jaraknya dekat dengan Bandar Lampung walau bukan bagian dari teritori kota Badar Lampung. Selain itu keindahan wisata alam – ekowisata Batu Putuk yang layak di kunjungi dengan ragam wisata alam buatan hingga pesona gunung Betung yang masih menyimpan keanekaragaman flora dan fauna menarik yang cocok dijadikan wisata refreshing bagi warga perkotaan ditengah keramaian kota dengan segala fasilitas penunjang perkotaan di Bandar Lampung.

berkunjunglah ke Lampung untuk menikmati suasana seperti ini.

Tampilan Gagah Gunung Anak Krakatau

Sebagain hamparan dari Taman nasional Way Kambas - Lampung Timur - Lampung


Wisata Batu Gigi Hiu - Kelumbayan -  kabupaten Tanggamus - Lampung

Pulau Pahawang salah satu Sorga Snorkeling di Lampung



Selain 7 wisata unggulan yang terpapar diatas, provinsi Lampung masih banyak menyimpan pesona wisata yang layak di kunjungi. Misalnya Pulau Pisang di Pesisir Barat, Taman Purbakala Pugung Rahardjo, Wisata Sungai Tulang Bawang, Wisata beberapa Curub atau Air Terjun di kabupaten Way Kanan termasuk Desa Wisata Gedung Batin. Selain itu juga ada wisata alam yang mempesona di Lampung Barat, Uniknya Gigi Hiu di kabupaten Tanggamus, dan masih banyak wisata wisata minat khusus lainnya yang layak di kunjungi yang tersebar hampir diseluruh kabupaten di provinsi Lampung.

Pertemuan terindah antara, Pantai landai, batu karang, perbukitan dan ribunnya pepohonan

Landscape natural hamparan garis pesisir Teluk Lampung yang menghubungkan dengan pulau pulau mempesona di Lampung



3.                   MASYARAKAT RAMAH DAN HETEROGEN.
Sai Bumi Ruwa Jurai adalah Slogan provinsi Lampung yang berarti Satu (sai) Bumi di huni oleh Dua (ruwa) Adat (jurai) yang di maksud dengan dua adat tersebut adalah  adat asli masyarakat Lampung yakni ; Pepadun dan Saibatin – dan yang kedua adalah adat pendatang yang terdiri dari ragam suku agama dan etnis.
Provinsi Lampung sangat terbuka dengan kehadiran pendatang hal ini tercantum dalam Falsafah Hidup orang Lampung (Piil Pesenggiri) yang mencantumkan tata cara kehidupan orang Lampung baik sebagai personal maupun berinteraksi dengan pendatang dan lingkungan social.
Uniknya, pengunjung akan dapat menemui beragam suku, adat istiadat lain bahkan ragam etnis dan agama yang membaur dan bersinggungan erat namun bersahabat di Bumi Lampung. Mulai orang Aceh sampai Papua ada di Lampung. Seluruh penganut agama hidup berdampingan di Bumi Lampung. Tak heran jika Lampung mendapat julukan sebagai Indonesia Mini karena Keragamannya.

4.                   ANEKA KULINER
Karena keragaman masyarakatlah yang membuat provinsi Lampung memiliki keragaman Kuliner tapi tetap memiliki ke-khasa-an pada kuliner asli daerah Lampung.
Pengunjung tak perlu khawatir kesulitan mendapatkan ragam jenis makanan sesuai selera. Di Bandar lampung contohnya, sebagai pusat hiburan dan jasa di provinsi Lampung tersedia banyak jenis makanan. Mulai dari hidangan Aceh , manu bali, masakan Makasar terlebih ribuan rumah makan Padang hingga kuliner Papua ada di Bandar Lampung. Mulai dari makanan ala arab hingga gaya barat pun tersedia banyak pilihan di Bandar Lampung.  Bahkan ragam jenis kuliner halal hingga panganan mengandung babi pun dapat di jumpai di Bandar Lampung.
Soal makanan khas Lampung, di Bandar Lampung terdapat beberapa rumah makan khas makanan Lampung mulai dari makanan olahan Seruit yang dapat di racik langsung oleh pengunjung, aneka pindang dan ragam gulai serta pepes khas Lampung hingga aneka kue kue dan minuman khas Lampung. Di beberapa Kabupaten di provins Lampung, pengunjung pun dapat dengan mudah menemukan ke-khas-an Lampung dalam kuliner yang layak dinikmati.

5.                   KELUHURAN BUDAYA, ADAT ISTIADAT, SENI DAN AKSARA.
Meski provinsi Lampung didiami oleh beraneka-ragam suku bahkan ras dan agama tetapi budaya Lampung masih dengan mudah di jumpai di kehidupan sehari-hari. Beberapa upacara adat masih kerap berlangsung, mulai dari budaya Cangget Lampung hingga pemberian Adokh (gelar) dalam kehidupan bermasyarakat. Selain itu simbol simbol khas Lampung dapat dengan mudah di temui di kehidupan sehari hari. Sebagai contoh – penggunaan bentuk Siger pengatin di setiap bangunan di provinsi Lampung dan beberapa patung pengantin sebagai penggambaran adat istiadat pernikahan Lampung. Tak hanya itu kesenian asli Lampung juga masih dapat kita jumpai, seperti seni musik Cetik atau Gamola Pekhing yang kini mulai marak penggunaannya, lagu lagu klasik  atau pop daerah lampung, seni sastra lisan dan tertulis hingga seni silat khas lampung. Dan yang paling membanggakan Lampung memiliki aksara Lampung.

Simbol Tahta Muli (gadis) Lampung yang di visualkan dalam bentuk tugu (monumen)


6.                   KETERSEDIAAN RAGAM FASILITAS PENDUKUNG.
Sebagai kawasan yang tengah berkembang, provinsi Lampung terus berbenah diri dalam hal penyediaan infrastruktur penunjang. Di Bandar Lampung contohnya – pengunjung tidak lagi sulit mencari tempat bermalam. Mulai dari hotel melati, mess, asrama hingga hotel bintang 5 mudah di dapat di Bandar Lampung sebagai pusat kota di provinsi Lampung. Pengunjung pun tidak begitu sulit mendapatkan penginapan jika berkunjung ke bagian kabupaten di provinsi Lampung.
Selain itu pembangunan jalan penghubung dan jalan utama menuju objek wisata masih terus dikembangkan seiring dengan kebutuhan aktivitas kunjungan wisatawan. Meski memang di beberapa titik wisata minat khusus belum begitu tersedia jalan raya yang memadai.

7.                   CINDERAMATA YANG BERAGAM, UNIK DAN MENARIK.
Untuk mewujudkan butir terakhir dari Sapta Pesona – Kenangan, provinsi Lampung memiliki beragam Cinderamata atau oleh oleh khas Lampung yang dapat di jadikan buah tangan bagi keluarga di rumah. Mulai dari cinderamata berupa makanan khas Lampung seperti ; aneka rasa keripik, kerupuk, kue tart, lempok, dodol, lapis legit lampung hingga cinderamata berupa kain khas Lampung seperti Tapis Lampung yang sudah begitu terkenal dalam olahan fashion masa kini. Tersedia juga Sulam Usus khas Lampung yang begitu cantik sebagai busana layak koleksi. Ketersediaan ragam cinderamata mudah di peroleh pengunjung pada pusat oleh oleh di Bandar Lampung atau mengunjungi pengerajin sulam tapis langsung di beberapa kabupaten di provinsi Lampung. Bahkan pengunjung juga bisa membeli oleh oleh berupa siger (mahkota pengantin) khas Lampung untuk pajangan ruang tamu atau koleksi pribadi baik Siger dalam bentuk sesungguhnya maupun dalam bentuk miniature yang catik. Selain itu ada pula figura atau miniature berbentuk gajah yang merupakan hewan khas dari provinsi Lampung.

Nah demikianlah 7 alasan mengapa wisatawan harus berkunjung ke provinsi Lampung. Karena Lampung bukan hanya dihuni oleh gajah – seperti anggapan skeptic sebagain orang diluar sana,  Lampung memiliki keragaman budaya dengan tetap menjunjung nilai nilai dan falsafah khas orang Lampung itu sendiri. Lampung terbuka bagi siapapun yang datang dengan keramahan yang khas dan keunggulan objek wisata yang tidak kalah dengan provinsi lain di nusantara bahkan beberapa diantara objek wisata mampu memikat ketertarikan wisatawan asing.

8 komentar :

  1. Love it! keep it up kak Indra!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih My Sister Dwi Arum hehehe

      Hapus
  2. Luar biasa. Ternyata Lampung begitu indah dan sarat objek wisata. Mupeng ke Way Kambas. Pantai Batu Gigi Hiunya menggoda iman :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayooooo mba dateng ke Lampung lagi nanti tak temenin hehehee

      Hapus
  3. Balasan
    1. Terima kasih Brother Gilang heheheh

      Hapus
  4. mantap.... boss...

    BalasHapus
  5. Wisata Way Kanan23 November 2016 13.30

    Makasih kak indra.. Way Kanan turut di tulis.. ����

    BalasHapus

Scroll To Top