Dunia Inspirasi Penuh Warna by Indra Pradya

Senin, 21 September 2015

MENCECAP 4 JENIS SAMBAL ISTIMEWA DI ALAS COBEK.

4 jenis Sambal pembangkit Selera makan di Alas Cobek.


"Seperti ada yang kurang jika makan tanpa sambal."

Begitulah kiranya penuturan sebagian rekan yang saya tanyai seputar sambal. Terlebih masyarakat Indonesia terkenal suka melengkapi aktivitas santap dengan sambal. 
Sambal seolah sebuah pelengkap  utama dalam aktivitas bersantap.Saya pernah mengalami kurang berselera kala makan tanpa sambal. Lain hal kala terbaring sakit, terpaksa harus rela makan tanpa sambal. Hahaha.



Bagi pecinta sambal, ada sajian empat pilihan sambal yang Alas Cobek tawarkan. Tersaji apik dengan menu puyuh dan bebek goreng. Uniknya, sambal di Alas Cobek cocok bagi siapa saja yang menyukai sambal mulai dari tingkat pedas  yang rendah, sedang hingga pedas mencekat.


Sambal Tomat - Alas Cobek

Sambal Tomat, 
Jenis sambal ini tergolong ringan. Tidak terlampau pedas namun terasa gurih. Cocok sekali bagi penikmat sambal pemula. Anak saya berumur 10 tahun saja lahap mencocol bebek goreng dengan sambal tomat Alas Cobek. Rasa pedas yang ringan dengan tingkat penggorengan sambal yag sedang hingga tidak terlalu menyekat tenggorokan ketika menyantapnya. Pemilihan cabai dan tomat berkualitas adalah kunci utama dalam menghasilkan sambal tomat yang istimewa.




   
Sambal Cabai Hijau (Cabe Ijo) Alas Cobek

Sambal Cabai Hijau.
Teracik sempurna dari cabai hijau segar pilihan yang tergiling kasar bersama siungan bawang merah yang sebelumnya di sangrai hingga menghasilkan citarasa istimewa. Sambal cabai hijau (cabe ijo) ini pun tidak terlampau pedas namun tetap memikat. Jadi cocok untuk para penikmat sambal pemula. Rasa pedas gurih dari sambal cabai hijau ini langsung terasa begitu sampai di lidah.





Sambal Bawang - Alas Cobek


   
Sambal Bawang,

Pemilihan butiran cabai jenis rawit besar adalah penentu kelezatan sambal bawang selain pemilihan bawang segar. Sesuai namanya, aroma bawang lekat terasa ketika kita menikmati sambal bawang. Jangan menikmati sambal bawang terlalu banyak jika anda tidak kuat pada kepedasan rasa sambalnya. Bulir bulir cabai yang masih terpampang dihadapan adalah pemicu pedas sempurna dilidah. Bagi saya pribadi – termasuk istri, sambal bawang ini adalah suguhan sambal favorite di Alas Cobek, pasalnya rasa pedas yang menyengat di tenggorokan sungguh menghadirkan sensasi santap yang menyegarkan.

 
Sambal Maintem - Alas Cobek
Sambal Maintem,
Ini juga favorite saya dan keluarga kala bersantap di Alas Cobek Bandar Lampung. Sajian sambal dengan aroma memikat dan rasa yang dahsyat. Bagaimana tidak, racikan sambal yang terolah dari potongan cabai merah pilihan yang sebelumnya di sangrai kering tercampur lengkap dengan kemangi yang juga di tumbuk kasar bersamaan. Itulah mengapa sambal Maintem beraroma istimewa. Sama dengan sambal bawang, sambal maintem cocok bagi penyuka sambal sejati. Pedasnya sungguh memikat dan membuat penikmat menyeka keringat.




Saya sebenarnya bukan tergolong pecinta pedas. Tetapi untuk moment tertentu terkadang pedas memikat dari sambal nikmat bagai sebuah keharusan yang mejadi pelengkap lezat hidangan apappun yang disantap. Beruntung Alas Cobek  Bandar Lampung yang terletak di jalan Wolter Monginsidi No.66 Bandar lampung menyediakan ragam pilihan sambal memikat tersebut.

Alas Cobek Resto - Bandar Lampung

3 komentar :

  1. Gimana cara Ngapus dukun pengganggu Itu yaaa???

    BalasHapus
  2. Makan tanpa sambal seperti tidur tanpa ditemani kekasih hati *gedubrak*

    Ngiler liat sambal-sambalnya. Jadi pingin makan orang #eh

    BalasHapus
  3. Resep sambal bawang nya apa ya cara buat nya..,
    Krna enak banget stiap ke alas cobek yg diidam2kan hnya sanbel bawang nya

    BalasHapus

Scroll To Top