Dunia Inspirasi Penuh Warna by Indra Pradya

Rabu, 05 Oktober 2016

MENGENAL DUNIA INDRA LEBIH NYATA

portal blog duniaindra dan topi karya Sinyo berlebel ; duniaindra


…“Dunia Indra ?, bersaudara dengan Dunia lain, yaa…?.”
“Dunia Indra ?, sebelahmana planet bumi, sih…?.”
Kira kira dua jenis pertanyaan diataslah yang paling banyak terucap dari setiap orang yang saya jumpai ketika saya sampaikan perihal akun sosmed yang saya punya.
Kalau di hitung-hitung,  lebih dari dua ribu orang selalu bertanya demikian!. – bagian ini mulai hayal!.hehehehe.
Nah, supaya penjelasan saya tidak berkepanjangan dan diulang-ulang, ada baiknya saya uraikan saja mengapa saya menggunakan kata ‘duniaindra’ di jejaring sosial.

Seperti kata pepatah ; Tak Kenal Maka tak Sayang, Tak Sayang Maka Tak Cinta, Tak Cinta Maka Taaruf!. Eh, maaf saya becandaan mulu.
Oke, oke…. simak deh uraian soal asal muasal duniaindra, berikut ini … are you ready!!!..whuusszzz……


dunia panggung yang telah saya geluti secara profesional sejak 2001

branding DUNIAINDRA dalam kaos konsumsi personal


MEREK DAGANG

Indra Pradya adalah nama panggung yang saya kenakan ketika serius menekuni pekerjaan dunia panggung di awal tahun 2001. Mulai dari nyanyi kawinan, penyanyi resto atau kafe sampai klub malam. Juga ragam jenis profesi Master of Ceremony, mulai dari jadi MC tingkat kampus, teman kuliah ulang tahun, saudara kawinan, launching produk, festival musik dan konser artis ibukota sampai acara acara ceremonial pemerintahan. Sesungguhnya, nama yang diberikan orang tua saya ketika lahir ke muka bumi adalah Ade Indrawan, pada bagian ini mohon jangan kaget  atau tertawa terpingkal dulu yaaa….simak penuturan selanjutnya.

Mendiang Mama lah sosok pertama  yang memberi usul agar saya punya nama panggung, menurut beliau penyebutan ‘Ade Indrawan’, untuk nama panggung kurang asik di telinga. Berbeda dengan penyebutan ‘Indra Pradya’. Okelah, saya pun setuju. Terlebih kata ‘Pradya’ adalah ulah kreatif Mama yang mengutak-atik nama tengah Kakek saya – Pramudya ,  bersanding dengan Indra yang memang nama tengah saya.  Mama pula yang menjelaskan bahwa sebagain besar para pesohor yang wajahnya wara wiri di televisi tidak menggunakan nama asli mereka. “kebanyakan pakai nama panggung.” kata Mama kala itu.  Contoh ; nama asli ; Virgiawan Listanto – nama panggung ; IWAN FALS, atau adakah yang mengenal nama Wahyu Setyaning Budi ?, tapi tentu sangat familiar dengan YUNI SHARA kan?... dan masih banyak nama nama pesohor lainnya yang bukan nama sebenarnya.
Mama bilang itu semua ; “Merek Dagang!”.
“Mulai saat ini, kamu perkenalkan diri sebagai Indra Pradya, itu merek dagang kamu.” ucap Mama menyemangati saya kala itu.

tampil menyanyi

ngMC acara musik outdoor - Lets Dance Global TV

tampil menyanyi

acara panggung  dangdut ; Grebek Pasar.


ACARA TV LOKAL YANG TAYANG CUMA SEKALI.

Beruntung saya tidak mengalami kendala berarti dalam melakoni dunia hiburan di Lampung. Meski ada beberapa kesalahan kecil yang menghias beberapa aktivitas memandu acara atau tampil menyanyi justru saya anggap sebagai bagian dari pembelajaran menuju kematangan profesi.
Lambat laun, saya pun merambah dunia penyiaran pada radio Pro2 dan bergabung dengan tim musik RRI Lampung. Tak sampai disitu, saya sempat di dapuk untuk menjadi TV host salah satu program talk show yang menyuguhkan informasi terkini seputar Lampung dengan tajuk ‘DUNIAINDRA’ oleh salah satu televisi swasta di Lampung pada pertengahan 2004. Betapa senangnya ketika menyadari  diri ini  masuk TV. Meski TV lokal. Tapi kebahagiaan tak berlangsung lama, bahkan terbilang singkat. Sejak pertama kali tayang dalam bentuk siaran langsung di hari Sabtu itu, sejak itu pula menjadi tayangan yang terakhir!!.  Sang Produser menyampaikan bahwa kemasan acara akan diperbaiki sambil menunggu format yang ideal agar dapat menarik minat penonton dan mencapai rating penyiaran. Tentu pernyataan pak produser menenangkan. Saya fikir akan break dalam beberapa hari atau minggu untuk perbaikan sebalulm nantinya akan tayang kembali. Tapi apa daya, sebulan, setahun, dua tahun, hingga tahun 2016 mau habis pun tak ada perkembangan seputar acara DUNIAINDRA tersebut.
  Itulah kemudian, untuk mengobati kekecewaan saya, tajuk DUNIAINDRA saya lekatkan  menjadi identitas akun jejaring sosial saya di dunia maya. Setidaknya saya pernah punya nama acara televisi – meski Cuma tayang sekali!!. Sekaligus menyenangkan hati dengan mengabadikan kata DUNIAINDRA dalam bentuk cetak kaos, topi dan benda benda personal lainnya.

 Kenalkan, saya – DuniaIndra – Dunia Inspirasi Penuh Warna by Indra Pradya, Acara TV lokal yang tayang cuma sekali. Yess!! CUMA SEKALI.!!! hahahhahaha

menjadi spoke person seputar Seni, Budaya dan Pariwisata Lampung dalam Korea World Travel Fair 2008

mengisi waktu di Korea seusai tugas

Korea World Travel Fair 2008


bersama Dr. Lula Kamal -  menjadi partner memandu acara gelaran Seni Budaya Lampung di Jakarta


SERIUS NGEBLOG

Sejak fase acara TV lokal yang tayang  cuma sekali itu, saya terus semangat memupuk diri dalam dunia panggung. Jenis acara yang saya gawangi pun semakin ‘berisi’ bahkan tak jarang saya sebut ‘beresiko tinggi’ dengan penyelenggara atau client acara yang merupakan pihak pihak terpandang.  
Seiring waktu, saya yang memang sudah gemar menulis diary sejak Sekolah Dasar dan kemudian sesekali menulis Blog diawal  SMA hingga perkuliahan, kembali tertantang untuk menekuni bidang menulis ketika saya mencoba menceritakan pengalaman saya menjadi duta seni budaya provinsi Lampung  – menampilkan kemampuan saya menyanyi lagu daerah  Lampung hingga menjadi  spoke person soal keragaman seni budaya dan potensi pariwisata yang Lampung miliki dalam ajang  Korea World Travel Fair 2008,  lalu Tong Tong Festival yang di gelar di Den Haag 2009 – Amsterdam dan Festival Budaya Indonesia di  Belgia, Swiss dan Paris. 10 hari yang berkesan pada Mei 2009 itulah yang kemudian saya bagikan dalam blog  awal saya yang kini sudah tak dapat saya kelola.






belgium

menikemphis

kampus Belgium Art University tempat pelaksanaan acara  Indonesia Cultural Festival

Selang waktu ,  pada Agustus 2014 saya mulai serius membuat blog baru – meninggalkan portal blog lama saya yang menurut saya cenderung banyak memuat curhat curhat yang tak penting! Hehehe.  Berawal dari menuliskan kisah  Upacara 17 Agustus di  Gunung Anak Krakatau bersama sahabat saya – Derry hingga kemudian mendapat suntikan semangat oleh Oom Yopie – admin akun @KelilingLampung ketika kali kedua mengunjungi Gunung Anak Krakatau.  Sederet nama Travel Blogger keren dan teruji dibidang penulisan seperti ; mba Donna Imelda, mba Evi Indrawanto (sesama klan Indra nih , heheheh),  ada Melly Feyadin, mas Teguh, mas Halim dan belakangan ada nama nama @omnduut dan Mba Katerine yang terus menyemangati saya untuk ngeBlog dan sederet nama nama lain yang jika saya urai tentu tak cukup dalam satu artikel ini.
Dan sosok penting selanjutnya adalah Alannobita – ialah sosok yang membantu saya merubah nama akun menjadi www.duniaindra.com , permanen!!. Termasuk menata halaman blog dengan apik. Soal blog saya tidak main main. Seserius saya menekuni segala bentuk pekerjaan dunia panggung, begitupun dunia menulis. Belumlah begitu mapan dan piawai soal menulis apalagi sebagai blogger. Banyak yang telah jauh lebih dulu dari saya. Tapi semangat belajar saya tidak akan terhalang oleh apapun.


monggo di kunjungi lapak lapak saya, hehehhe

Well, saya, pria dengan dua nama ; nama asli dan nama panggung dengan beragam aktivitas mulai dari penyanyi, Master of Ceremony, pengajar komunikasi ; personality development program, karyawan, pekerja lapangan, teman, sahabat, tukang jalan jalan, penyuka pekerjaan panggung, , konseptor event, suka bergumul dalam komunitas ataupun organisasi, suami 3 orang anak yang selalu bahagia karena memiliki keinginan ; I Do What I Love and I Love What I Do. Seluruh aktivitas saya itulah  yang kemudian saya rangkum menjadi satu dalam DUNIAINDRA. 

6 komentar :

  1. Pengalamannyaaaaa luar biasa. Makin ngefans sama abang satu ini. Ini yang namanya hobi dibayar ya bang. Sekaligus ngasih contoh ke anak dan juga kita2 bahwa kalau ada passion di satu bidang, seriusin dan akan sukses.

    Kece badai!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes. Bro yayan. semua yang aku kerjakan tentulah aku seriusin.... btw aku juga ngeFans sama kamu. tak sabar ketemu kamu mau kasih Gajah Thailand hahahahahhaha

      Hapus
  2. Bang Ade, eh Bang Indra senang baca ini dapat banyak info. Lebih kenal deh. Aku juga pakai nama pena heheh... Semoga makin sukses ya, Bang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheheheh...yes nama pena itu lebih ternama ketimbang nama asli.... tapi gpp, orang beken kudu punya nama pena yaaa heheheh.... terima kasih mba berkenan menyimak tulisan saya hehehe

      Hapus
  3. Kakak satu ini memang bana-bana ga ada duanya...!!!
    Teman ngakak di pinggir jalan, hahahaha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih Supports nya Oom..temen Ngakak Pinggir jalan?? kok jadi inget berenti di pinggir jalan pas otw ke Way kanan cuma buat ketawa gitu yaaa?? hahahahahah

      Hapus

Scroll To Top